Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Allianz Indonesia: Kebijakan Work From Home Tidak Mengubah Tingkat Pelayanan Nasabah dan Produktivitas Karyawan

 

Sejak ditemukan kasus positif COVID-19 di Indonesia dan telah dinyatakannya COVID-19 sebagai pandemi oleh World Health Organization, pemerintah Indonesia melakukan langkah untuk mengurangi peluang penyebaran virus. Sejak 16 Maret 2020, mengikuti imbauan pemerintah, Allianz Indonesia mulai menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).


7 April 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 7 April 2020 – Sejak ditemukan kasus positif COVID-19 di Indonesia dan telah dinyatakannya COVID-19 sebagai pandemi oleh World Health Organization, pemerintah Indonesia melakukan langkah untuk mengurangi peluang penyebaran virus dengan mempraktekkan physical distancing. Pembatasan interaksi sosial ini dilakukan dengan mengeluarkan kebijakan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Sejak 16 Maret 2020, mengikuti imbauan pemerintah, Allianz Indonesia mulai menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).

Selanjutnya, meskipun menerapkan kebijakan WFH, Allianz Indonesia tetap memastikan agar bisnis operasional bisa tetap berjalan sehingga tidak mengganggu layanan terhadap Nasabah dan Mitra Bisnis Allianz Indonesia. Sejumlah tindakan telah dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi krisis COVID-19 ini, yang semuanya dilakukan berdasarkan tiga prinsip utama, meliputi: Memastikan keamanan dan melindungi kesehatan karyawan Allianz Indonesia; Tetap memberikan layanan terbaik bagi Mitra Bisnis dan Nasabah; Terus berupaya mencapai target perusahaan yang telah ditentukan.

Transformasi digital yang telah dilakukan Allianz Indonesia sejak beberapa tahun lalu memungkinkan hampir 95% karyawan perusahaan saat ini bisa bekerja dari rumah sambil terus memberikan layanan terbaik bagi Nasabah maupun Mitra Bisnis. Allianz Indonesia juga memastikan kemudahan akses ke beberapa saluran alternatif untuk memastikan agar kebutuhan Nasabah & Mitra Bisnis terpenuhi dengan baik, seperti melalui layanan AllianzCare dan layanan Allianz Digital Self-Service yang dapat ditemui di www.allianz.co.id

“Ini adalah saat di mana perlindungan kami sangat dibutuhkan oleh Nasabah untuk memberikan solusi terbaik bagi mereka. Untuk itu, demi memberikan kenyamanan dan memastikan keselamatan Nasabah dan juga para Mitra Bisnis, kami menyarankan mereka menggunakan digital self-service, seperti eAZy Connect, Allianz Discover, dan AZ-Net, untuk meminimalkan kontak fisik,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Sejak diberlakukannya aturan bekerja di rumah, perusahaan melakukan beberapa upaya untuk memastikan agar karyawan bisa tetap terjaga kesehatan dan produktivitasnya di masa-masa sulit seperti ini. Perusahaan melakukan monitoring secara berkala melalui virtual check point di setiap divisi terkait kondisi kesehatan karyawan, dan dilaporkan langsung ke Chief Risk Officer serta tim manajemen. Sebelum diberlakukan kebijakan Work From Home, Allianz membagikan vitamin dan hand sanitizer kepada seluruh karyawan dan melakukan penyemprotan disinfektan, serta mempraktekkan physical distancing di lingkungan kantor.

Allianz terus berusaha menjaga komunikasi interaktif antar karyawannya, di antaranya dengan melakukan online meeting secara rutin untuk saling memberikan laporan dan perkembangan pekerjaan masing-masing serta menginisiasi program internal seperti NgobrAZ Online (Ngobrol Bareng Allianz) di mana karyawan dapat aktif berpartisipasi dan berdiskusi seputar topik yang sedang hangat melalui aktivitas digital tersebut. Allianz juga mengadakan Town Hall Virtual yang dihadiri oleh seluruh karyawan melalui live streaming untuk memberikan update mengenai kondisi & kinerja perusahaan.

“Dalam transformasi digital, work from home merupakan hal yang sudah cukup banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan, khususnya yang memiliki banyak karyawan dari generasi milenial. Bekerja di rumah dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan work-life balance, melalui fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan juga penjualan,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Allianz Indonesia juga tidak hentinya memberikan informasi kepada karyawan berupa edukasi terkait COVID-19, serta tips untuk jaga produktivitas saat bekerja di rumah, dan cara menjaga kesehatan fisik dan mental, di tengah pandemi global yang sedang berlangsung.
Karyawan yang ingin mengisi waktu dan menambah pengetahuan juga bisa mengakses LinkedIn Learning yang difasilitasi Perusahaan. Melalui platform ini, karyawan dapat membangun keahlian pada berbagai topik, khususnya yang bisa mendukung dalam memberikan solusi bagi Nasabah. Dalam kondisi yang menantang seperti ini, Allianz Indonesia berusaha untuk terus menghadirkan solusi terbaik dan layanan prima kepada seluruh Nasabah.

  1.