Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Allianz Indonesia Bersama Halodoc Sediakan Rapid Test Gratis untuk Warga Zona Merah DKI Jakarta, Pastikan Semua Bisa #PunyaPower Melawan COVID-19 

 

Pandemi COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia membuat rapid test semakin mendesak diperlukan sebagai penyaringan awal terhadap infeksi COVID-19. Menanggapi hal tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Halodoc menggelar drive thru rapid test gratis untuk COVID-19 di DKI Jakarta.


20 April 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 20 April 2020 – Pandemi COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia membuat rapid test semakin mendesak diperlukan sebagai penyaringan awal terhadap infeksi COVID-19. Menanggapi hal tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Halodoc menggelar drive thru rapid test gratis untuk COVID-19 di DKI Jakarta. Halodoc merupakan platform layanan kesehatan digital terdepan yang telah ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Kesehatan dan BNPB untuk membantu melakukan deteksi dini COVID-19 kepada masyarakat.

Masih banyak warga DKI Jakarta yang tidak bisa bekerja dari rumah, seperti para pekerja harian yang masih harus bekerja di lapangan sehingga berisiko tinggi terpapar COVID-19. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kapasitas rapid test ditingkatkan untuk melawan pandemi.

“Inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Yayasan Allianz Peduli bagi masyarakat sekaligus dukungan kepada upaya pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta yang merupakan epicentrum penyebaran COVID-19. Allianz selalu berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan memberikan dukungan yang konsisten dan bermakna, khususnya di situasi yang menantang ini,” kata Joos Louwerier, Dewan Pembina Yayasan Allianz Peduli.

Layanan rapid test gratis ini diberikan untuk warga DKI Jakarta yang bermukim di daerah zona merah, khususnya di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat dan Cilandak, Jakarta Selatan pada 20-25 April 2020. Dalam kegiatan ini, kebijakan physical distancing tetap diterapkan, sehingga masyarakat diwajibkan menggunakan masker dan menaati aturan untuk meminimalisir kontak fisik. Pemeriksaan rapid test oleh Halodoc menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Sehingga pasien pada tahap awal infeksi dapat teridentifikasi lebih cepat.

“Sebagai aplikasi kesehatan online yang memiliki misi untuk menyederhanakan akses layanan kesehatan, inisiatif ini akan membantu untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu identifikasi dini COVID-19. Kerja sama kami dengan Yayasan Allianz Peduli melengkapi kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan Allianz Indonesia sejak tahun 2016, saat Allianz Indonesia menawarkan kemudahan akses kesehatan melalui aplikasi Halodoc bagi seluruh nasabah Allianz. Kami berharap kerja sama yang dilakukan dengan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli ini dapat membantu pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat,” kata Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.

Untuk dapat mengikuti rapid test gratis tersebut, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan oleh masyarakat, terutama yang berada di kedua zona merah tersebut, pertama dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Halodoc. Kedua, pendaftar dapat memilih jadwal, tempat, dan waktu untuk melakukan rapid test. Terakhir, unggah foto/scan KTP (untuk dewasa) dan Kartu Keluarga (untuk anak). Selanjutnya SMS konfirmasi terkait jadwal tes akan dikirimkan. Dalam pelaksanaan Rapid Test ini tidak dikenakan biaya untuk penyediaan alat rapid test maupun jasa tenaga medis.

Selain penyediaan rapid test gratis, sejak dimulainya penyebaran COVID-19 di Indonesia pada awal bulan Maret 2020 lalu Allianz Indonesia telah menyediakan berbagai layanan dan fasilitas bersama Halodoc untuk membantu nasabah maupun masyarakat luas untuk bisa #PunyaPower Melawan COVID-19. Layanan ini meliputi  konsultasi gratis dan tanya dokter online terkait COVID-19, pemeriksaan dini untuk mengetahui seberapa besar risiko dalam terpapar COVID-19, potongan harga dan gratis ongkos kirim untuk pembelian obat-obatan, vitamin maupun hand sanitizer, serta penukaran Allianz Smart Point dengan voucher belanja di aplikasi Halodoc.   

Khusus untuk nasabah, Allianz Indonesia juga telah memberikan manfaat tambahan terkait COVID-19 yaitu 50% tambahan uang pertanggungan jiwa maksimal Rp250 juta, jika Nasabah tutup usia karena COVID-19 sampai 31 Mei 2020 dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, masa tunggu 30 hari untuk perawatan akibat terinfeksi COVID-19 di Polis baru juga ditiadakan. Manfaat tambahan ini diberikan sehingga Nasabah dapat langsung mendapatkan perlindungan ketika dibutuhkan. Nasabah juga bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai di lebih dari 1.200 RS dan klinik rekanan Allianz di seluruh Indonesia.  

Sebelumnya, pada bulan Juli tahun 2019 lalu, Allianz X selaku unit investasi Allianz Group telah melakukan investasi pendanaan untuk pengembangan layanan kesehatan Halodoc di Indonesia dan ketersediaannya di Indonesia. Allianz Indonesia akan terus memperkuat komitmen kerja sama dengan Halodoc dalam menyediakan akses layanan kesehatan mudah kepada nasabah maupun masyarakat di mana saja dan kapan saja, agar dapat memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia (to insure more people).

  1.