Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Tips Jitu Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi

28 September 2020 | Allianz Indonesia
Mencari pekerjaan itu bukan perkara mudah. Terlebih di tengah pandemi COVID-19, menambahkan daftar tantangan baru. Jadi, bagaimana cara agar bisa mendapatkan pekerjaan hari ini?

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total dilakukan kembali. Sementara perekonomian pun tampaknya belum akan membaik dalam waktu dekat. Sejak awal tahun, perusahaan-perusahaan sudah menerapkan sistem work from home (WFH) untuk memerangi pandemi COVID-19. Bahkan hingga kini, semakin banyak pekerja yang di-PHK atau dirumahkan dengan pemotongan gaji.

Di kondisi seperti sekarang ini, kamu mungkin sudah lama bertanya-tanya apakah kamu harus mulai mengirimkan lamaran pekerjaan. Namun, ragu apakah ada rekruter yang membuka lowongan. Well, apa pun kondisi kamu saat ini, bila kamu terkena pemutusan kerja atau dirumahkan di tengah pandemi, atau sedang mempertimbangkan untuk keluar dari pekerjaan yang dimiliki saat ini lalu ingin mencoba mencari peluang pekerjaan baru di tengah pandemi, ada solusinya kok.

Dengan beberapa cara dan mengubah pendekatan baru di tengah ketidakpastian seperti saat ini, yuk coba berbagai tip dan trik mencari peluang pekerjaan di tengah pandemi.

 

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

 

1. Pahami bahwa di tengah pandemi, mungkin beberapa perusahaan akan menghentikan pencarian karyawan baru, tapi pasti selalu ada peluang.

Kamu benar bila berpikir beberapa perusahaan akan mempertahankan karyawan terlebih untuk karyawan dengan posisi permanen. Bisa jadi, untuk sementara waktu mereka tidak akan membuka penerimaan karyawan baru. Namun, kamu juga harus jeli untuk melihat berbagai peluang yang ada.

Selama pandemi ini, beberapa industri bisa jadi lebih terkena imbasnya dari segi bisnis daripada yang lain. Perusahaan yang tak begitu terkena imbas biasanya adalah pekerjaan di industri yang sebagian besar bisnisnya dijalankan secara online.

Nah, dengan demikian kamu harus mulai strategis dan fokus pada perusahaan yang tidak terkena imbas dan secara aktif mengiklankan daftar pekerjaan baru. Kalau kamu sudah bisa menemukan daftar perusahaan-perusahaan tersebut, kamu jadi bisa lebih menyesuaikan tujuan pekerjaan dan mengejar peluang yang saat ini tersedia.

2. Pikirkan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk refleksi ke dalam diri sendiri.

Saat mencari kerja, permasalahan lain yang kerap kali dihadapi adalah mungkin di saat ini kamu akan sulit menemukan posisi atau pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan latar belakang kamu saat ini. Manfaatkan waktu ini untuk berpikir dan menyusun rencana.

Pertama, seberapa besar urgensi kamu mencari pekerjaan. Kedua, pikirkan secara luas jabatan atau posisi yang berdekatan dengan pengalaman dan keterampilanmu. Dengan begitu, kamu akan memperluas kesempatan yang ada.

 

Baca juga: Selain Gaji, Ini Hak-hak Seorang Karyawan yang Harus Kamu Ketahui

 

3. Mulailah perbanyak networking online.

Tak akan ada job fair atau acara-acara lainnya untuk sementara waktu. Tapi, hal ini tidak bisa menghentikan kamu. Berkat teknologi yang sudah begitu modern, selama pandemi ini banyak sekali seminar dan acara-acara lainnya dipindahkan secara online. Pantau semua media sosial atau website yang bisa memberikan kamu informasi lowongan pekerjaan seperti LinkedInJobstreetTwitterFacebookInstagram, dan lainnya.

Kamu juga masih dapat terhubung kembali dan memperbanyak networking dengan kontak yang ada, bertemu orang baru di bidang atau industri lain melalui acara virtual tersebut. Siapa tahu dari networking tersebut kamu bisa berkenalan dengan orang-orang yang saat ini bekerja atau sebelumnya bekerja di bidang, industri, atau perusahaan yang kamu incar.

4. Sambil menunggu panggilan, kembangkan skills yang kamu punya.

Di tahap keempat ini, kamu sudah punya daftar perusahaan yang diincar, lalu juga posisi yang kamu inginkan, serta sambil terus mengembangkan networking. Namun, jangan berpuas diri dulu ya. Sekarang adalah waktu yang tepat untukmu meningkatkan kualifikasi diri. Biasanya dari setiap lowongan pekerjaan yang diiklankan sebuah perusahaan tentunya mereka akan mencantumkan setiap keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan.

Coba buat checklist, apakah kamu memiliki keterampilan yang sesuai dengan keinginan rekruter? Apakah kamu memiliki keterampilan tetapi belum menggunakannya dalam beberapa tahun lamanya? Atau ada berapa banyak checklist dari keterampilan yang dibutuhkan dan belum sama sekali kamu kuasai?

Gunakan informasi tersebut untuk menentukan apa yang perlu kamu pelajari untuk menjadikan diri kamu kandidat yang lebih baik ketika pasar kerja kembali meningkat. Dalam artian lain, ini akan meningkatkan penilaian kamu bila keterampilan yang kamu miliki relevan dengan demand pasar terkini.

Jangan pernah menyerah dan tetaplah bersabar dan tekun dalam mencari pekerjaan baru di tahun 2020 ini. Saat krisis ini berakhir, kamu pasti akan menemukan dirimu kembali dan mendapatkan pekerjaan impianmu kembali. Semangat!

 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan