Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

4 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Tujuan dari berinvestasi pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Dana yang disiapkan pun beragam mulai dari nominal ratusan ribu, hingga ratusan juta. Oleh karena berinvestasi merupakan hal yang penting karena menyangkut perencanaan finansial jangka panjang, kita perlu melakukannya dengan sebaik mungkin. Apa saja yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dengan maksimal? Simak tips berikut ini yuk.
  1. Tentukan tujuan 

    Tentukan apa tujuan dari investasimu? Hal ini penting untuk kita memilih instrumen apa yang tepat sesuai jangka waktu, dan manfaatnya.
     
  2. Kenali profil risiko

    Tiap orang memiliki profil risikonya masing-masing. Apakah itu agresif (bersedia menerima risiko yang paling tinggi dalam investasi), konservatif (memilih investasi yang paling kecil risikonya), atau moderat (memilih investasi dengan risiko yang lebih besar, namun cukup aman) . 
     
  3. Kenali investasi Anda

    Tak kenal maka tak sayang. Kalau kita sayang dengan uang yang akan kita alokasikan, pelajari dulu instrumen investasi yang ada. Sehingga bisa mengetahui mana yang cocok dengan kebutuhan dan profil risiko kita.
     
  4. Pantau kinerja investasi

    Jika sudah menentukan pilhan dan mulai berinvestasi, jangan lupa untuk memantau perkembangannya. Hal ini agar kita bisa mengetahui momen yang tepat kapan saatnya mengembangkan investasi, ataupun menarik dana.
     
  5. Review berkala

    Tinjau ulang kebutuhan masa depan kita. Seperti misalnya melihat perkembangan kondisi ekonomi, bertambahnya anggota keluarga, berlaih profesi, dan lain sebagainya.  Dengan begitu kita bisa mempertimbangkan, apakah investasi kita di masa mendatang sudah mencukupi? Atau perlu di tambah lagi.

 

Bagimana, mudahkan? Tunggu apalagi, yuk berinvestasi.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan