Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Survei Membuktikan, WFH Punya Banyak Efek Positif!

11 November 2020 | Allianz Indonesia
Survei membuktikan bahwa ternyata WFH menghasilkan banyak sekali efek positif untuk para pekerja. Mau tahu apa saja?

Sudah sekian bulan sejak COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 31 Januari 2020. Selama kurang lebih sebelas bulan ini, semua masyarakat dunia menyaksikan banyak peristiwa baru: Pandemi, lockdown, fasilitas umum ditutup, sekolah ditutup, hingga sebagian besar pekerja yang hingga kini masih bekerja dari rumah.

Selama pandemi COVID-19, memang lebih banyak pekerja yang bekerja dari rumah daripada sebelumnya. Termasuk kamu, bukan? Lalu, hingga selama ini mana yang kamu pilih: Bekerja dari rumah atau bekerja di kantor?

Tentu jawaban kamu semua berbeda-beda, seperti pepatah lama bilang, “Terkadang rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dari pada rumput di taman kamu sendiri”. Terkadang, saat bekerja di kantor, kemungkinan besar di pikiranmu memikirkan “Pasti lebih nyaman rebahan di kamar atau duduk di ruang tamu sambil minum kopi”. Namun, ketika akhirnya selama pandemi ini kamu mendapatkan kesempatan untuk bekerja dari rumah, kamu malah mungkin merindukan kantor dan rekan-rekan kantor karena mulai bosan bekerja dari rumah.

Bagaimana pun realitasnya, dari mana pun kamu bekerja, yang harus tetap kamu lakukan adalah selalu produktif dalam bekerja. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ternyata bekerja dari rumah alias WFH, punya banyak banyak manfaat yang dirasakan oleh para pekerja?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh YouGov bekerja sama dengan USA TODAY dan LinkedIn, bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19 berdampak positif pada produktivitas pekerja, Menurut survei dari 54 persen responden dalam survei pekerja profesional yang berusia 18-74 tahun baru-baru ini, ternyata sebanyak 71 persen menyatakan bahwa WFH menghemat waktu dari perjalanan, 61 persen responden merasa lebih sedikit gangguan dari rekan kerja dan sebanyak 39 persen mengatakan bahwa mereka bisa menyesuaikan work life integration.

1. Menghemat Waktu dan Uang Tanpa Perlu Pulang-Pergi Kantor dan Rumah

Lupakan bangun lebih pagi dan berdesakan di dalam transportasi umum. Selama bekerja dari rumah, para pekerja merasa lebih punya waktu untuk bangun “lebih siang” dari biasanya. Kamu juga pasti bisa menghemat waktu satu hingga dua jam di rumah sambil menikmati kopi atau teh pagi sebelum memulai daily standup di pagi hari. Oh dan tentunya, kamu akan menghemat uang. Lihat saja uang di rekeningmu yang bisa kamu sisihkan dan tabung, karena tidak perlu menanggung biaya perjalanan untuk tiket bus, kereta, atau biaya bensin dan tol.

2. Lebih Sedikit Gangguan dari Rekan Kerja

Terlepas dari sisi positif ketika bekerja di kantor, inilah salah satu keuntungan terbesar bagi banyak para pekerja: Kamu tidak perlu lagi terganggu “drama kantor”. Di rumah kamu dapat menciptakan lingkungan kerja kamu sendiri yang paling sesuai untuk kamu. Selamat tinggal colekan dari bangku sebelah, perdebatan meeting yang tidak perlu, atau ramainya rekan-rekan kerja kamu yang asyik bergosip ria di jam kerja.

3. Work Life Integration

Setelah pandemi, tampaknya persepsi kita semua telah berubah. Semula kita menginginkan work-life balance. Namun, sekarang, kita semua sudah mulai terbiasa menjadikannya work-life integration. Perubahan apa sih yang terjadi? Selama pandemi, kamu bisa lebih menyesuaikan jam-jam dan kebutuhan pekerjaan kamu dengan kebiasaan kehidupan kamu selama di rumah. Misalkan saja, bisa mengatur jam meeting di sela makan siang, atau sambil bermain dengan buah hati. Kamu jadi lebih punya jadwal yang fleksibel.

 

Selain semua dampak positif bekerja dari rumah yang sudah kita paparkan di atas, kamu juga bisa menekuni hobi kamu selama ini lho sebagai salah satu alternatif melepaskan rasa stres. Nah, demi mengisi waktu #diRumahAja, banyak para pekerja yang bekerja WFH mencoba berbagai hobi baru. Berikut ini 5 hobi yang jadi trend selama pandemi COVID-19.

1. Berkebun. 

Selain untuk mengisi waktu luang, hobi satu ini juga bisa jadi ajang buatmu ikutan go green, lho. Berkebun atau menanam tanaman hias banyak jadi agenda para pekerja selama bekerja di rumah. Manfaatnya, tentu rumahmu akan menjadi lebih asri dan segar dengan kehadiran-kehadiran tanaman hias di sekitar rumah. Udara juga menjadi lebih bersih. Apalagi kalau kamu mulai berkebun di halaman rumah dengan menanam sayuran atau buah, bila berbuah bisa langsung kamu nikmati hasilnya bersama keluarga.

2. Mendekorasi rumah

Tentunya, karena harus tetap bekerja kamu membutuhkan ruang bekerja di rumah. Waktu yang kamu punya selama bekerja di rumah bisa jadi agendamu untuk kembali mempercantik dan mendekorasi ulang rumah. Furnitur baru atau mengecat ulang dinding bisa jadi ide yang efektif untuk membangun mood kerja kamu. Ditambah tanaman hias lebih menyegarkan mata, lho.

3. Memasak

Hobi satu ini juga jangan sampai ketinggalan kamu coba. Demi memperkecil kemungkinan penyebaran COVID-19, kamu tidak perlu lagi dine-in di resto atau keluar untuk makan. Kamu bisa mencoba berbagai resep dan trik memasak di rumah. Resep camilan tradisional hingga resep luar negeri bisa kamu coba kan untuk menemani jam-jam kerja di rumah.

4. Olahraga di rumah

Agar kesehatan tetap terjaga selama bekerja di rumah, para pekerja juga banyak memulai hobinya untuk berolahraga di rumah. Tentunya, ini salah satu prioritas demi menjaga kebugaran tubuhmu. Mau lebih seru? Ajak teman-teman atau rekan kerja untuk olahraga bareng dari rumah dengan cara video call. Jadi lebih semangat kan kalau semakin ramai.

5. Gaming

Saat butuh hiburan dari pekerjaan, kamu juga bisa mencoba hobi baru dengan cara gaming. Hobi satu ini ampuh untuk mengusir kebosanan. Kamu bisa bermain online game bersama anggota keluarga di rumah. Jadi, agenda baru untuk quality time, bukan? Tapi ingat, bermainlah game secara proporsional dan tidak mengganggu waktu produktifmu.

Rasa letih dengan beban kerja selama WFH memang nyata, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukan cara untuk membuat lingkungan kerja baru dan tentunya kehidupan kamu jadi lebih seru! Coba berbagai ide seru di atas, agar kamu jadi lebih semangat menjalani harimu ya.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan