Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

New Normal, Adaptasi Baru Kegiatan Offline Jadi Online

16 Juni 2020 | Allianz Indonesia
Dari berbagai kegiatan offline yang beralih menjadi online selama masa PSBB, di masa new normal ini apa saja sih kegiatan yang bisa kita teruskan untuk dilakukan serba online?

Selama work from home (WFH) dan karantina mandiri PSBB dalam periode pandemi, semua orang sudah terbiasa beralih dari berbagai kegiatan offline menjadi online. Bahkan, bisa dikatakan selama kurang lebih empat bulan terakhir kita sudah terbiasa melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan serba online.

Ternyata, selalu ada hal baru yang kita bisa dapat dari semua pengalaman. Termasuk selama PSBB pandemik COVID-19 ini. Sepanjang #diRumahAja mungkin Anda juga paham banyak sekali kegiatan yang awalnya dilakukan secara fisik alias offline ternyata bisa dikemas dalam bentuk online.

Nah, selama masa transisi new normal ini tak ada salahnya meneruskan kegiatan ini secara onlinelho. Lagipula, selama masa new normal ini sebaiknya juga kita masih menjaga aktivitas sesuai dengan protokol kesehatan.

Kegiatan apa saja sih yang sebaiknya dipertahankan untuk bisa dilakukan online selama new normal ini? Yuk, cari tahu!

 

Baca juga: Di Masa Transisi, Tak Perlu Buru-Buru Beraktivitas di Luar Rumah

 

Meeting

Apa saja sih manfaat yang kamu dapat saat melakukan meeting online semenjak aturan work from diberlakukan? Tentunya, pertama kamu akan memangkas waktu untuk lebih efisien yang dihabiskan saat meeting, dibanding harus ditambah waktu perjalanan datang ke tempat meeting. Kedua, kamu juga akan ikut berpartisipasi dalam usaha penanganan pandemi karena dengan meeting online, masing-masing orang tidak harus bertemu langsung.

Silaturahmi

Tidak ada masalah lagi mengenai jarak. Selama PSBB, dari yang sering bertemu jadi jarang sekali bertemu dengan teman-teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga besar. Sekarang, kamu tidak perlu lagi menunggu hari-hari besar, komunikasi dengan mereka semua bisa kamu lakukan kapan saja.

Di saat kamu bosan atau senggang bisa langsung video call dengan teman lama atau keluarga besar. Atau kalau di kantor semua rekan kerja belum masuk karena diberlakukan pembatasan atau split operation, kamu bisa mengajak teman kantor untuk lunch date via video call. Asyiknya, kamu bisa tahu update terbaru kabar mereka dan sekaligus juga bisa santai membicarakan pekerjaan.

 

Baca juga: Kenali Serba-serbi New Normal agar Kamu Siap Menghadapinya

 

Belanja

Pemberlakuan semi-lockdown dan work from home (WFH) berdampak pada tren minat belanja online orang Indonesia. Menurut data iPrice, data habit belanja online orang Indonesia dengan memanfaatkan data impression dari Google Analytics selama periode Maret 2020 dan Februari 2020 meningkat dalam kategori: produk kesehatan pencegahan virus Covid-19, produk mendukung pekerjaan dari rumah, produk hobi outdoor dan indoor, dan produk makanan dan minuman.

Metode belanja online ini sebaiknya bisa kamu teruskan selama masa new normal. Beberapa pusat belanja memang sudah akan mulai dibuka menjelang new normal ini, tapi alangkah baiknya bila kamu memenuhi kebutuhan belanja dengan cara online. Cara ini akan lebih efisien dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

Kursus

Selama masa PSBB kemarin siapa yang ikut berbagai kelas online? Pasti seru, kan? Cara ini pun selanjutnya tetap bisa kamu pertahankan, lho. Selain sebagai cara menghilangkan kebosanan juga kamu bisa makin mengasah kemampuan yang diminati. Coba cek berbagai kelas gratis dari Coursera, ada banyak pilihan kelas menarik yang bisa kamu ikuti.

 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor Setelah Lama WFH

 

Hangout Online Bareng Teman

Secara fisik memang selama masa PSBB kemarin kita semua tidak bisa berkumpul dan bertemu teman-teman. Namun, ada berbagai cara untuk mengatasi rasa rindu kamu untuk berkumpul bersama teman-teman terdekat.

Tak ada salahnya menghabiskan waktu bersama secara online selama new normal nantinya, lho. Sekaligus bisa seru-seruan bareng teman! Kamu bisa mencoba kegiatan bersama teman seperti membentuk klub buku, berkompetisi game, olahraga bareng, latihan musik online kalau teman-temanmu jago main musik. Jangan ketinggalan juga sesi nonton film bareng. Pasti seru!

Tidak akan kehabisan akal untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan menyenangkan di new normal ini, kan? Tetap jaga kesehatan bersama ya. Stay safe and stay healthy!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan