Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Manfaat berbagi dengan sesama di tengah Covid

Manfaat Berbagi dengan Sesama di Tengah Pandemi COVID-19

30 April 2020 | Allianz Indonesia
Pandemi COVID-19 menjangkiti seluruh penjuru dunia serta memberikan berbagai dampak sosial dan ekonomi di antaranya menurunnya pendapatan sebagian besar masyarakat, beberapa bahkan kehilangan mata pencahariannya karena banyak usaha gulung tikar serta beberapa dampak lainnya.

Hal tersebut memunculkan berbagai inisiatif di tengah masyarakat untuk saling mendukung satu sama lain melewati masa-masa sulit ini.

Pandemi yang masih terjadi bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan saat ini seperti mnejadi momen yang tepat bagi kita kita untuk turut membantu mereka yang mengalami situasi yang tidak menguntungkan dengan cara berbagi dengan sesama.

Berbagi kepada mereka yang membutuhkan bukan hanya berbentuk materi, namun bisa bermacam-macam bentuknya mulai dari berbagi makanan, kebutuhan sehari-hari, ilmu dan lain sebagainya. Asalkan dilakukan dengan niat yang tulus, maka berapapun dan apapun yang kita berikan akan menjadi berkah bagi orang lain dan juga pahala.

Selain membawa pahala kebaikan yang berlimpah, berbagi dengan sesama juga memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang lain lho. Yuk, simak apa saja manfaat berbagi dengan sesama di bulan ramadan saat pandemi COVID-19

1. Menimbulkan rasa syukur 

Ketika kamu berbagi kepada mereka yang membutuhkan, kamu akan melihat bahwa masih banyak orang yang nasibnya tidak seburuntung kamu. Melihat hal tersebut, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur terhadap apa yang dimiliki saat ini. 

2. Meningkatkan kepercayaan dan motivasi

Cukup banyak manfaat yang diberikan dari berbagi dengan sesama, salah satunya adalah kamu akan semakin dihargai dan dihormati oleh sekeliling kamu. 

Namun, tujuan utama dari berbagi dengan sesama bukan terletak pada ingin dihargai, melainkan kamu dapat menanamkan rasa percaya diri dan motivasi terhadap mereka bahwa segala peristiwa yang terjadi saat ini akan memberikan hadiah yang lebih baik di hari yang akan datang.

3. Memberikan harapan baru 

Berbagi mampu meningkatkan rasa kepedulian kamu terhadap kondisi sosial dan mereka yang membutuhkan. Dengan memberikan bantuan kepada mereka, maka secara tidak langsung kamu memberikan harapan baru bagi mereka yang kurang beruntung untuk terus berjuang menjadi manusia yang lebih baik tanpa pernah menyerah. 

4. Menciptakan tali persaudaraan 

Berbagi bukan dinilai dengan apa yang kamu berikan, melainkan dengan keikhlasan. Sekecil apapun pertolongan yang kamu berikan kepada orang lain, mereka akan senang dan selalu mengingatnya. Maka dari itu, kita akan lebih terbuka untuk saling berangkulan dan bersatu setelah saling berbagi.

5. Menularkan orang lain untuk berbuat kebaikan

Membantu mereka yang membutuhkan, bukan hanya membantu mereka yang kamu kenal, melainkan juga yang tidak kamu kenal. Ketika kamu membantu mereka yang membutuhkan pertolongan, maka perbuatan kamu akan diingat oleh mereka. Maka dari itu, untuk membalas kebaikan yang telah kamu berikan, biasanya mereka akan melakukan hal sama saat ada orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Sudah tahu bukan apa saja manfaat berbagi dengan sesama? Untuk itu, apabila kamu saat ini memiliki tambahan rezeki lain, sisihkan sebagian rezeki kamu kepada mereka yang membutuhkan ya!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan