Kehilangan Barang di Luar Negeri, Kini tak Perlu Bingung

04 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Bepergian ke luar negeri, entah untuk berlibur ataupun karena alasan pekerjaan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa mengunjungi banyak tempat menarik yang berbeda dengan tempat yang biasa kita lihat. Namun, di tengah hal yang menarik tersebut, hal yang tidak diinginkan tetap mungkin terjadi. Ketika kita sedang sibuk berfoto, dompet kita bisa saja jatuh atau hilang. Atau bahkan yang juga sering terjadi adalah kita menjadi korban pencopetan sehingga kita harus kehilangan uang serta dokumen perjalanan kita. Bagaimana kita melindungi diri kita dari risiko-risiko seperti ini selama berpergian di luar negeri?

Bepergian ke luar negeri, entah untuk berlibur ataupun karena alasan pekerjaan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa mengunjungi banyak tempat menarik yang berbeda dengan tempat yang biasa kita lihat. Namun, di tengah hal yang menarik tersebut, hal yang tidak diinginkan tetap mungkin terjadi. Ketika kita sedang sibuk berfoto, dompet kita bisa saja jatuh atau hilang. Atau bahkan yang juga sering terjadi adalah kita menjadi korban pencopetan sehingga kita harus kehilangan uang serta dokumen perjalanan kita. Bagaimana kita melindungi diri kita dari risiko-risiko seperti ini selama berpergian di luar negeri?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membeli asuransi perjalanan. Selain memberikan perlindungan saat berlibur di luar negeri, asuransi ini juga menawarkan manfaat tambahan berupa perlindungan atas barang-barang kita dari kehilangan dan kerusakan, tidak hanya selama perjalanan (penerbangan), tetapi selama kita berada di luar negeri. Setiap perusahaan asuransi memiliki manfaat dan ketentuan yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya ada barang-barang tertentu yang akan mendapatkan penggantian seperti kamera, laptop, uang, travel check, dokumen perjalanan bahkan peralatan golf.

Selain kita harus mengetahui apa saja manfaat asuransi perjalanan yang kita miliki, yang perlu dicermati selanjutnya adalah bagaimana prosedur klaim atas kehilangan barang saat berada di luar negeri. Saat menyadari ada barang kita yang hilang, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera menghubungi perusahaan asuransi untuk melaporkan kehilangan atau kerusakan barang. Setelah itu, kita bisa melengkapi bukti kehilangan barang dengan meminta keterangan dari polisi setempat. Baru selanjutnya, saat kembali ke tanah air, kita dapat melengkapi berkas kehilangan seperti bukti/ nota pembelian, bukti foto atau dokumen pendukung lain yang memperkuat pertanyaan bhawa kita benar memiliki barang tersebut sebagai persyaratan pengajuan klaim.

Setelah menerima dokumen kelengkapan pengajuan klaim, perusahaan asuransi akan melakukan penilaian atas barang-barang yang dilaporkan dan melakukan pemeriksaan atas kelengkapan dokumen pengajuan klaim. Jumlah penggantian atas klaim yang diajukan juga akan berbeda-beda tergantung jenis asuransi perjalanan yang kita miliki dan hal tersebut kembali tergantung akan kebijakan dari masing-masing perusahaan asuransi. Pada umumnya, penggantian tidak akan sebesar dengan harga barang yang hilang melainkan ada jumlah maksimum dari setiap barang yang hilang. Misalnya untuk kehilangan peralatan golf ada perusahaan asuransi yang akan mengganti dengan maksimum penggantian sebesar USD300, atau ada juga ketentuan yang menyatakan bahwa penggantian atas seluruh kehilangan barang maksimum sebesar USD2,500.  

Untuk kenyamanan, maka pastikan kita selalu membaca polis Asuransi yang kita miliki untuk dapat mengetahui manfaat asuransi, pengecualian atas manfaat asuransi dan juga tata cara serta persyaratan pengajuan klaim. Dengan begitu akan menghindari kita dari terjadinya perselisihan di saat kita mengajukan klaim asuransi.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023