Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Ini Cara Berhemat Selama Karantina #DiRumahAja Saat Pandemi COVID-19

05 Mei 2020 | Allianz Indonesia
Pemerintah mengimbau masyarakat untuk #DiRumahAja demi menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). Namun tidak dimungkiri, hal ini justru membuat pengeluaran menjadi membengkak. Bagaimana cara menyiasatinya?

Selama lebih dari sebulan #DiRumahAja, banyak orang yang mulai mengeluhkan pengeluaran justru membengkak. Ditambah lagi, ada yang justru mengalami berkurangnya income atau bahkan kehilangan pemasukan selama pandemi virus Corona (COVID-19).

Pandemi virus Corona memang tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga perekonomian. Di tengah krisis seperti ini, usaha penghematan harus dilakukan agar keuangan keluarga tetap sehat.

Bagaimana agar keuangan aman terkendali?

 

Membuat Daftar Belanja untuk Satu Minggu

Pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan agar masyarakat Indonesia berdiam #DiRumahAja atau stay at home demi mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini membuat kegiatan belanja tidak bisa dilakukan setiap waktu.

Jadwalkan kegiatan membeli keperluan pokok seminggu sekali. Buat daftar belanja beserta estimasi pengeluaran. Dengan membuat daftar yang harus dibeli, kegiatan belanja menjadi lebih efisien sehingga kamu bisa segera pulang ke rumah.

Agar tidak tergoda membeli yang tidak perlu. Cobalah membawa uang tunai sejumlah yang tertera pada daftar belanjaan. Usaha ini bisa membantumu berhemat dengan hanya membeli sesuai kebutuhan.

Ingat, jangan menimbun ya! Cukup belanja seperlunya saja.

 

Baca juga: 7 Bahan Makanan yang Wajib Stok saat Karantina di Rumah karena Virus Corona

Masak Sendiri

Memesan makanan lewat jasa pesan antar memang praktis. Akan tetapi, cara ini terlalu boros dibandingkan dengan masak sendiri. Selain itu dengan masak sendiri, kebersihan dan nutrisinya juga lebih terjamin.

Masak sendiri itu mudah kok. Apalagi sekarang banyak sekali bertebaran resep-resep mudah nan lezat dengan bahan sederhana di Youtube.

Sesekali membeli makanan dari luar juga boleh. Namun saat menerima makanan dari kurir, tetap terapkan langkah kebersihan dan physical distancing ya. Dan jangan lupa memberikan tips atau bahkan makanan untuk kurir yang mengantar.

Beli Online agar Bisa Bandingkan Harga Terbaik

Saat ini hampir semuanya bisa dipesan online, termasuk kebutuhan pokok. Bahkan beberapa marketplace menyediakan aneka kebutuhan pangan segar yang bisa diantar langsung ke rumah.

Selain mudah membandingkan harga, kamu juga bisa mendapat harga lebih murah lewat promo, kupon potongan harga, dan poin.

Jangan Tergoda Gimmick Diskon

Godaan terberat selama #DiRumahAja adalah rebahan sambil scrolling online shop. Apalagi menjelang lebaran, berbagai marketplace dan online shop berusaha meningkatkan penjualan dengan berbagai gimmick diskon dan promo.

Sebelum menekan tombol check out, coba tanyakan pada diri sendiri. Apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut?

Mungkin akan lebih baik jika uang tersebut ditabung untuk dana darurat atau diakolasikan ke pos lain yang lebih penting.

Hemat Energi = Hemat Tagihan

Selama beraktivitas #DiRumahAja, otomatis kamu akan mengonsumsi lebih banyak energi baik itu listrik, air, atau gas. Jangan kaget kalau tagihan justru lebih mahal dari yang biasanya.

Kamu yang biasanya menyalakan AC seharian, cobalah untuk menyalakannya hanya di saat tidur. Matikan lampu yang tidak dipakai, cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan, dan gunakan air dengan bijak.

 

Baca juga: Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada COVID-19

 

Alokasikan Biaya ‘Ngantor’ untuk Kebutuhan selama #DiRumahAja

Saat masih ‘ngantor’, biaya transport, makan siang, dan nongkrong di akhir pekan menjadi pengeluaran rutin. Namun selama #DiRumahAja, kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok, mengisi pos dana darurat, dan membayar cicilan.

Di tengah segala ketidakpastian ini, semua orang diharapkan lebih ketat dalam mengatur finansial dan bersiap atas kemungkinan terburuk. Kamu yang saat ini bisa work from home dan mendapatkan gaji harus selalu bersyukur karena di luar sana masih banyak rekan-rekan kita yang belum tentu mendapat keistimewaan ini.

Kita tidak tahu kapan pandemi COVID-19 ini akan berakhir. Namun kalaupun berlangsung lebih lama dari yang kamu harapkan, setidaknya dengan berhemat kamu sudah melatih diri untuk menyesuaikan standar hidup.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Samping Kesehatan Fisik saat Pandemi COVID-19

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan