Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

24 Desember 2019 | Allianz Indonesia
Setiap orang tentunya ingin naik gaji setiap tahun, termasuk kamu. Salah satu alasan mengapa kamu perlu penghasilan yang meningkat ialah untuk mengimbangi inflasi yang setiap tahunnya bertambah lebih dari 3%. Bahkan, untuk sektor tertentu, inflasi bisa menyentuh 10% per tahun.

Setiap orang tentunya ingin naik gaji setiap tahun, termasuk kamu. Salah satu alasan mengapa kamu perlu penghasilan yang meningkat ialah untuk mengimbangi inflasi yang setiap tahunnya bertambah lebih dari 3%. Bahkan, untuk sektor tertentu, inflasi bisa menyentuh 10% per tahun. 

Tanpa diimbangi dengan penghasilan yang meningkat, sulit untuk menutup laju inflasi ini. Itu sebabnya, seseorang perlu meningkatkan penghasilan minimal seiring dengan laju inflasi. Jika kamu berniat memperoleh peningkatan penghasilan ini, ada beberapa strategi yang bisa kamu tempuh. 

1. Berusahalah memenuhi key performance index

Pertama-tama, tanyakanlah kepada atasan atau bagian human resource department (HRD) atau personalia tentang syarat apa saja yang harus kamu penuhi untuk memperoleh kenaikan gaji setiap tahun. Umumnya, kantor memberlakukan sistem kenaikan gaji sesuai dengan prestasi.

Prestasi itu sendiri diukur oleh key performance index (KPI) yang sudah ditetapkan. Nah, kamu bisa mengukur sendiri apakah kinerja selama setahun terakhir memenuhi KPI yang telah ditetapkan perusahaan. Jika memenuhi, maka kamu punya alasan kuat untuk memperoleh kenaikan gaji. 

 

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Asuransi yang Tepat untuk Setiap Tahapan Hidup

 

2. Berusahalah dipromosi

Jika kinerja kamu outstanding, bukan tidak mungkin kamu juga akan dipromosi menduduki jabatan lebih tinggi. Level jabatan yang lebih tinggi pun akan berpengaruh pada kenaikan gaji. Jika kamu berkesempatan dipromosi ke level yang lebih tinggi, jangan sungkan bertanya pada atasan atau bagian HRD mengenai berapa kenaikan gaji yang akan kamu peroleh dengan level yang baru. 

3. Bekerja melebihi target

Ada beberapa strategi yang bisa kamu tempuh untuk mencetak prestasi. Salah satunya, jangan ragu bekerja melebihi target. Artinya, jangan perhitungan dengan bekerja hanya sesuai job description. Melainkan, bekerjalah seoptimal mungkin agar rekan yang lain tahu kemampuan, keahlian, dan bakat yang kamu miliki. 

 

Baca juga: 4 Cara Mengontrol Budget Belanja untuk Diskon Akhir Tahun

 

4. Kembangkan ide out of the box

Seorang karyawan yang menonjol adalah mereka yang punya inovasi atau ide-ide segar yang selama ini belum pernah dilakukan oleh perusahaan. 

5. Tingkatkan kompetensi diri

Caranya dengan terus mengasah kemampuan dan keahlian lewat training, seminar, atau bahkan studi lanjut. Memiliki keahlian yang senantiasa berkembang akan mendukung perusahaan untuk berkembang pula. Dengan begitu, perusahaan akan menilai kamu pantas mendapatkan kenaikan gaji. 

 

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengatur Keuangan untuk Biaya Lifestyle Bulanan

 

6. Cari tambahan penghasilan

Jika strategi di atas sudah dilakukan namun belum ada tanda-tanda bahwa atasan akan menaikkan gaji, maka kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari tambahan penghasilan.

Yang perlu diingat, sebisa mungkin hindari conflict of interest ketika menjalani pekerjaan atau bisnis sampingan. Caranya dengan mengerjakan side job di luar jam kantor dan tidak menggunakan fasilitas kantor untuk mengembangkan bisnis pribadi.

7. Pindah kerja

Tak ada salahnya juga jika kamu mencoba peluang di perusahaan lain untuk memperoleh kenaikan gaji. Jika memang kamu diterima dan kamu tertarik menjalani tantangan baru, mengapa tidak?

Umumnya, ketika pindah kerja di tempat baru, seorang karyawan akan menawar gaji minimal 30% lebih tinggi dari yang ia terima sekarang. Hanya saja, jika kamu ingin pindah kerja, pastikan kamu pindah dengan proses yang baik. Caranya, jangan terlalu cepat pindah kerja ke tempat baru, misalnya sebelum genap bekerja enam bulan. Lalu, pastikan kamu mengerjakan semua tanggung jawab sebelum pindah kerja.

Itulah sederet upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji atau penghasilan setiap tahun. Seiring dengan kenaikan gaji, jangan lupa pula untuk meningkatkan proteksi yang kamu miliki, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Karena idealnya, proteksi yang kamu miliki harus sesuai dengan kebutuhan yang senantiasa meningkat. Selamat berjuang memperoleh kenaikan gaji!

 

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan