Sudahkah Orang tua Menyiapkan Warisan?

by Jurnal Allianz | terakhir dibaca 21 Januari 2020 14:47:11 UNDUH BACA NANTI

Bagi para orang tua, sudahkah menyiapkan harta warisan untuk anak-anak Anda?  Jika masih bingung bagaimana caranya, cari tahu informasinya di sini.

Alangkah bahagianya jika setiap orang tua bisa memberikan warisan kepada anggota keluarga tercinta.  Biasanya orang tua ingin memberikan warisan berupa tanah, rumah, emas, bahkan perusahaan milikinya. Namun, tidak semua orang tua mampu memberikan warisan dikarenakan hal ini tidak direncanakan dari jauh hari..

Dengan perencanaan keuangan yang matang, segala impian kita sesungguhnya bisa terwujud. Bagi yang telah menjadi orang tua dan ingin menyiapkan warisan kepada anak-anak, ada alternatif yang bisa dilakukan.

Asuransi jiwa bisa menjadi salah satu pilihan, meski tidak semua asuransi jiwa bisa dijadikan warisan. Beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa dijadikan perencanaan warisan adalah whole life atau unit link.

Asuransi whole life (seumur hidup) merupakan salah satu jenis asuransi jiwa tradisional  yang memberikan uang pertanggungan saat terjadi risiko meninggal dunia.  Sementara itu, asuransi jiwa unit link merupakan asuransi jiwa yang menggabungkan antara manfaat proteksi dan juga investasi. Dengan produk asuransi unit link, uang pertanggungan dari manfaat proteksi dan nilai investasi yang terbentuk, dapat dijadikan sebagai warisan bagi keluarga kita.

Dengan menjadikan asuransi sebagai warisan, orang tua sebagai pemilik polis sekaligus tertanggung, dapat menentukan ahli waris atau penerima manfaat dari uang pertanggungan. Hal ini juga akan menghindarkan dari kemungkinan perselisihan dalam pembagian harta waris dikarenakan manfaat asuransi  diberikan kepada nama yang tercantum sebagai Ahli Waris dalam polis. Selain itu, warisan berupa harta tak bergerak, misalnya rumah atau tanah, lebih sulit untuk dibagi-bagi kepada ahli waris. Untuk mempermudah pembagian warisan, rumah atau tanah biasanya perlu dijual terlebih dahulu, dan uang hasil penjualan baru dibagi-bagi ke ahli waris. Pejualan rumah atau tanah memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Selain itu, warisan berupa tanah atau rumah terdapat biaya pengalihan hak. Manfaat asuransi jiwa (uang pertanggungan dan nilai tunai) mempunyai keunggulan karena berbentuk uang tunai, dan tidak dikenakan biaya lagi.

Yuk, mulai siapkan warisan kita.

Tentang penulis

Jurnal Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 November 2019 12:05:23

Apa Saja Sih, yang Bisa Kamu Asuransikan? Cek Kriterianya di Sini

Agar sebuah risiko bisa diasuransikan, ia harus memenuhi beberapa kriteria yang jelas. Apa saja kriterianya? 

04 Juni 2018 15:13:50

Ayo Kenali Profil Risiko Kita

04 Juni 2018 15:13:31

Mana yang Lebih Baik, Asuransi Atas Nama Anak atau Orang Tua?