Ramai Ikuti Tren FaceApp Challenge Apa Sudah Siap Tua?

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 06 April 2020 03:51:38 UNDUH BACA NANTI

Belakangan ini aplikasi FaceApp memang tengah digemari lagi oleh pengguna media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter, tiba-tiba penuh dengan wajah-wajah orang tua. Bahkan, bukan hanya para netizen saja yang ikut-ikutan keseruan ini. Artis-artis beken sepeti Tom Holland, Drake, Sam Smith, Jonas Brothers, hingga para artis Indonesia, seperti Dian Sastro, Afgan, hingga Bunga Citra Lestari pun pun ikut serta menambahkan tagar #FaceAppChallenge ini. 

Mengapa tadi kami sebut digemari lagi? Sebenarnya, aplikasi FaceApp ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Sejak awal, aplikasi ini memang bisa mengubah wajahmu menjadi lebih tua atau muda lagi. Jadi, foto-foto temanmu atau following kamu di media sosial yang terlihat tua itu adalah sebenarnya wajah editan yang diubah agar terlihat tua melalui aplikasi.

Nah, bisa jadi #FaceAppChallenge ini kamu jadikan ajang main-main dan seru-seruan. Alias penasaran juga 'kan wajah kita kalau tua itu kaya apa? Setelah berposeklik, sudah lihat dong kalau muka kamu tua bagaimana? Eh.. tunggu deh, memang sudah siap belum kalau mukanya jadi keriput beneran nanti? 

Well, semua orang akan menua pada waktunya. Termasuk kamu dan kita semua. Coba deh beranda-andai, kalau tua nanti kita inginnya seperti apa. Santai saja menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta? Tentunya, dong. Kemampuan finansial tetap stabil seperti saat kamu masih produktif? Oh, pasti!

Nah, untuk memenuhi masa depan ideal seperti itu, apa kamu sudah siap juga untuk tabungan di masa tua nanti?

Tenang, kalau mau masa tua, benar-benar seru, ada hal-hal yang bisa kamu siapkan demi masa depan. Apa saja? 

Menyimpan dana lebih banyak untuk pensiun

Selagi usia kamu masih masuk dalam kategori usia produktif, harus mulai menyimpan dana lebih banyak untuk pensiun nanti. Di Indonesia sendiri usia yang siap masuk dalam kategori pensiun ada di rentang 55 tahun dan usia hidup hingga 70 tahun. Nah, kalau usia kamu sekarang 25-30 tahun, artinya ada waktu sekitar 20 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun.

Hitung berapa simpanan

Idealnya, jumlah simpanan itu harus kamu perhitungkan dari pengeluaran bulanan sekarang, dan berapa kira-kira pengeluaran itu nilainya di usia kamu pensiun nanti. Amannya, nilai pengeluaran kamu dikalikan 12 lalu dikalikan 20 tahun itu. Ayo, berapa banyak?

 

Baca juga: 6 Langkah Atur Keuangan untuk Pasangan Baru

 

Cari tahu berbagai investasi pensiun terbaik

Menyimpan uang sendiri tentunya punya banyak risiko. Mulai dari sekarang kamu harus mulai aktif mencari berbagai informasi investasi untuk mengumpulkan pundi-pundi dana pensiunmu nantinya.

Plan tabungan

Semua hal bisa terjadi, tapi kalau kamu sudah siap dengan berbagai “amunisi” tentunya tidak akan memberatkan. Kalau di atas tadi adalah plan A, maka pikirkan juga plan B yang kamu inginkan. Jadi, bila sesuatu hal buruk terjadi, kamu tidak panik dan keuangan tetap stabil. 

Persiapkan juga asuransi kesehatan dan asuransi jiwa

Kebutuhan kamu di masa tua nanti bukan hanya menyokong kualitas gaya hidup, tapi ada juga kebutuhan biaya kesehatan yang muncul. Kalau kamu tidak memiliki proteksi dari asuransi jiwa juga asuransi kesehatan, bisa jadi dana pensiun akan habis untuk menutupi biaya pengobatan.

 

Baca juga: Mengapa Kita Harus Memiliki Asuransi Jiwa

 

Jadi, lebih baik memiliki persiapan yang matang dibanding “persiapan kagetan”, bukan? Semuanya kamu lakukan demi menikmati hidup di masa tua dengan sepenuhnya. Tidak perlu lagi deh mengkhawatirkan hal-hal apa yang akan terjadi.

Semua orang akan menua pada waktunya. Coba deh beranda-andai, kalau tua nanti kita inginnya seperti apa. Santai saja menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, atau kemampuan finansial tetap stabil seperti saat kamu masih produktif?

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2019 12:38:30

Selain Pahala, Ini 6 Manfaat dari Berbagi dengan Sesama

Berbuat kebaikan di bulan suci Ramadan dan Idulfitri yang penuh berkah seperti berbagi dengan sesama akan mendatangkan banyak keberkahan. Selain pahala berlimpah, berbagi juga bisa membahagiakan orang dan memberi banyak kebaikan bagi kita sendiri lho.

01 Agustus 2019 12:59:14

Ramai Ikuti Tren FaceApp Challenge Apa Sudah Siap Tua?