Plus Minus Membuka Usaha di Rumah Sendiri

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 07 April 2020 06:48:58 UNDUH BACA NANTI

Saat ini, tidak sedikit generasi muda yang memilih membangun usaha sendiri dibandingkan bekerja di kantor. Jualan online hingga usaha kuliner kecil-kecilan hanya sebagian kecil dari berbagai macam usaha yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berwirausaha di rumah punya beberapa keuntungan tersendiri dibandingkan dengan menjalani kehidupan sebagai pekerja kantoran. Jika kamu punya modal terbatas, menjalankan usaha di rumah jadi solusi terbaik, karena kamu tak perlu membayar sewa tempat.

Baca juga: Bagaimana Menghitung Premi Asuransi Properti?

Selain itu, waktu yang tersedia juga lebih fleksibel. Bagi yang sudah berkeluarga, waktu yang tersedia untuk bertemu pasangan dan anak bakal lebih banyak.

Seperti wirausaha pada umumnya, kamu juga bisa memilih bidang usaha yang kamu sukai, sehingga menjalankannya akan lebih menyenangkan dengan motivasi tinggi. Tentu saja kamu harus mengenali potensi diri dan passion sebelum menjalankan usaha.

Meski tampak menyenangkan, berwirausaha di rumah punya tantangan tersendiri. Interaksi mungkin bakal relatif minim, karena kamu tidak punya teman kantor. Tanggung jawabnya juga jauh lebih besar. Di sisi lain, sebagai pemilik usaha kamu juga ditantang untuk bisa merangkap tugas sebagai akuntan, marketing, teknisi, hingga bagian logistik sekaligus.

Rencana keuangan juga harus disusun sematang mungkin. Jangan sampai ketika kamu merasa jenuh dan menyerah, kehidupan dan keluargamu jadi berantakan lantaran kamu tidak memperhatikan perencanaan keuangan dengan matang.

Siap berwirausaha artinya kamu harus siap memiliki pendapatan yang tidak tentu, tak seperti pekerja kantoran. Bahkan, akan ada waktunya kamu menghabiskan uang banyak melebihi pendapatanmu.

Selain mempersiapkan pengamanan pada keuangan, kamu juga perlu mempersiapkan perlindungan terhadap seluruh aset di rumah, terlebih jika kamu membuka usaha di bidang kuliner atau konveksi yang bisa menimbulkan risiko pada rumah. Yang namanya bencana biasanya tidak terduga. Baik itu kebakaran, kerusuhan, pencurian, hingga bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, badai, angin topan, dan tanah longsor.

Dengan asuransi properti, aset kita akan terlindungi dari kerugian akibat kebakaran, pencurian, bencana alam, dan lainnya.

Juga hal-hal tidak terduga lain yang dapat menambah beban biaya bagi pelaku wirausaha yang menjalankan usahanya di rumah. Misalnya, pecah atau meluapnya tangki perangkat atau pipa rumah tangga dan rusaknya harta benda yang lain.

Asuransi perlindungan rumah tidak hanya akan mengganti biaya kerusakan yang terjadi pada propertimu, tetapi juga biaya tambahan yang timbul saat terjadi bencana. Misalnya saja ketika kamu sekeluarga harus mengontrak atau menginap di tempat lain ketika rumahmu sedang diperbaiki.

Dengan asuransi properti, aset kita akan terlindungi dari kerugian akibat kebakaran, pencurian, bencana alam, dan lainnya. Menjalankan usaha pun akan lebih nyaman dan tenang sehingga kamu bisa berkonsentrasi pada usaha dan keluargamu.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:13:58

Rumah Mengalami Musibah? Tenang Saja, Ada Asuransi Properti

Ada banyak cara untuk melindungi rumah kita dari kemungkinan buruk, mulai dari menggembok pagar, memasang alarm dan cctv, hingga menggunakan jasa petugas keamanan setempat. Namun, jika musibah sudah terlanjur terjadi, bagaimana cara mengembalikan nilai barang-barang yang hilang ataupun rusak? Temukan informasinya melalui ulasan di bawah ini. 

03 Juli 2019 14:17:20

Pentingnya Asuransi Saat Bencana Alam Terjadi

04 Juni 2018 15:13:52

Mengenal Asuransi Engineering Skala Kecil