11 Maret 2019 | Allianz Indonesia
Yakin hanya dengan menabung kamu bisa memenuhi kebutuhan di masa depan?

Investasi merupakan salah satu langkah penting mewujudkan berbagai rencana di masa mendatang. Meski begitu, investasi kerap kali disepelekan oleh banyak orang.

Banyak yang menganggap bahwa investasi adalah sebuah beban keuangan yang tidak diperlukan. Pemikiran tersebut akan memunculkan perilaku konsumtif yang akhirnya merugikan diri kita sendiri.

Padahal, jika dilakukan sejak dini, investasi dapat membebaskan kita dari berbagai risiko ekonomi dan beban finansial yang harus dihadapi pada masa mendatang.

Salah satu risiko ekonomi yang pasti terjadi setiap tahun adalah inflasi.

Gejolak inflasi yang tak terduga dapat menurunkan nilai aset yang kita miliki serta menambah beban keuangan. Harga semua kebutuhan hidup akan terus mengalami peningkatan di kemudian hari dan belum tentu dapat diimbangi oleh pemasukan yang kita terima.

Kenaikan gaji yang jumlahnya tak tentu, bonus yang belum pasti, dan bunga tabungan yang nilainya tergerus inflasi tak bisa dijadikan senjata untuk melawan kondisi tersebut.

Belum lagi risiko kehilangan pekerjaan akibat kondisi ekonomi yang tak menentu yang membuat masa depan kita semakin tak pasti.

Oleh karena itu, kita dapat mulai mempersiapkan kebutuhan di masa depan dengan dana yang kita miliki mulai saat ini. Sisihkan sebagian penghasilan untuk membeli produk investasi supaya bisa mewujudkan rencana kita di masa mendatang, seperti menikah, membeli rumah idaman, dana pendidikan anak, atau tabungan pensiun.

Menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk berinvestasi akan terasa lebih ringan jika dilakukan sejak dini, karena kita tidak perlu mengubah gaya hidup kita secara drastis.

Setelah mengetahui risiko yang mungkin terjadi, mungkin selanjutnya akan muncul pertanyaan, investasi apa yang terbaik untuk dimiliki? Selain investasi dalam bentuk emas, reksa dana, atau saham, asuransi jiwa unit link dapat menjadi salah satu instrumen investasi yang patut dipertimbangkan.

Asuransi jiwa unit link memiliki dua manfaat, yakni proteksi dan investasi. Dengan menyesuaikan kebutuhan dan profil risiko, kita bisa lebih mudah memilih mana yang jadi prioritas.

Manfaat pertama yaitu proteksi akan didapatkan ketika pemilik polis mengalami risiko, seperti meninggal dunia, sakit kritis, cacat yang permanen, dan lainnya. Maka saat risiko tersebut terjadi, uang pertanggungan akan keluar dan diterima sesuai dengan yang tertulis di dalam polis asuransi.

Manfaat kedua adalah investasi. Saat mengikuti asuransi jiwa unit link, pemegang polis akan mengalokasikan sebagian premi yang dibayarkan untuk kebutuhan investasi. Namun, perlu diingat bahwa pada dasarnya investasi unit link merupakan investasi jangka panjang, sehingga keuntungannya tidak bisa langsung dinikmati.

Apakah anak muda perlu asuransi jiwa unit link? Jawabannya, kenapa tidak? Bagi kamu yang tidak punya waktu khusus untuk mengurus masalah asuransi dan investasi, asuransi jiwa unit link adalah paket lengkap yang dapat memberikan dua manfaat sekaligus. Selain itu, patut kamu tekankan bahwa semakin lama jangka waktu kamu dalam berinvestasi, maka akan semakin besar pula imbal balik atau keuntungan yang akan didapatkan di kemudian hari.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023