Ini Dia Cara Umroh Murah a la Backpacker

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 05 Agustus 2020 02:53:09 UNDUH BACA NANTI

Biaya umroh terbilang cukup mahal bagi sebagian orang, apalagi bagi kamu yang bergaji pas-pasan. Tapi saat ini kamu bisa umroh murah dengan cara umroh a la backpacker.

Apa sih yang dimaksud dengan backpacker? Awalnya, istilah backpacker mengacu pada para pelancong yang membawa tas punggung, bukan koper saat berlibur. Istilah backpacker juga mengacu pada perjalanan yang hemat.

Biaya bisa ditekan karena semua urusan perjalanan diurus sendiri. Karena semuanya ditentukan sendiri, kita bisa bebas menentukan semuanya sesuai selera dan bujet. Tak heran, bepergian ala backpacker bisa memberikan pengalaman yang lebih kaya dibandingkan pergi bersama agen perjalanan.

Tapi kan itu liburan, bagaimana dengan umroh backpacker? Ini yang membuat umroh backpacker lebih murah dibandingkan umroh bersama agen perjalanan.

 

Baca juga: Bagaimana Mekanisme Tabungan untuk Asuransi Haji

 

Mencari tiket pesawat murah

Kunci dari umroh murah ala umroh backpacker terletak pada harga tiket pesawat yang murah. Jika tiket reguler Indonesia ke Saudi Arabia bisa mencapai Rp14-15 jutaan pergi-pulang, saat promo bisa hanya Rp7 jutaan. Bahkan bisa hanya Rp4 jutaan saja lho!

Demi mendapat tiket murah ini rajin-rajinlah mengecek informasi promo. Supaya tidak ketinggalan, kamu bisa berlangganan newsletter maskapai. Tiket murah bisa didapatkan jika booking dari jauh-jauh hari.

Selain itu, cara alternatif untuk menghemat biaya tiket pesawat adalah dengan bepergian dulu ke negara lain. Misalnya ke Kuala Lumpur Malaysia, lalu membeli tiket lanjutan ke tanah suci. Hanya saja, cara ini mengharuskanmu transit dan biasanya memakan waktu yang tidak sebentar.

Memilih penginapan yang terjangkau

Agen perjalanan umroh biasanya menetapkan minimal hotel bintang 4 agar jamaah umroh bisa beristirahat dengan nyaman. Agar biaya umroh murah, kamu bisa memilih hotel bintang 3 ke bawah yang harganya lebih terjangkau.

Jika pergi bersama keluarga atau orang lain, kamu bisa sharing apartemen dengan biaya yang lebih terjangkau. Mau lebih murah lagi? Pertimbangkan untuk menginap sekaligus beribadah malam di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Kelebihan dari umroh murah ala umroh backpacker, kamu bebas menentukan durasi tinggal di setiap kotanya. Mau lebih lama di Mekkah atau Madinah? Semua terserah padamu.

 

Baca juga: Merencanakan Haji Jadi Lebih Pasti

 

Biaya Makan

Ada banyak pilihan makanan di tanah suci. Mulai dari menu bintang lima sampai makanan kaki lima, semua ada. Enaknya umroh backpacker, kamu bebas memilih yang paling sesuai selera.

Berbeda dengan umroh dengan agen perjalanan di mana makanan sudah tersedia, kamu memang harus mencari makanan sendiri. Jangan lupa sediakan bujet makan sesuai durasi tinggal di tanah suci.

Untuk pengurusan visa, meski kamu umroh dengan cara backpacker, kamu tetap harus meminta bantuan pihak agen perjalanan. Hal ini karena Kedutaan Besar Arab Saudi tidak mengeluarkan visa untuk pengajuan perorangan.

Perlu diketahui, visa yang diterbitkan Kedutaan Besar Arab Saudi hanya akan berlaku di kota Jeddah, Madinah, dan Makkah, sehingga kamu tidak bisa mengunjungi kota-kota lain setelah umroh selesai. Visa umroh juga hanya berlaku untuk sekali masuk (single entry).

Baik menjalankan umroh bersama agen perjalanan maupun umroh murah ala umroh backpacker pasti punya sisi positif dan negatif tersendiri. Namun sebelum memutuskan untuk umroh backpacker, sebaiknya pertimbangkan hal berikut:

1. Perencanaan harus matang

Mulai dari kesiapan fisik, rute perjalanan, akomodasi, transportasi, serta segala keperluannya harus disiapkan secara matang.

2. Kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri

Bila mengalami kendala atau keluhan selama perjalanan, semuanya harus diatasi sendiri.

3. Sebaiknya tidak dilakukan orang berusia lanjut

Umroh backpacker mungkin cocok dilakukan oleh kamu yang berusia muda. Namun bagi yang berusia lanjut, sebaiknya umroh dengan didampingi agen perjalanan terkait dengan kondisi fisik dan kenyamanan.

Dengan umroh backpacker, kamu memang bisa berhemat banyak. Bila kamu harus sedia minimal Rp21 juta untuk berangkat umroh bersama tur, dengan umroh backpacker mungkin total biaya yang dibutuhkan bisa hanya Rp8 juta saja.

 

Baca juga: Yang Harus Dipersiapkan saat Ingin Pergi Haji

 

Untuk kamu yang tidak mau terlalu repot tapi tetap ingin berhemat, kamu bisa bergabung dengan komunitas umroh backpacker di media sosial. Komunitas umroh backpacker juga ada yang menyediakan land tour, sehingga jamaah tetap dipandu di tanah suci.

Tidak hanya itu, kamu juga mungkin mendapat info-info seputar tiket murah dan rekomendasi penginapan serta restoran terjangkau untuk menghemat biaya.

Bagaimana, tertarik menjalani umroh murah ala umroh backpacker?

Kunci dari umroh murah ala umroh backpacker terletak pada harga tiket pesawat yang murah. Jika tiket reguler Indonesia ke Saudi Arabia bisa mencapai Rp14-15 jutaan pergi-pulang, saat promo bisa hanya Rp7 jutaan.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

03 Januari 2020 13:26:21

Awas Tertipu! Begini Trik Memilih Jasa Travel Umrah yang Aman

Tawaran jasa travel umrah berbiaya murah banyak bermunculan. Hati-hati jangan sampai tertipu hanya karena silau dengan harga murah.

30 Oktober 2019 11:56:19

Hindari Salah Kaprah dalam Memahami Asuransi Syariah

17 Juli 2020 14:53:58

Hukum Berkurban dan Tips Menabung untuk Membeli Hewan Kurban