Ini Daftar Rencana Liburan Tahun 2020, Mau Liburan ke Mana?

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 07 Agustus 2020 05:41:48 UNDUH BACA NANTI

Tahun 2020 ini sudah punya rencana liburan ke mana saja? Sebelum bikin rencana panjang, coba deh cek daftar destinasi dalam dan luar negeri yang tentunya sedang jadi prioritas yang telah jadi incaran banyak orang.

Mau bepergian ke mana saja tahun ini? Tahun baru, tentu semangat untuk traveling juga berapi-api. Ya bukan rahasia umum lagi, kalau perihal traveling, tanpa perlu ditanya pasti kamu sudah punya segudang rencana untuk pergi ke berbagai destinasi.

Well, biar bikin agenda melancong kamu makin nyaman dan lancar selama di perjalanan, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan jauh hari sebelum bepergian. Mulai dari mencari destinasi, pilih tanggal yang tepat, keuangan, akomodasi, hingga kesehatanmu. Semuanya memang harus jadi pertimbangan utama. 

Tenang, kami akan bantu kamu dengan kasih berbagai bocoran yang sudah kami kumpulkan. Mulai dari tanggal-tanggal dari daftar “long weekend” dan “harpitnas” di tahun ini hingga destinasi-destinasi prioritas yang sudah jadi incaran banyak orang. 

Sudah tidak sabar untuk bikin rencana liburan kamu setahun ini? Yuk, ikuti kami!

 

Baca juga: Begini Trik Aman Menggunakan Kartu Kredit saat Liburan

 

Daftar “Long Weekend” dan “Harpitnas” 2020

Daripada bingung mau pergi kapan dan enaknya pilih destinasi mana, mending langsung cek dahulu daftar “long weekend” dan “harpitnas” 2020. Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama dalam kalender 2020 ini telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB).

Berikut sejumlah libur panjang dan "harpitnas" di 2020 yang bisa kamu manfaatkan untuk berlibur lebih lama.

Incaran tanggal-tanggal cantik untuk berlibur sudah di tangan. Nah, sekarang waktunya kamu tambahin daftar destinasi liburan dari kami. Tahun ini ada banyak destinasi dalam dan luar negeri yang tentunya sedang jadi banyak incaran semua orang.

Kalau kamu masih penasaran dengan keindahan kota-kota di dalam negeri sendiri, baru-baru ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) merilis lima destinasi super prioritas di Indonesia.

Tapi kalau targetmu tahun ini ingin bepergian lebih jauh dan berpetualang di negeri seberang, Lonely Planet yang merupakan buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia, juga sudah punya daftar destinasi favorit di 2020 yang tentunya akan membawa kamu ke perjalanan super seru!

Yuk, Kunjungi 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia!

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama berbagai instansi terkait terus melakukan pengembangan terhadap lima Destinasi Super Prioritas Indonesia yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Ada pun kelima destinasi itu adalah:

  1. Danau Toba (Sumatera Utara)
  2. Borobudur (Magelang, Jawa Tengah)
  3. Mandalika (Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat)
  4. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)
  5. Likupang (Minahasa Utara, Sulawesi Utara)

Tentu kamu bertanya-tanya, apa sih yang membuat kelima destinasi di Indonesia ini menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP) dari pemerintah langsung? Lalu, keseruan apa yang bisa kamu lakukan selama berlibur di destinasi ini?

Infrastruktur yang Lebih Baik

Well, hal pertama untuk menarik wisatawan mengunjungi DSP ini adalah aspek infrastrukturnya, baik bandara maupun jalan menuju ke tempat-tempat wisata. Pemerintah telah mendorong pengembangan infrastruktur di daerah-daerah tersebut sebagai faktor pendukung agar wisatawan dapat dengan mudah mencapai kelima destinasi tersebut. 

Salah satu contohnya adalah demi mendorong perkembangan wisata di Borobudur, pemerintah membangun Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

Pembangunan Hotel

Di destinasi Labuan Bajo, saat ini memang telah tersedia pilihan akomodasi seperti LOB (living on board). Jadi selama liburan, kamu bisa tinggal di dalam kapal dan menikmati keindahan dan birunya laut NTT. Tapi tak hanya itu, hingga saat ini dukungan dari pemerintah juga telah mencapai tahap finalisasi pembangunan hotel, marina, area komersial, dan pelabuhan feri lho.

Glamping Area

Sudah tahu Amanwana di Pulau Moyo? Yup, konsep ini juga dibawa ke destinasi wisata Danau Toba. Danau ini akan memiliki wisata berkemah mewah atau glamorous camping (glamping).

Jadi, di lahan Zona Otorita Kabupaten Toba Samosir, berdiri namanya The Kaldera-Toba Nomadic Escape. Destinasi keren ini merupakan amenitas wisata kembara (nomadic tourism) yang dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). 

Sirkuit MotoGP di Mandalika

Hayo.. sudah tahun belum kalau ajang balap dunia MotoGP tahun 2021 nanti akan digelar di Mandalika? Sirkuit Mandalika ini diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk perhelatan MotoGP. Kamu harus lihat sendiri sirkuit dengan panjang lintasan sekitar 4,31 kilometer ini begitu indah dengan pemandangan bukit dan pantai.

 

Baca juga: Yuk, Berkenalan dengan Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

 

Destinasi Favorit 2020 Versi Lonely Planet

Central Asian Silk Road

Jalur Sutra Asia Tengah ini kembali menjadi primadona warga dunia. Salah satu rute paling bersejarah di dunia ini yang sejak dahulu kala kaya oleh perdagangan dan wisatawan, cocok sekali untuk kamu yang gemar petualangan menantang. 

Terlebih lagi, mulai dari Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan sekarang ini menawarkan akses bebas visa atau e-visa untuk sebagian besar warga dunia. Jalur ini kini lebih modern dengan pengembangan investasi transportasi dan infrastrukturnya yang telah dilakukan secara besar-besaran.

Le Marche, Itali

Sebentar lagi, Le Marche di Italia ini akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya Tuscany. Le Marche akan mengundang gairah perjalananmu dengan keindahan kota-kota di puncak bukit, festival makanan, serta istana renaissance yang megah. Dalam waktu dekat ini, kota paling indah di Le Marche, yaitu Urbino, akan menjadi pusat perayaan 500 tahun pelukis terkenal Raphael.

Tohoku, Jepang

Meski sempat ditinggal jauh oleh para pelancong akibat gempa bumi dan tsunami di 2011, Tohoku tampaknya mulai kembali berbenah diri. Bisa diprediksi bahwa tahun ini, saat Olimpiade Musim Panas di Jepang, Tohoku akan dipadati pengunjung. Tidak heran memang. Kamu cukup menghabiskan beberapa jam dari ibu kota dengan kereta cepat di Jepang. Setelahnya, kamu bisa menikmati salah satu destinasi dengan pemandangan alam yang luar biasa, serta kaya akan warisan budaya dan festival bersejarah.

 

Baca juga: Ingin Pergi Traveling, Sudah Siapkan 7 Hal Ini Belum?

 

Maine, Amerika Serikat

Kalau Le Marche akan merayakan 500 tahun pelukis terkenal di sana. Maine juga akan ikut dalam perayaan besar 200 tahun kehidupan kenegaraannya. Bila kamu penggemar wisata kuliner, cicipi satu persatu resto yang ada di sana, pemanggangan kopi, hingga kerajinan bir di seluruh negara bagian. Kalau tidak suka keramaian, kamu bisa memilih untuk menghabiskan waktu di tengah hutan, dan bersantai di tepi pantai atau di ketinggian mercusuar.

Lord Howe Island, Australia

Serunya, di Lord Howe Island, kamu akan dianjurkan untuk mengikuti serangkaian proyek ekologi. Wilayah ini memang menjadi tempat berlindung dari berbagai spesies langka. Tapi perlu dicatat ya, pengelola pariwisata di wilayah ini hanya mengizinkan 400 pengunjung saja.

Jadi, sudah memutuskan mau liburan ke mana? Mau bepergian di Indonesia saja atau mau terbang lebih jauh lintas benua, rencanakan perjalananmu dengan baik. Lengkapi semua persiapannya agar agenda liburan berjalan aman dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

11 Maret 2019 15:40:18

4 Alasan Penting Membeli Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

Jangan sampai liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari berantakan karena hal-hal tidak diinginkan. Apa saja manfaat asuransi perjalanan yang dapat membuatmu tenang selama bepergian?

23 Agustus 2019 15:49:58

Ingin Pergi Traveling, Sudah Siapkan 7 Hal Ini Belum?

04 Juni 2018 15:13:29

Kehilangan Barang di Luar Negeri, Kini tak Perlu Bingung