Cara Efektif Maksimalkan Asuransi Perjalanan

by Jurnal Allianz | terakhir dibaca 02 Januari 2020 19:13:41 UNDUH BACA NANTI

Masih banyak anggapan asuransi perjalanan tidak penting. Padahal risiko bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, bahkan ketika sedang bepergian. Agar biaya premi yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat perlindungan, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Risiko dapat terjadi tanpa diduga sebelumnya, bahkan ketika kita sedang berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, masih banyak dari kita yang merasa asuransi perjalanan itu sesuatu yang tidak penting. Masih banyak dari kita membeli asuransi perjalanan hanya karena harus pergi ke negara yang mensyaratkan kepemilikan asuransi perjalanan sebagai salah satu kelengkapan pengajuan visa. Padahal dengan premi yang terjangkau, kita bisa tetap mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal.

Agar biaya premi yang kita keluarkan sesuai dengan manfaat perlindungan yang ditawarkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi perjalanan. Pertamaperiode perjalanan. Periode masa berlaku perlindungan asuransi perjalanan bisa disesuaikan dengan periode perjalanan untuk memberikan perlindungan yang maksimal dan tidak hanya menjamin saat di dalam pesawat (in flight). Jadi, asuransi perjalanan tidak hanya melindungi selama berada di dalam pesawat, tetapi juga selama perjalanan kita.

Kedua, kota atau negara tujuan perjalanan. Biasanya, asuransi perjalanan membedakan polis asuransi dengan tujuan negara. Misalnya, premi asuransi perjalanan kita ke negara di Asia dengan negara di Eropa akan berbeda. Perbedaan premi ini disebabkan oleh tingkat risiko dan besaran biaya yang akan ditanggung apabila terjadi risiko di negara tersebut. Seperti yang kita ketahui, biaya perawatan kesehatan di Asia lebih rendah dibandingkan dengan biaya di Eropa. Oleh sebab itu, premi asuransi perjalanan ke negara Asia lebih rendah dibandingkan dengan premi ke negara di Eropa.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah tingkatan manfaat yang kita inginkan. Pada umumnya, asuransi perjalanan memiliki beberapa tingkatan tingkatan manfaat yang akan berpengaruh pada harga premi yang harus dibayar dan juga total pertanggungan yang akan diterima oleh kita. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kita akan mendapatkan perlindungan seperti perlindungan medis, bantuan darurat seperti evakuasi medis dan pemulangan jenasah, manfaat lainnya juga seperti kecelakaan diri yang terjadi selama perjalanan. Yang paling membedakan asuransi perjalanan dengan asuransi lainnya adalah manfaat ketidaknyamanan perjalanan seperti santunan atas penundaan atau pembatalan penerbangan, bagasi hilang atau rusak serta kehilangan dokumen [#perjalanan]. 

Tentang penulis

Jurnal Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:14:00

Akibat Gunung Agung Erupsi, Ratusan Penerbangan Ditunda. Semua Akan Tetap Aman Kalau...

Tentu masih ingat di benak kita semua saat gunung agung mengalami erupsi pada November 2017 kemarin. Erupsi gunung agung ini tak hanya mengganggu aktifitas di bandara terdekat, tapi juga menyebabkan sejumlah penerbangan harus menunda penerbangannya. Hal ini tentu berdampak pada rencana liburan banyak orang. Lantas, bagaimana kita harus menyikapi penundaan penerbangan seperti ini? 

11 Maret 2019 15:40:18

4 Alasan Penting Membeli Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

04 Juni 2018 15:13:43

Asuransi Perjalanan: Klaim atas Keterlambatan Bagasi