Cara agar Tetap Semangat Ketika Bangun Sahur di Bulan Ramadan

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 11 September 2020 11:30:43 UNDUH BACA NANTI

Ketika memasuki bulan Ramadan, secara otomatis jadwal makan dan pola tidur akan ikut berubah.

Di luar bulan Ramadan kamu terbiasa makan tiga kali sehari, yakni pagi, siang dan malam, serta kamu dapat memenuhi kebutuhan istirahat yang diperlukan oleh tubuh tanpa harus bangun tidur pada dini hari untuk melaksanakan sahur. Sehingga ketika memasuki masa puasa di bulan Ramadan ini, kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan baik atas perubahan yang terjadi. 

Dilansir dari tribunnews.com, rasa kantuk dan malas merupakan faktor tak tertahankan yang dapat mengakibatkan bangun sahur terasa berat. Bagaimana pun, sahur adalah faktor yang dapat membuat tubuh tetap berenergi, sehingga kamu dapat beraktivitas secara normal pada saat berpuasa di bulan Ramadan.

Supaya kamu terhindar dari hal-hal yang menghambat bangun sahur, yuk simak bersama-sama cara agar tetap semangat ketika bangun sahur.

 

Baca juga: Tips Buka Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

 

1. Tidur lebih cepat

Waktu tidur merupakan faktor penentu apakah kamu akan terlambat atau tidak untuk bangun sahur. Di bulan Ramadan sahur, dianggap sebagai pengganti sarapan bagi kamu yang menjalani ibadah puasa. Untuk itu, usahakan tidak begadang agar dapat mengoptimalkan waktu tidur kamu dengan baik. 

2. Pastikan alarm dinyalakan

Sebelum tidur pastikan bahwa kamu telah men-setting alarm sesuai dengan waktu yang ditentukan untuk bangun sahur. Bagi kamu yang kesulitan untuk bangun tidur, maka kamu bisa mengoptimalkan volume dan sound pada alarm yang dinyalakan, serta letakkan alarm pada jarak yang tidak mudah dijangkau oleh tangan, sehingga ketika alarm berbunyi secara terpaksa kamu harus bangun dari kasur untuk mematikan alarm tersebut. 

3. Hindari mengonsumsi kafein 

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein setiap harinya, usahakan pada bulan Ramadan untuk mengurangi minuman kafein agar kamu bisa tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. 

4. Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh pada saat bulan Ramadan agar dapat membantu kamu memiliki pola tidur yang lebih baik dan lebih cepat dari biasanya.

Pada saat bulan Ramadan seperti ini, kamu bisa berolahraga di rumah dengan memanfaatkan benda-benda yang tersedia di rumah dengan optimal atau berpartisipasi menjadi bagian dari #punyapower Olahraga di Rumah #30menitsehari. Berikut ini beberapa referensinya.

  • Botol berisi Air

Bagi kamu yang tidak mempunyai barbel di rumah, kamu bisa menggantikannya dengan botol berisi air. Ketika mengisi botol, pastikan untuk menimbangnya agar bobotnya sebanding antara masing-masing tangan. Lalu, ketika sudah dipastikan bahwa keduanya sebanding, kamu bisa mengangkat botol berisi air seperti kamu mengangkat barbel. Dengan melakukan salah satu cara ini, kamu masih tetap dapat berolahraga dari rumah seperti di gym. 

  • Karet gelang

Karet gelang dapat membantu serta mendukung kamu agar tetap berolahraga meskipun dari rumah. Apabila kamu tidak memiliki alat untuk skipping atau lompat tali, kamu bisa mengingat kembali permainan tradisional semasa kecil yaitu lompat tali menggunakan karet gelang. 

  • Tangga

Naik turun tangga merupakan gerakan pengganti stairs run di rumah yang dapat bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

  • Bantal

Bagi kamu yang tidak memiliki alat olahraga yang memadai, kamu bisa memanfaatkan bantal yang ada di rumah untuk mengoptimalkan gerakan dumbbell bench press

  • Jemuran Besi

Tiang jemuran yang terbuat dari besi dapat dimanfaatkan untuk melakukan gerakan street workout seperti pull up

 

Baca juga: 5 Tips Tetap Happy Ketika Kerja di Rumah di Saat Pandemi COVID-19

 

5. Mengontrol makanan ketika berbuka puasa

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu berbuka puasa untuk balas dendam dengan menyantap seluruh makanan yang dihidangkan untuk berbuka puasa. 

Sementara, apabila menyantap makanan yang dihidangkan terlalu banyak pada saat berbuka puasa akan menyebabkan kamu merasa kekenyangan yang berakibat kamu akan kesulitan untuk bangun sahur. 

6. Menyiapkan menu favorit untuk sahur

Salah satu solusi agar kita bersemangat untuk bangun sahur adalah dengan menyiapkan menu makan sahur yang disukai oleh kamu dan anggota keluarga, sehingga mampu memotivasi seluruh anggota keluarga untuk bangun sahur pada saat bulan Ramadan. 

7. Hindari main gadget sebelum tidur

Saat ini gadget, baik laptop ataupun handphone merupakan benda yang selalu membuat penggunanya menjadi kecanduan, untuk itu sebaiknya hindari penggunaan gadget secara berlebihan sebelum tidur untuk meminimalisir bangun kesiangan pada saat sahur.  

Sudah tahu kan apa saja tips-tips agar tetap semangat bangun sahur? Ikuti dan pahami ya agar kamu dan anggota keluarga tetap bersemangat untuk bangun sahur selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan.

Tagged with:
puasa ramadan

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

13 Mei 2020 14:25:37

Resep Masakan Menggunakan Kurma yang Bisa Kamu Buat Selama #DiRumahAja

Pandemi COVID-19 mengakibatkan kamu harus tetap #DiRumahAja menjalankan berbagai tradisi Ramadan, seperti berbuka puasa bersama. Nah, salah satu menu berbuka puasa yang sesuai dengan sunnah adalah kurma.

04 Juni 2019 12:38:30

Selain Pahala, Ini 6 Manfaat dari Berbagi dengan Sesama

12 Mei 2020 10:00:34

Cara agar Tetap Semangat Ketika Bangun Sahur di Bulan Ramadan