Begini Trik Aman Memakai Kartu Kredit saat Liburan

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 25 Maret 2020 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Berlibur dengan staycation atau jalan-jalan ke tempat baru, semakin menjadi kebutuhan penting saat ini. Dengan berlibur, seseorang bisa sejenak berhenti dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Bagi generasi milenial, liburan juga menjadi bagian gaya hidup kekinian alias experience spending. Rasanya akan kurang "gaul" bila tidak pernah pergi berlibur dan memamerkannya di akun media sosial.

Dari segi finansial, aktivitas liburan idealnya dibiayai oleh dana yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan begitu pengeluaran selama liburan tidak perlu mengganggu arus kas atau cash flow rutin. Kamu tidak disarankan membiayai liburan dengan uang pinjaman alias utang. Tapi, bagaimana dengan pemakaian kartu kredit saat liburan? 

 

Baca juga: Tips Menyiapkan Liburan Akhir Tahun yang Membahagiakan

 

Memakai kartu kredit untuk mendukung transaksi selama liburan sebenarnya boleh-boleh saja. Malah, bila kamu jeli, pemakaian kartu kredit untuk liburan bisa memberi banyak keuntungan. Meski begitu, pastikan kamu tetap berhati-hati agar pemakaian kartu kredit tidak menjadi boomerang finansial gara-gara liburan.

Pasalnya, kartu kredit pada dasarnya merupakan alat pembayaran memakai kartu (APMK) yang berbasis dana pinjaman. Kehati-hatian pemakaian akan menghindarkan kamu dari masalah utang di kemudian hari.

Keuntungan memakai kartu kredit saat liburan

Walau berbasis uang pinjaman dari bank selaku penerbit, kartu kredit sebenarnya memberikan banyak keuntungan yang menarik bila kamu jeli dan cerdas memanfaatkannya. Salah satu yang sudah sering dibuktikan adalah kartu kredit bisa membantu kamu menghemat pengeluaran tertentu ketika liburan. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa keuntungan memakai kartu kredit untuk liburan:

Pertama, diskon harga. Penyedia kartu kredit sering menggelar penawaran promo diskon harga untuk transaksi tertentu, termasuk transaksi pembelian tiket pesawat ataupun kereta. Diskon harga juga biasanya ditawarkan untuk transaksi penginapan alias hotel. Diskon harga itu tentu bisa membantu kamu menghemat pengeluaran untuk biaya tiket dan akomodasi liburan. 

Kedua, keuntungan reward points atau air miles. Hampir semua kartu kredit memiliki sistem poin hadiah alias reward points. Mekanismenya, setiap transaksi senilai tertentu, kamu akan mendapatkan poin hadiah yang kelak bisa ditukarkan sebagai potongan harga transaksi tertentu, termasuk transaksi terkait kebutuhan liburan. Bahkan untuk jenis kartu kredit yang menyasar para pelancong, biasanya tersedia airmiles yang bisa kamu tukarkan dengan tiket pesawat saat nilainya sudah tercapai. Dengan kata lain, kamu berkesempatan mendapatkan tiket pesawat gratis karena transaksi kartu kredit. Asyik, bukan?

 

Baca juga: Evaluasi Keuangan Akhir Tahun, Begini Caranya

 

Ketiga, peluang cashback. Sama dengan promo diskon, kartu kredit juga sering memberikan tawaran cashback untuk transaksi tertentu. Cashback sebenarnya sama saja diskon harga dan biasanya bisa didapatkan bila kamu melakukan transaksi dengan syarat nilai minimal yang telah ditentukan.

Keempat, cicilan 0%. Ini adalah salah satu fitur kartu kredit yang paling disukai karena kamu berkesempatan membeli sesuatu dengan cicilan tanpa bunga. Misalnya, kamu memesan paket liburan seharga X yang bisa dibayarkan dengan cara mencicil sekian bulan tanpa bunga. 

Trik cerdas memakai kartu kredit untuk liburan

Berbagai keuntungan kartu kredit di atas memang bisa menguntungkan aktivitas finansial kamu. Termasuk untuk mendukung acara liburan. Tapi, karena kartu kredit sejatinya berbasis dana pinjaman, kamu perlu memperhatikan rambu-rambu berikut ini supaya kartu kredit tidak menjadi sumber masalah keuangan yang fatal.

1. Miliki rencana anggaran

Supaya liburan kamu bisa berjalan nyaman, perencanaan yang baik adalah hal penting. Mulai dari menyusun itinerary supaya waktu berlibur efektif hingga rencana pengeluaran selama liburan. Budget atau anggaran liburan akan membantu kamu fokus pada pos yang penting dan menghindari pembengkakan pengeluaran. 

Beberapa item yang perlu dimasukkan dalam rencana anggaran liburan antara lain, pos biaya tiket, biaya akomodasi di tempat liburan, pos pengeluaran makan dan minum, pos biaya masuk tempat liburan, hingga pos pengeluaran untuk pembelian oleh-oleh, dan sebagainya.

2.Pilih transaksi yang menguntungkan saja

Nah, dari rencana budget yang sudah kamu susun, pilih saja pos-pos mana saja yang transaksinya memakai kartu kredit.  Kamu bisa menyeleksi mana yang akan lebih hemat atau menguntungkan bila transaksinya memakai kartu kredit dan mana yang lebih baik memakai uang tunai atau debit card

Misalnya, untuk pembelian tiket dan hotel, kamu memakai kartu kredit karena ada diskon atau potongan harga lumayan. Atau, untuk pembelian tiket masuk tempat tujuan wisata yang memberi promo cashback cukup besar, kamu bisa gunakan kartu kredit juga.

Sedangkan untuk transaksi lainnya yang tidak memberikan keuntungan bila memakai kartu kredit, sebaiknya kamu gunakan dana tunai atau debit card saja. Dengan begitu, kamu bisa membatasi pemakaian kartu kredit supaya tidak sampai bablas.

3.Pastikan bayar lunas tagihan

Kartu kredit sebenarnya alat pembayaran yang membantu kemudahan transaksi. Jadi, perlakukan kartu kredit sekadar sebagai pendukung transaksi saja. Jangan memperlakukan kartu kredit sebagai sumber dana atau membiayai liburan dengan utang melalui kartu kredit.

Maka itu, pastikan kamu membayar lunas tagihan kartu kredit yang datang dengan dana yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Dengan begitu, kamu terhindar dari bunga kartu kredit yang mahal. 

Banyak orang terjebak masalah kartu kredit karena mengambil risiko membayar tagihan dengan nilai minimal (minimum payment). Kamu perlu ingat, memilih membayar tagihan kartu kredit di nilai minimal bisa menjadi awal dari masalah kartu kredit yang fatal. Pasalnya, bunga kartu kredit sangat mahal mencapai 27% per tahun dengan hitungan bunga berbunga. 

 

Baca juga: 4 Cara Kontrol Budget Belanja untuk Diskon Akhir Tahun

 

4.Manfaatkan untuk menambah poin

Memakai kartu kredit untuk bertransaksi selama liburan boleh saja terlebih bila itu menguntungkan dan membantu kamu menambah poin hadiah atau mileage. Beberapa kartu kredit cukup royal memberikan poin hadiah yang bisa ditukarkan dengan keuntungan lain yang menarik.

Misalnya, sebagai diskon atau potongan harga transaksi tertentu. Selama kamu bisa membatasi transaksi supaya tidak impulsif dan memastikan bayar tagihan lunas 100%, kartu kredit bisa menjadi teman yang menguntungkan saat liburan.

Itulah trik mudah memanfaatkan kartu kredit untuk liburan yang bisa kamu terapkan. Bijaklah selalu dalam bertransaksi supaya keuangan kamu terjaga kesehatannya. 

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

11 Maret 2019 15:40:18

4 Alasan Penting Membeli Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

Jangan sampai liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari berantakan karena hal-hal tidak diinginkan. Apa saja manfaat asuransi perjalanan yang dapat membuatmu tenang selama bepergian?

22 Januari 2020 13:50:19

Begini Trik Aman Memakai Kartu Kredit saat Liburan

04 Juni 2018 15:13:38

Tenang di Negeri Orang, Dengan Asuransi Perjalanan