Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis yang Mengintai Kaum Muda

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 07 Agustus 2020 06:51:22 UNDUH BACA NANTI

Usia muda tidak menjamin kamu bisa dari ancaman penyakit kritis. Tidak percaya, cek selengkapnya di sini.

Tingkat kematian di Indonesia akibat penyakit kritis nyatanya cukup tinggi. Menurut World Health Organization (WHO), setiap tahun ada lebih dari 36 juta kematian di dunia yang diakibatkan oleh penyakit kritis. Boleh jadi, asuransi jiwa menjadi jawaban untuk melindungimu dari bayang-bayang risiko yang ditimbulkan oleh penyakit kritis.

Jika dulu penyakit kritis identik menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, namun sekarang beberapa kasus menunjukkan bahwa penyakit kritis dapat mengintai sejak usia muda.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Tuntutan hidup serta produktivitas yang begitu tinggi di usia muda tak jarang membuat mereka mengabaikan pola hidup sehat. Di sinilah sumber masalah yang kerap membuat anak muda justru banyak mengalami masalah kesehatan.

Stroke

Menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2015, setiap 1.000 orang setidaknya ada sekitar 12 penduduk Indonesia yang mengalami penyakit stroke. Penyakit kritis ini disebabkan oleh pasokan darah ke otak yang terputus karena penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area otak.

Meski mayoritas penderita penyakit ini adalah orang di atas usia 65 tahun, sebanyak 25% penderita juga masih dalam kategori usia muda. Biasanya, stroke terjadi pada sebagian orang yang menderita penyakit hipertensi, punya riwayat kolesterol tinggi, perokok aktif hingga memiliki gaya hidup tak sehat (kurang tidur dan sering mengonsumsi makanan cepat saji).

Jantung koroner

Penyakit kritis jantung koroner menjadi penyumbang 35% kematian di Indonesia. Sumber masalah penyakit ini adalah aliran darah ke jantung yang terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak dalam arteri jantung sendiri dikenal sebagai aterosklerosis.

Selain menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner, aterosklerosis juga memicu penggumpalan darah (trombosis). Bila ini terjadi, aliran darah ke jantung tertutup sepenuhnya dan risiko terkena serangan jantung semakin tinggi.

Kanker

Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit kritis penyebab kematian utama di Indonesia. Penyakit ini terjadi karena sel jaringan tubuh yang tumbuh tidak normal dan terus membelah diri dengan cepat dan tidak terkendali.

Jenis kanker yang sering ditemui adalah kanker paru-paru, usus besar hingga payudara. Penyebabnya biasanya dipengaruhi oleh lima faktor yakni kelebihan berat badan, asupan sayur dan buah yang kurang, kurang olahraga hingga konsumsi rokok dan alkohol yang berlebihan.

Diabetes mellitus

Diabetes mellitus disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, salah satunya adalahkonsumsi makanan yang tidak sehat . Selain itu, kurangnya aktivitas fisik dipercaya juga dapat menjadi pemicu utama terjadinya diabetes mellitus.

Meskipun demikian, faktor genetik juga menentukan risiko terjadinya diabetes mellitus pada seseorang. Orang dengan riwayat keluarga yang mengalami diabetesakan lebih mungkin mengalami diabetes di usia muda.

Mengalami diabetes mellitus sejak usia muda akan meningkatkan risiko untuk terkena komplikasi dari diabetes. Semakin lama seseorang mengalami diabetes dan tidak diobati dengan baik, maka dia akan lebih berisiko mengalami berbagai komplikasi tersebut.

Mengingat berbagai risiko yang mengancam, seseorang perlu memiliki perlindungan jika suatu saat terkena salah satu dari risiko tersebut. Langkah konkret yang dapat ditempuh salah satunya adalah menggunakan perlindungan penyakit kritis, seperti yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa unit link.

Asuransi jiwa unit link merupakan paket lengkap yang akan memberikan manfaat perlindungan dan investasi sekaligus. Yang menarik, asuransi jiwa unit link juga memiliki rider (manfaat tambahan) berupa perlindungan terhadap penyakit kritis.

Perlindungan terhadap penyakit kritis yang diperoleh dari asuransi jiwa unit link akan membebaskanmu dari beban biaya berobat. Kita tidak dapat menutup mata bahwa kenaikan biaya kesehatan per tahun tidak sebanding dengan kenaikan gaji. Dengan asuransi jiwa unit link, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya berobat dan terapi.

Tidak berhenti sampai di situ, asuransi jiwa unit link juga memberikan manfaat tambahan berupa santunan terhadap keluarga jika kamu kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah akibat penyakit tersebut. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang dan tanpa beban menjalani pengobatan karena kebutuhan biaya kesehatan dan keluarga dipenuhi oleh asuransi jiwa unit link yang kamu miliki.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

18 Maret 2020 13:10:16

Ayo Deteksi Dini Kanker agar Lebih Mudah Diobati

Penyakit kanker bisa disembuhkan asal sudah diketahui sejak awal. Deteksi dini menjadi cara efektif mengetahui serangan kanker sejak stadium awal. Yuk, cermati langkah-langkah deteksi dini berikut ini.

04 Juni 2018 15:13:32

Perlindungan Fleksibel Asuransi Kesehatan

21 Oktober 2019 12:39:07

Begini Pertimbangan Bijak Sebelum Membeli Asuransi untuk Bayi