5 Cara Hemat Siasati Bujet Belanja Bulanan

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 21 Februari 2020 16:00:05 UNDUH BACA NANTI

Banyak orang akan bete bila harus memikirkan bujet belanja bulanan mereka. Padahal, memikirkan bujet itu penting lho. Mau tahu cara hemat siasati belanja bulanan?

Setiap berganti bulan, pertimbangan yang matang diperlukan saat pundi-pundi uang kamu terisi kembali setelah mendapatkan gaji. Yesbudgeting is important

Akui saja deh, sudah berapa kali setiap akhir bulan kamu berjanji akan berhemat, tapi ujung-ujungnya setiap tanggal tua tiba, kamu akan melihat-lihat isi dompet untuk menghitung uang receh.

Bila tak ingin kejadian ini terulang kembali di setiap akhir bulan, mulai sekarang jangan lagi terburu bad mood saat membaca kata hemat dan bujet. Dua magic words ini justru akan jadi penyelamatmu. Memang sulit untuk mengatur keuangan dan menahan semua keinginan. Tapi bukan mustahil, lho!

Setiap akhir bulan, saat sampai rumah dan kamu sudah bersantai sebaiknya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat bujet bulanan. Jadi, kamu bisa segera membagikan pengeluaran dan simpanan sesuai dengan budget yang sudah dibuat sendiri sebelumnya. 

Masih belum tahu bagaimana cara hemat untuk membuat bujet belanja bulananmu? Agar keuanganmu mulai bulan depan bisa lebih stabil, yuk coba lima cara siasati bujet belanja bulanan berikut ini!

 

Baca juga: 6 Langkah Mencegah Stres di Tengah Kesibukan Kerja

 

Bikin Bujet Sebulan, Tapi Pecah Menjadi Rencana Mingguan

Pasti kamu mau bertanya: Kenapa harus dipecah lagi? Coba deh bayangkan, kalau bujet sebulan terus ada di dompet atau rekening, pastinya kamu akan berpikir uang masih banyak. Lalu, tanpa sadar kamu terus berpikir masih bisa belanja ini itu. 

Nah, dengan cara memecah bujet ke dalam rencana mingguan, kamu bisa memisahkan uangnya. Dan hanya ambil seminggu sekali. Alhasil, uang yang kamu pegang hanya uang sejumlah pengeluaranmu selama seminggu ke depan. 

Coba Meal Prepping dan Kurangi Makan di Luar

Selain belanja, pengeluaran yang paling besar itu biasanya untuk makan. Apalagi, kalau kamu punya kebiasaan untuk jajan dan sering sekali makan di luar. Tanpa disadari banyak orang, kebiasaan jajan atau makan di luar ini memang paling bikin kantong jebol. Satu atau dua kali bisa jadi tidak terasa, tapi kalau dihitung-hitung pengeluaran secara total di akhir bulan, uangmu malah habis hanya karena kebiasaan ini. Yuk, mulai bawa makanan sendiri, dan kurangi makan di luar!

 

Baca juga: Klaim Asuransi Ditolak? Periksa Dulu, Jangan-jangan Ini Penyebabnya

 

Simpan Makanan dengan Baik

Cara berhemat ketiga adalah di pos pengeluaran bulan ini, coba deh beli food storage containers. Buat apa sih? Sering kali kita masak di rumah dalam jumlah yang banyak, atau bisa juga kita makan di luar tapi masih ada makanan yang tersisa. Dengan food storage containers ini kamu bisa menyimpan makanan tadi dengan baik di kulkas. Jadi bisa lebih tahan lama dan bisa membantumu berhemat.

Belanja Saat Sale, Tapi Jangan Berlebih

Kata “Sale” itu memang bisa jadi biang keladi kamu sampai akhirnya kalap belanja. Tapi ingat, di lain sisi kamu juga bisa manfaatkan ini untuk berhemat. Belanja barang-barang yang bisa bertahan lama dan ada dalam kebutuhan bulananmu.

Selalu Buat Perbandingan dan Simpan Semua Setruk Belanja

Mulai sekarang, biasakan untuk jangan terburu-buru dalam membeli apa pun. Bersantai saja dan gunakan waktumu untuk mengecek dahulu barang yang kamu inginkan di tempat lain. Kamu tidak akan tahu kalau ternyata di tempat lain harganya bisa lebih murah, karena sedang promo. Oh ya, biasakan untuk menyimpan semua setruk belanja ya. Kebiasaan ini akan memudahkan kamu untuk melihat semua pengeluaran.

Cara berhemat di atas tidak sulit dilakukan, bukan? Tetap semangat ya untuk berhemat semua belanjaan bulanan kamu.

 

Baca juga: 6 Cara Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

29 Agustus 2019 10:24:42

3 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengatur Keuangan untuk Biaya Lifestyle Bulanan

Selama ini, mana prioritas bulananmu: Lifestyle dahulu atau mengatur keuangan baru gaya hidup mengikuti?

06 November 2019 11:48:20

5 Cara Hemat Siasati Bujet Belanja Bulanan