4 Cara Mengontrol Budget Belanja untuk Diskon Akhir Tahun

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 26 Maret 2020 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Diskon akhir tahun memang menggiurkan. Diskon besar, harga-harga jadi lebih murah. Lalu, bagaimana caramu mengontrol bujet belanja untuk diskon akhir tahun?

Saat kamu berbelanja di musim ini, iklan-iklan dan promosi dari berbagai merek bisa jadi akan membuat kamu percaya bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk berbelanja. Menggiurkan memang. 

Apalagi di dalam toko itu, ada banyak pilihan barang yang selama ini sudah kamu incar. Ditambah ada diskon besar, yang bikin harga-harga jadi lebih murah.

Ya kemungkinan itu bisa saja benar. Diskon besar yang kamu lihat, akan membuat siapa pun akan tertarik berbelanja. 

Di musim menjelang liburan akhir tahun, biasanya para penjual akan mengandalkan diskon besar untuk produk-produk tertentu yang mereka pasarkan. Cara ini dilakukan agar menarik pembeli dan penjual meraup untung.

Kalau tidak berhati-hati dan belanja tanpa rencana, bisa jadi akhirnya kamu yang impulsif berbelanja dan saat liburan malah kehabisan uang.

So, nanti saat berbelanja ikuti tip ini agar kamu tidak berlebihan dalam belanja dan bisa mengontrol bujet belanja.

 

Baca juga: Inilah Pengganti Gula yang Aman bagi Penderita Diabetes

 

1. Do Your Research!

Cari tahu kapan waktu terbaik untuk berbelanja dan lokasi toko mana saja yang memang sedang menggelar sale. Proses hunting ini akan berguna sekali untuk keuanganmu. Kalau kamu punya informasi ini, kamu jadi bisa tetap dapat barang yang diinginkan sekaligus membelinya dengan harga yang lebih murah dibanding harga awal. 

Kalau informasi sudah di tangan, kini saatnya kamu mulai buat siasat. Pertama, tentunya putuskan berapa bujet untuk berbelanja. Kedua, buatlah daftar barang yang dibutuhkan. Ketiga, ikuti rencana itu. Jangan sampai kamu “lapar mata” dan malah tidak bijak berbelanja.

2. Cari Berbagai Kupon dan Kode Promo

Strategi satu ini juga bisa kamu andalkan untuk mengontrol bujet belanja untuk diskon akhir tahun. Kumpulkan dahulu semua kupon belanja dan kode promo yang bisa kamu pakai sesuai dengan daftar belanjaan. Ingat ya, jangan lupa baca seluruh syarat dan ketentuan yang tertera. Jangan sampai kamu salah karena terlewat membaca syarat dan ketentuan yang sebenarnya.

 

Baca juga: 5 Cara Hemat Siasati Budget Belanja Bulanan

 

3. Belanja Online

Bayangkan kalau kamu datangi toko satu per satu, kamu akan mengeluarkan biaya transportasi, kalau bawa kendaraan akan kena biaya bahan bakar, uang parkir, hingga makan. Kalau belanja online semua pengeluaran itu bisa kamu simpan. Bahkan, biasanya ada promosi bebas biaya ongkos kirim saat berbelanja online.

Sambil santai di rumah, kamu bisa browsing lewat smartphone atau dari laptop, cek dahulu berbagai barang yang kamu incar. 

4. Selektif dan Tahan Segala Godaan

Setiap kali kamu sudah menandai barang belanjaan, coret dari daftar belanja, dan jangan melihat-lihat lagi atau bahkan menambahkan barang baru. Jangan khawatir bila di satu tempat habis, siapa tahu di toko online lain bisa kamu dapatkan. Kamu tidak pernah tahu kan siapa tahu saja di toko lain kamu bisa dapat diskon lebih besar dengan harga lebih murah.

Kalau bisa dapat harga yang murah, untuk apa harus bayar mahal bukan? Kalau kamu berhasil mengontrol bujet belanja, kamu akan menghabiskan jumlah uang yang sama sesuai rencana dan bisa jadi kamu akan dapat lebih banyak item. Happy shopping and enjoy your holiday!

 

Baca juga: Meski Sibuk Kerja, Lakukan Cara Ini agar Kolesterol Tak Naik

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

24 September 2019 12:59:25

Yuk, Mengenal Profesi Perencana Keuangan yang Tengah Hits!

Profesi financial planner atau perencana keuangan semakin populer saat ini. Penasaran siapa mereka dan seperti apa pekerjaannya? Pelajari di sini, yuk!

24 Juli 2019 15:09:35

Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Pentingnya Punya Dana Darurat

13 Agustus 2019 14:26:08

Di Hari Kemerdekaan RI Ini, Kita Juga Harus Merdeka dari Beban Finansial