Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Bagaimana Merawat Kulit Wajah Setelah Memakai Masker Seharian?

23 November 2020 | Allianz Indonesia
Agar kulit tetap kuat dan sehat saat memakai masker, yuk cari tahu perawatan yang harus kamu lakukan!

Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah memengaruhi begitu banyak elemen dalam kehidupan kita sehari-hari. Selama pandemi, hingga kini new normal, begitu banyak penyesuaian harus dilakukan. Demi menjalani protokol kesehatan dan sebagai salah satu usaha untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, saat beraktivitas di luar tentunya kamu harus menggunakan masker.

Sayangnya, banyak sekali masalah wajah yang timbul seperti: Ruam akibat gesekan masker wajah yang menggesek kulit, jerawatan, iritasi dan luka pada wajah, hingga pori-pori tersumbat dan penumpukan keringat. Apa kamu juga mengalami masalah wajah yang sama?

Kenapa penggunaan masker ini menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada kulitmu? Masker wajah yang sekarang ini lebih sering kamu gunakan menutupi beberapa area di wajah. Area tertutup ini meningkatkan jumlah kelembapan di sekitar kulit wajahmu.

Kelembapan berlebih ini tidak menjadi masalah jika kamu mengenakan masker untuk waktu yang singkat, seperti saat berbelanja atau keluar hanya untuk mengambil pesanan makanan online di depan rumah. Namun, saat memakai masker selama berjam-jam, kelembapan berlebih dapat menyebabkan jerawat dan iritasi kulit pada batang hidung, dagu, atau pipi.

Terlebih jika kamu memiliki riwayat jerawat, rosacea, dermatitis perioral, eksim, atau dermatitis kontak alergi, Kondisi kesehatan wajahmu akan semakin “rewel” diperburuk dengan pemakaian masker wajah yang berkepanjangan. Bahkan, beberapa orang dapat mengalami iritasi atau lecet di belakang telinga karena karet gelang masker.

Lalu, bagaimana cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah? Yuk, cari tahu bersama perawatan apa saja yang harus kamu lakukan agar kulit tetap sehat setelah seharian memakai masker!

 

Baca juga: Inilah Dampak Buruk Merokok bagi Kesehatan

 

1. Memilih Masker yang Tepat

Jenis masker dari bahan apa yang selama ini kamu pakai? Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat membeli masker adalah jenis dan bahan dasarnya. Selain itu, perhatikan juga ukuran masker yang sebisa mungkin membuatmu merasa nyaman dan tidak terlepas dari hidung dan tetap menempel di dagu saat kamu berbicara. Lalu, perhatikan juga elastisitas tali pengait masker, agar kamu bisa menyesuaikannya dengan lebih nyaman dan mengurangi iritasi di belakang telinga.

Coba pilih masker wajah yang terbuat dari bahan alami seperti katun. Bahan ini akan terasa lebih bernapas di kulit, sementara kain sintetis menahan lebih banyak panas dan kelembapan serta membuat kulit terasa sesak. Bila memang di tempat kerja atau biasanya kamu menggunakan masker N95, yang digunakan oleh petugas-petugas kesehatan, sebaiknya secara berkala melepas masker selama lima menit setiap dua hingga tiga jam.

Sebab masker N95 ini menyebabkan tekanan pada jaringan kulit karena ukurannya yang ketat. Kamu sudah lihat kan banyak video atau foto dari para petugas kesehatan yang mengalami ruam di kulit mereka setelah berjam-jam menggunakan masker N95? Ingat ya, usahakan kamu mengistirahatkan wajah dan melepas masker di tempat yang aman dan jauh dari orang lain.

2. Cuci Masker Secara Teratur

Tip berikutnya adalah penting untuk mengganti maskermu setelah pemakaian dan rutin mencuci masker terutama yang terbuat dari kain. Dalam hal kesehatan kulit wajahmu, selama pemakaian, masker akan menyerap minyak alami kulit serta menumpuk bakteri yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit.

Maka, akan lebih baik kalau kamu memiliki lebih dari satu masker, sebagai cadangan saat satu masker kotor dan dicuci kamu bisa memakai masker cadangan tersebut. Oh ya, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih deterjen, karena masker bersentuhan langsung dengan kulit. Jadi, sebaiknya kamu menggunakan detergen yang tidak mengandung pewangi dan pewarna untuk menghindari kemungkinan alergi kulit.

 

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatasi Atasan yang Suka Menuntut Saat WFH

 

3. Aplikasikan Serum Sebelum Menggunakan Masker untuk Melindungi Kulitmu

Salah satu kunci untuk melindungi jaringan pelindung kulitmu selama menggunakan masker adalah aplikasikan serum atau minyak nabati. Pengaplikasian serum ini akan menjadi penghalang yang efektif untuk kulit dari serangan minyak berlebih.

Jadi selama kamu menggunakan masker, penghalang minyak dapat melindungi area kulit dari gesekan atau lecet. Serum dengan bahan nabati akan membantu melembapkan wajahmu dan memperkuat pertahanan wajahmu dari minyak berlebih.

4. Tetap Terhidrasi Agar Kulitmu Tidak Cepat Kering

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pertama, pastikan kamu terhidrasi dengan minum air putih. Jangan sampai karena seharian menggunakan masker, kamu menjadi malas membuka setiap kali ingin minum. Terlebih saat siang hari. Kedua, jangan lewatkan untuk mengaplikasikan pelembap saat melakukan proses perawatan kulitmu ya.

Di saat sekarang ini, di mana kamu lebih sering memakai masker dalam jangka waktu yang lama, penggunaan pelembap kulit menjadi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi bila kamu jadi lebih sering mencuci, pelembab ini membantu menjaga kelembapan alami kulitmu tetap utuh. Sekaligus membantumu mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan kotoran.

5. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajahmu juga sama pentingnya dengan membersihkan masker yang kamu gunakan. Dengan teratur membersihkan wajahmu, artinya kamu menghilangkan kotoran alami dan polusi yang mungkin telah menumpuk di bawah masker atau penutup wajah juga kulitmu.

Kebiasaan ini juga akan membantu kamu membersihkan kulit dan menutrisi kulit serta memastikan pemeliharaan dan perbaikan pelindung kulit yang baik. Pastikan ya kamu menggunakan pembersih yang lembut dan keringkan kulit dengan handuk halus secara perlahan.

6. Hindari Exfoliant yang Keras Saat Kulitmu Mengalami Iritasi

Bila kondisi kulitmu saat ini telah mengalami iritasi akibat memakai masker dalam waktu yang lama, sebaiknya hindari exfoliant yang keras. Eksfoliasi atau exfoliation adalah tindakan pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Sebab bila kamu menggunakan scrub keras atau exfoliator kimiawi, ini justru malah dapat memperburuk masalah kerusakan di wajahmu.


Baca juga: Jurus Penting agar Tetap Sehat saat Bekerja Dari Rumah

 

7. Kurangi Penggunaan Makeup yang Tebal

Sebenarnya, untuk pengaplikasian makeup di saat kamu menggunakan masker, banyak orang justru tidak merekomendasikan penggunaan makeup. Sebab ini justru berpotensi menyebabkan lebih banyak masalah dengan jerawat dan iritasi.

Hal terbaik yang harus menjadi fokus kamu saat ini adalah menjaga kulit tetap terhidrasi dan nyaman saat memakai masker. Bila memang kamu benar-benar membutuhkan makeup di momen spesial sebaiknya gunakan makeup yang ringan saja untuk mencegah pori-pori tersumbat.

Di saat pandemi seperti sekarang ini, sangat penting untuk kamu tetap memakai masker selama beraktivitas. Tidak hanya untuk melindungi dirimu saja, namun ini juga untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19.

Bila kamu mulai merasakan berbagai masalah kulit wajahmu kamu bisa segera melakukan berbagai tip perawatan wajah yang telah kami bagikan. Kamu juga bisa langsung segera mengunjungi dokter untuk menanyakan berbagai perawatan dan penggunaan produk yang sesuai untukmu. Stay healthy!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan