Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Bagaimana Cara Membuat Disinfektan di Rumah?

17 April 2020 | Allianz Indonesia
Pandemi virus corona merupakan virus yang dapat menjangkit seluruh kalangan baik anak kecil, remaja hingga lansia. Terdapat berbagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap virus seperti selalu bawa dan gunakan hand sanitizer, menyemprot disinfektan terhadap barang atau benda yang dibawa, selalu membawa tissue sampai dengan menjaga jarak aman 1.5 – 2 meter terhadap orang lain.

Penyebaran virus corona yang semakin meluas, membuat setiap orang membutuhkan obat ataupun penangkal virus, salah satunya adalah disinfektan. Namun, kebutuhan yang semakin meningkat setara dengan harga yang semakin meningkat.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuat disinfektan sendiri yang aman pada masa pandemi ini? Dilansir dari www.kompas.com di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat disinfektan sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan.

 

Baca juga: Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada COVID-19

 

1. Menggunakan bahan pemutih pakaian dan air

Untuk membuat disinfektan yang aman dengan bahan dasar pemutih pakaian dan air perbandingannya adalah 1:100. Pemutih pakaian mengandung 2.5%-5% sodium hipoklorit. Maka dari itu cukup gunakan 1% pemutih pakaian lalu dicampurkan dengan 99% air dingin. 

Dengan mengikuti anjuran tersebut maka disinfektan dapat digunakan untuk menyemprotkan barang atau benda dengan aman.

2. Menggunakan bahan pembersih lantai dan air

Cairan pembersih lantai mengandung bahan aktif yang lebih rendah dibandingkan dengan cairan pemutih pakaian. Meskipun lebih rendah, namun pencampuran di antara kedua bahan tersebut harus tetap sesuai dengan anjuran yaitu, 10 tutup botol cairan pembersih lantai dicampurkan dengan 1 liter air dingin. 

Bagi yang ingin menetralisir bau karbol dapat ditambahkan dengan bahan pewangi alami, seperti air hasil rebusan sereh. 

 

Baca juga: 5 Tips Tetap Happy Ketika Kerja di Rumah di Saat Pandemi COVID-19

 

Sudah tahu kan cara membuat disinfektan yang aman bagi kamu dan keluargamu pada masa pandemi ini. Pastikan menggunakan disinfektan dengan aman yaitu dengan menyemprotkan ke bagian rumah atau benda yang sering disentuh atau berpotensi menjadi media penyebaran virus seperti gagang pintu, permukaan meja, saklar dan sejenisnya.

Untuk alat-alat elektronik seperti ponsel dan tablet, cukup dilap saja untuk mencegah kerusakan pada komponen di dalamnya, Yang perlu diingat adalah, jangan menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh manusia atau peralatan yang digunakan untuk memasak atau makan/minum.

Yuk, selalu mengupayakan yang aman dan terbaik untuk keluargamu agar terhindar dari virus corona. Stay safe!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan