Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

05 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Apakah Anda sudah menyisihkan uang jajan untuk anak Anda? Biaya untuk kebutuhan pribadi Anda? Dan masih banyak biaya lainnya lagi yang harus Anda bayarkan sesaat setelah Anda menerima gaji.

Seringkali kita merasa bahwa pendapatan yang kita miliki tidak dapat mencukupi kebutuhan kita. Rekening Anda akan meningkat drastis tepat di tanggal Anda gajian, tapi sampai kapankah rekening yang jumlahnya besar itu dapat bertahan? Apakah Anda sudah membayar tagihan kartu kredit? Apakah Anda sudah menyisihkan uang jajan untuk anak Anda? Biaya untuk kebutuhan pribadi Anda? Dan masih banyak biaya lainnya lagi yang harus Anda bayarkan sesaat setelah Anda menerima gaji.

Pertanyaannya adalah, sampai kapan kita harus menjalani pengelolaan keuangan yang seperti ini? Sistem keuangan yang sering kita alami ini sebenarnya sangat tidak sehat. Untuk mengatasi hal tersebut, yang kita butuhkan adalah Perencanaan Keuangan atau yang biasa disebut juga dengan Financial Planning.

Perencanaan Keuangan adalah proses dimana seseorang dapat mencapai tujuan keuangannya dengan melakukan evaluasi dari data keuangan yang dimiliki saat ini dengan membuat rencana keuangan yang lebih komprehensif. (investopedia.com) 

Proses Perencanaan Keuangan mencakup penentuan tujuan jangka panjang, analisa & evaluasi keuangan, membuat perencanaan, implementasi dan yang tidak kalah penting yaitu memonitor perencanaan keuangan yang kita buat. Ingat! yang harus Anda garis bawahi adalah, perencanaan tersebut tidak akan maksimal jika ada aspek yang terlewat.

Kapan sebaiknya kita melakukan Perencanaan Keuangan? Perencanaan keuangan harus berlangsung terus menerus seumur hidup. Tujuan finansial akan berubah seiring dengan perubahan usia dan tahapan kehidupan kita, misalnya ketika kita single, menikah, memiliki anak, dan pensiun. Perencanaan Keuangan juga tidak hanya Anda butuhkan pada saat perencanaan Asuransi atau perencanaan Investasi saja, tetapi juga dibutuhkan dalam berbagai perencanaan yaitu pengelolaan arus kas,rencana warisan, rencana pajak dan rencana pensiun.

Jika Anda melakukan Perencanaan Keuangan yang matang,dengan  membuat rencana yang terkoordinasi dan dapat memaksimalkan berbagai instrumen finansial maka hal itu dapat memberikan ketenangan bagi Anda, serta mendekatkan anda dengan tujuan keuangan yang telah dibuat. , . Jika ditelusuri, Perencanaan Keuangan bukanlah hal yang sulit. Siapapun dapat melakukannya, yang diperlukan hanya pengetahuan dan kedisiplinan.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan