Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

5 Tips Tetap Happy Ketika Kerja di Rumah di Saat Pandemi COVID-19

15 April 2020 | Allianz Indonesia
Pandemi COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah pusat dan daerah memberikan imbauan buat kamu untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Pandemi COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah pusat dan daerah memberikan imbauan buat kamu untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Bagi sebagian orang, kondisi pembatasan sosial atau social distancing dan kini dilanjutkan dengan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dapat membuat periode tinggal dirumah lebih lama. Tapi jangan khawatir, berikut tips supaya kamu tetap happy menjalani hari-hari di rumah.

 

Baca juga: Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Melindungi Diri dari Virus Corona?

 

1. Stok Barang

Lebih baik kamu menyetok barang yang penting-penting aja, seperti masker, hand sanitizer, obat-obatan, cleaning supplies, dan bahan makanan.

Namun gak perlu melakukan panic buying yang berujung menjadi sia-sia dan menyebabkan orang lain kesulitan. Kamu bisa mempersiapkan kebutuhan pokok dan keperluan penting lainnya untuk 2-4 minggu kedepan.

Strategi ini sudah cukup untuk mengantisipasi keadaan darurat, dan untuk mengerem laju lonjakan pengeluaran supaya tidak overbudget atau menggangu keperluan lainnya.

Kamu juga harus memilih bahan makanan yang tahan lama seperti canned foods, beras, pasta, dan baking supplies. Tapi jangan lupakan juga fresh food seperti daging dan ikan, agar asupan gizi dan protein terjaga. Selaini itu kamu juga bisa membeli buah dan sayur tetapi namun dalam jumlah secukupnya, karena cepat layu dan busuk.

 

Baca Juga: 7 Bahan Makanan yang Wajib Stok saat Karantina di Rumah karena Virus Corona


 

2. Kesehatan fisik dan mental

Untuk meningkatkan imunitas, mulailah olahraga ringan seperti senam setiap pagi di rumah sebelum beraktivitas. Banyak banget channel tentang workout di Youtube yang bisa kamu coba.

Kesehatan mental jangan lupa untuk terus dijaga. Gunakan gadget untuk berkomunikasi dengan teman, saudara atau kerabat. Namun kurangi pemakaiannya untuk bermain games, atau social media karena gadget juga rentan menjadi media penyebaran virus dan gangguan kesehatan mata.

Semakin banyak upaya yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, saudara atau teman dekat maka semakin besar peluang untuk menghindari perasaan terisolasi.

Kalau kamu tinggal sendirian, tetap update dengan telponan atau video call dengan kerabat setidaknya satu kali sehari.

3. Entertainment

Manjakan diri kamu dengan berbagai aktivitas menghibur di sela waktu yang luang. Contoh kegiatannya seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, dan mengakses konten positif di media sosial.

Di saat seperti ini koneksi internet jadi teman terbaik. Kamu bisa streaming film-film series dan juga mendengarkan podcast di berbagai platform penyedia konten yang resmi.

Kalo udah selesai nonton, langsung kombinasikan dengan aktivitas offline. Seperti baca buku, main board games, atau mengerjakan hobi yang mungkin sudah lama kamu tinggalkan.

 

Baca juga: 5 Jurus Penting agar Tetap Sehat saat Bekerja dari Rumah


 

4. Produktif dalam belajar atau bekerja dari rumah

Ini memang sulit karena kamu terbiasa dengan rutinitas kerja yang ada. Biarpun belajar atau kerja dari rumah, tetap harus ada waktu khusus yang ditetapkan.

Nah, ketika kamu kerja dari rumah, jangan lupa untuk menjalankan rutinitas harian untuk memastikan bahwa kamu tetap produktif.

Tetaplah berpakaian layaknya orang bekerja. Hindari mengenakan baju tidur dan melewatkan rutinitas mandi ketika bekerja atau belajar dari rumah.

Siapkan juga ruangan bekerja yang jauh dari gangguan. Daripada berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah siapkan ruang kerja sederhana, seperti memindahkan meja ke sudut yang jauh dari gangguan serta jangan lupa menyiapkan kursi agar duduk tetap tegak.

5. Istirahat cukup

Jaga kesehatan juga kebugaran tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan luangkan waktu istirahat yang cukup.

Meskipun bekerja di rumah, kamu tetap membutuhkan istirahat dan menjaga asupan makanan.

Istirahat yang cukup ini ialah tidur pada malam hari idealnya selama 8 jam. Jika orang tidur pada pukul 21.00 maka idealnya harus bangun pada pukul 05.00 pagi.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan