Waspada Modus Penipuan Online yang Menggunakan Nama “Allianz Indonesia” atau Pihak Lainnya

Allianz Indonesia mengimbau nasabah, mitra bisnis, dan karyawan Allianz, serta masyarakat untuk waspada terhadap segala modus penipuan online yang menggunakan nama “Allianz Indonesia” atau pihak lainnnya yang mengaku bekerja sama dengan Allianz. 

27 September 2023 | Allianz Indonesia

Allianz Indonesia mengimbau seluruh pemangku kepentingan, termasuk di dalamnya nasabah, mitra bisnis, dan karyawan Allianz, serta masyarakat untuk waspada terhadap segala modus penipuan online dengan format aplikasi .Apk atau .Pdf yang dikirimkan melalui aplikasi pesan Whatsapp (WA) dan lainnya yang menggunakan nama “Allianz“, “PT Asuransi Allianz Life Indonesia” atau “PT Asuransi Allianz Utama Indonesia” atau “PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia” (“Allianz Indonesia”) maupun nama pihak lain yang mengaku bekerja sama dengan Allianz. 

Modus penipuan online yang marak terjadi berupa informasi pengiriman paket atau lainnya yang bisa mengakibatkan pencurian data pribadi dari smartphone, hingga kerugian finansial. Untuk menghindari modus tersebut, terdapat 3 hal penting yang patut diperhatikan:

  1. Jangan klik file dengan format .Apk atau .Pdf dari orang yang tidak dikenal melalui pesan Whatsapp (WA). Jangan diteruskan ke pihak lain dan pesan langsung dihapus. 
  2. Jangan memberikan izin akses terhadap aplikasi yang tidak bersumber dari Google Play Store atau App Store atau sumber terpercaya lainnya.
  3. Jangan lupa untuk selalu menjaga data pribadi dengan fitur keamanan, seperti: mengganti kata sandi (password) secara berkala; hindari penggunaan Wi-Fi yang terbuka untuk umum atau tanpa kata sandi; dan aktikan Two Factor Authentication (2FA) yang merupakan metode keamanan yang membutuhkan dua langkah identifikasi atau verifikasi guna melindungi informasi diri. 

Apabila Anda menemukan kejanggalan saat menerima pesan singkat melalui Whatsapp atau aplikasi pesan singkat lainnya, segera periksa kebenaran informasi tersebut kepada Allianz Indonesia. 

Seluruh informasi terkait Allianz Indonesia dapat dilihat pada laman resmi perusahaan (www.allianz.co.id) dan/atau akun resmi media sosial Allianz Indonesia yaitu, Instagram: @allianzindonesia, Facebook: @Allianz Indonesia, Twitter: @AllianzID, Linkedin: @Allianz Indonesia, serta dapat menghubungi layanan AllianzCare di 1500136 atau AllianzCare Syariah di 1500139 atau melalui e-mail contactus@allianz.co.id.

Kamu juga bisa membaca informasi nya di sini:

  1.