Diresmikan oleh Wapres, Allianz Syariah Hadirkan Prinsip Kebaikan yang Menguatkan

Allianz Indonesia secara resmi meluncurkan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan jiwa syariah, yang telah beroperasi penuh sejak 1 November 2023.

24 November 2023 | Allianz Indonesia

Allianz Indonesia secara resmi meluncurkan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan jiwa syariah, yang telah beroperasi penuh sejak 1 November 2023. Hal ini merupakan bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk menyediakan layanan asuransi kelas dunia yang modern bagi masyarakat, sekaligus mendukung penerapan nilai-nilai kebaikan syariah dan perkembangan industri keuangan syariah Indonesia, serta membawa prinsip “Kebaikan yang Menguatkan”.

Peluncuran PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin; Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan dan Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian Penjaminan, dan Dana Pensiun, Ogi Prastomiyono; Duta Besar Jerman untuk Indonesia, H.E. Ms. Ina Lepel; Direktur Utama Allianz Life Syariah, Achmad K. Permana; dan Regional Chief Executive Officer Allianz Asia Pacific, Anusha Thavarajah.

Pengalaman Allianz Indonesia sendiri dalam menyediakan perlindungan asuransi syariah telah dimulai sejak tahun 2006, sehingga nilai-nilai kebaikan sesuai prinsip syariah bukanlah suatu hal yang baru bagi perusahaan. Setelah 17 tahun mengembangkan unit usaha syariah, diresmikannya Allianz Syariah sebagai perusahaan yang berdiri sendiri dengan keyakinan bahwa perusahaan dapat terus berkembang, lebih fokus, dan lebih independen.

Per kuartal III tahun 2023, Allianz Syariah mencatatkan pertumbuhan yang kuat untuk Annualized Premium Equivalent (APE)  sebesar 47%, dengan pangsa pasar sebesar 22,8%. Berkat dukungan dua kanal distribusi utama, yaitu Keagenan dan Bancassurance, untuk pertama kalinya secara APE, Allianz Syariah menempati peringkat pertama asuransi syariah di Indonesia. Pada periode yang sama Allianz Syariah telah mendistribusikan total santunan asuransi (klaim) dan pembayaran manfaat sebesar Rp890 miliar, dimana 61% dari jumlah tersebut merupakan santunan asuransi atau klaim, sebagai perwujudan dari prinsip tolong-menolong antar peserta asuransi syariah. Lebih dari 120.000 peserta individu dan 9 juta pihak yang diasuransikan mempercayakan Allianz Syariah untuk perlindungan jiwa dan kesehatannya.

Sebagai bentuk nyata komitmen Allianz Life Syariah Indonesia untuk mengasuransikan lebih banyak masyarakat Indonesia, dalam kesempatan ini Allianz Life Syariah Indonesia juga mencanangkan gerakan untuk mengasuransikan 10.000 orang secara cuma-cuma. Dengan adanya program ini, selain mendapatkan perlindungan, Allianz berharap masyarakat juga dapat mengenal konsep asuransi secara langsung dengan berpartisipasi sebagai peserta asuransi syariah

Melangkah ke depan, Allianz Syariah pun berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah, melalui perlindungan yang inklusif dan inovatif dengan solusi dan layanan asuransi berbasis syariah di Indonesia.

  1.