Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Tingkatkan Literasi Asuransi di Kalangan Millenials, Allianz Indonesia Gelar "Allianz Master Class" Bagi Mahasiswa

Allianz Indonesia kembali menghadirkan program Allianz Master Class Batch 2 yang merupakan sebuah program pengembangan bakat bagi kalangan milenial Indonesia agar mampu berinovasi dan memberikan solusi dalam meningkatkan industri asuransi di Indonesia yang diselenggarakan secara virtual dan dilaksanakan secara bersamaan di tiga lokasi yakni, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta pada tanggal 16–20 November 2020. 
20 November 2020 | Allianz Indonesia

Tahun ini, menjadi kali kedua Allianz Indonesia menyelenggarakan program Allianz Master Class yang merupakan sebuah program pengembangan bakat yang dikemas dalam bentuk kompetisi bagi kalangan milenial untuk menciptakan inovasi dan solusi dalam meningkatkan literasi asuransi di generasi muda dan memajukan industri asuransi di Indonesia.

Berdasarkan data yang diperoleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) tahun 2019, hanya sekitar 1.4% masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi. Rendahnya angka penetrasi asuransi ini dinilai karena ketidaklengkapan informasi yang diperoleh masyarakat terkait dengan asuransi, mulai dari jenis-jenis asuransi, manfaat penggunaan asuransi seperti untuk investasi, membantu meminimalisir kerugian ataupun memberikan proteksi dan lain sebagainya. Untuk itu, melalui program ini, Allianz Indonesia berkomitmen mengedukasi masyarakat, khususnya generasi milenial Indonesia terkait dengan industri asuransi serta mempersiapkan keahlian yang dierplukan para peserta ketika memasuki dunia kerja di masa yang akan datang. [Ma1]

Allianz Indonesia memilih 25 mahasiswa terbaik yang telah melalui tahap seleksi sebelumnya diantara lebih dari 1.500 pendaftar program Allianz Master Class Batch 2. Peserta dalam program ini tersebar di tiga lokasi berbeda yakni, 15 mahasiswa dari Jakarta, 5 mahasiswa dari Bandung serta 5 mahasiswa dari Yogyakarta.

Pelaksanaan Allianz Master Class 2020 terbagi menjadi tiga sesi yang dimulai pada tanggal 6 November di mana peserta diharuskan mengikuti online gathering yang betujuan untuk memahami informasi mengenai Allianz Master Class. Kemudian, pada tanggal 12 November, peserta hadir dalam offline gathering yang diadakan di wilayah masing-masing serta dihadiri secara virtual oleh Joos Louwerier, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia. Selanjutnya, pada tanggal 16 – 20 November, sesi pembekalan materi diselenggarakan dan diawali dengan pengenalan Allianz Indonesia di antaranya mengenai produk-produk yang dimiliki oleh Allianz, baik asuransi jiwa, umum maupun kesehatan, serta informasi seputar Allianz Life Changer. Selain itu, para peserta juga diberikan informasi dan gambaran terkait dengan social media campaign, investment for millennial, career insight, dan lainnya [Ma2] yang disampaikan oleh para speakers dari Allianz Indonesia. Untuk meningkatkan semangat para peserta, Allianz juga menghadirkan Ricky Setiawan, Co-Founder Impact Factory yang menyampaikan motivasi-motivasi dalam meraih cita-cita dan harapan untuk masa depan. Di samping itu, para peserta juga berkesempatan berbincang langsung secara virtual dengan Peter van Zyl, President Director Allianz Utama Indonesia dan Cindy Cui, Chief Financial Officer Allianz Indonesia terkait dengan industri asuransi maupun tentang professional skill.

Pada sesi terakhir, para peserta yang tergabung menjadi satu kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 anggota ditugaskan untuk mempresentasikan ide dan inovasi mereka dalam mengembangkan penetrasi industri asuransi di masyarakat, khususnya kalangan milenial. Dalam sesi presentasi kelompok ini, turut hadir perwakilan manajemen Allianz Indonesia sebagai panelis juri, seperti Adrianus Darmawan, Alessandro Martirani, Cindy Cui, Karin Zulkarnaen, Kristina Soenarto, Ni Made Daryanti dan Patrecia Yuriske. Creativity, systematic, reliability, presentation skil dan problem solving menjadi lima kriteria dalam penilaian presentasi berkelompok ini. 
Melalui program Allianz Master Class, Allianz Indonesia berharap mampu meningkatkan literasi asuransi di Indonesia dan kesadaran masyarakat, khususnya kalangan milenial terkait dengan pentingnya memiliki perlindungan asuransi sebagai proteksi diri dan keluarga di masa depan, serta mampu membangun professional life & skill bagi kalangan milenial Indonesia. 
Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.