Imbauan Asuransi Perjalanan Terkait Pandemi COVID-19

Pada tanggal 7 Januari 2020, pemerintah Tiongkok mengidentifikasi wabah Novel Coronavirus (COVID-19) tipe baru di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, yang telah menimbulkan korban jiwa. Sejak wabah COVID-19 tersebut teridentifikasi, pemerintah Tiongkok telah menutup semua penerbangan ke luar serta transportasi publik dari Kota Wuhan. Di samping itu, pemerintah juga mengkarantina kota-kota lain di Provinsi Hubei dan menghentikan layanan transportasi publik di kota-kota tersebut.
14 Maret 2020 | Allianz Indonesia

Pada 30 Januari 2020, World Health Organization (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Pada 11 Maret 2020, WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, merujuk ke lebih dari 118.000 kasus penyakit COVID-19 di lebih dari 110 negara dan wilayah di seluruh dunia dan risiko berkelanjutan dari penyebaran global lebih lanjut.

Kami mengimbau bagi siapa pun yang melakukan perjalanan untuk selalu waspada dan terus memantau media lokal serta layanan darurat, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Luar Negeri, serta situs-situs web terkait. Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan larangan perjalanan resmi untuk warga negara yang hendak mengunjungi Provinsi Hubei, Tiongkok. Selain larangan perjalanan, pemerintah Indonesia juga mengeluarkan imbauan perjalanan bagi mereka yang hendak mengunjungi wilayah lain di Tiongkok, serta mengumumkan pembatasan perjalanan untuk orang-orang dengan sejarah perjalanan dari wilayah yang terdampak COVID-19 yaitu Iran, Korea Selatan, dan Italia di tengah lonjakan signifikan kasus COVID-19 secara global. Jika saat ini Anda sedang melakukan perjalanan:

Sebagai penyedia layanan bantuan dan asuransi, merupakan prioritas kami untuk selalu melakukan upaya terbaik demi membantu nasabah kami.

Harap dahulukan keselamatan Anda dan patuhi anjuran dari pemerintah setempat.

Jika Anda terjangkit COVID-19 yang berasal dari Hubei, Tiongkok dan memerlukan bantuan medis, harap hubungi tim Bantuan Darurat kami di +65 6535 5833 atau pusat panggilan kami di Allianz Care 1500136.

Jika agenda perjalanan Anda terdampak oleh kejadian ini, kami menganjurkan Anda untuk segera menghubungi agen atau penyedia perjalanan demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Beberapa penyedia perjalanan mungkin memiliki opsi bebas penalti untuk mengubah agenda perjalanan Anda.

Jika Anda telah melakukan pemesanan perjalanan dan agenda tersebut terdampak oleh kejadian ini, dan Anda memiliki Polis asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan atas penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, dan perubahan agenda perjalanan, Anda dapat mengajukan klaim atas biaya perjalanan dan akomodasi tambahan yang Anda keluarkan. Pastikan Anda menyimpan semua tanda terima dan bukti pembelian untuk dilampirkan ketika mengajukan klaim.

Pelajari polis untuk mengetahui syarat, ketentuan, batasan, dan pengecualian yang berlaku.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai manfaat polis Anda, silakan hubungi Pusat Panggilan Allianz Care kami di 1500136.

Selalu ikuti informasi terbaru dari penyedia perjalanan Anda dengan mengunjungi situs web mereka.

Selalu pantau media dan sumber-sumber lain untuk mengetahui risiko keamanan baru yang mungkin timbul.

 

Jika Anda belum melakukan perjalanan:

Jika Anda telah melakukan pemesanan perjalanan dan agenda perjalanan tersebut dibatalkan, ditunda, atau dijadwalkan ulang sebagai dampak dari merebaknya COVID-19, dan Anda memiliki polis asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan atas penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, dan perubahan agenda perjalanan, Anda dapat mengajukan klaim atas pembatalan atau perubahan agenda perjalanan Anda (mana saja yang biayanya lebih rendah). Pelajari Polis untuk mengetahui syarat, ketentuan, batasan, dan pengecualian yang berlaku.

Kami menganjurkan Anda untuk menghubungi agen atau penyedia perjalanan Anda demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Beberapa penyedia perjalanan mungkin memiliki opsi bebas penalti untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi penyedia perjalanan Anda. Hubungi Pusat Panggilan Allianz Care di 1500136 untuk informasi lebih lanjut seputar hak-hak polis Anda.

 

Pertanggungan polis Asuransi Perjalanan Allianz (Single Trip)

Jika Anda membuat polis asuransi setelah tanggal 16 Maret 2020, kami menganggap Anda telah mengetahui kondisi yang ada dan bahwa ini dianggap sebagai kondisi yang telah diketahui oleh publik merujuk pada Awareness of Circumstances dalam Pengecualian Umum. Kondisi ini berlaku pada polis asuransi perjalanan yang memiliki pengecualian Awareness of Circumstances dalam Pengecualian Umum. Karenanya, untuk kebijakan ini, klaim yang timbul karena COVID-19 (misalnya, penundaan penerbangan atau pembatalan, biaya perawatan medis, dll) tidak akan ditanggung. Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan dengan cermat kondisi ini sebelum membeli asuransi perjalanan.

 

Pertanggungan polis Asuransi Perjalanan Allianz (Annual)

Jika Anda membuat travel arrangement setelah tanggal 16 Maret 2020, kami menganggap Anda telah mengetahui kondisi yang ada dan bahwa ini dianggap sebagai kondisi yang telah diketahui oleh publik merujuk pada Awareness of Circumstances dalam Pengecualian Umum. Kondisi ini berlaku pada polis asuransi perjalanan yang memiliki pengecualian Awareness of Circumstances dalam Pengecualian Umum. Karenanya, untuk kebijakan ini, klaim yang timbul karena COVID-19 (misalnya, penundaan penerbangan atau pembatalan, biaya perawatan medis, dll) tidak akan ditanggung.  Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kondisi ini sebelum membuat travel arrangement berdasarkan kebijakan perjalanan yang ada.

 

Pertanggungan dan manfaat polis bervariasi sesuai keadaan masing-masing individu. Kami menganjurkan siapa saja yang melakukan perjalanan untuk membaca ketentuan Polis asuransi perjalanan guna mengetahui pertanggungan yang diberikan serta batasan dan pengecualian yang berlaku. Pengecualian umum untuk kerugian yang timbul dari epidemi dan/atau pandemi dapat berlaku.

 

Kunjungi situs web dan akun media sosial resmi Allianz Indonesia untuk update resmi perusahaan:

Website: www.allianz.co.id

Facebook: @Allianz Indonesia

Instagram: @allianzindonesia

Twitter: @AllianzID

LinkedIn: @Allianz Indonesia

 

Pusat Layanan AllianzCare:

Medical Hotline dan Layanan Asuransi Umum beroperasi 24 jam

AllianzCare di 1500136; atau AllianzCare Syariah di 1500139

Layanan Asuransi Jiwa dan Kesehatan beroperasi dari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 20.00.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.