Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Allianz Indonesia Ajak Masyarakat untuk Terus Lestarikan Bumi melalui Kegiatan #GuslingDariRumah

Bertepatan dengan Hari Bumi, Allianz Indonesia ingin mengajak masyarakat bersama-sama lebih mencintai bumi agar kelestarian dan kebersihan lingkungan selalu terjaga. Sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi dan sesama, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli melakukan #GuslingDariRumah atau kegiatan pemilahan sampah yang dilakukan dari rumah nasabah masing-masing. 
22 April 2020 | Allianz Indonesia

Bertepatan dengan perayaan 50 Tahun Hari Bumi sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2020, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan program Bank Sampah Gusling, mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai Bumi dan menyadari akan pentingnya menjaga serta merawat bumi agar tetap terjaga kelestariannya.

Kegiatan Bank Sampah Gusling, yang bekerja sama dengan Kelurahan Guntur, setiap bulannya dilakukan di gedung Allianz Tower. Program ini bertujuan untuk membantu mengurangi penumpukan sampah, serta mengedukasi masyarakat sekitar  bahwa sampah memiliki nilai ekonomis dengan memiliki tabungan rekening Bank sampah serta mendukung masyarakat untuk melestarikan bumi dan lingkungan.

Pada program Bank Sampah Gusling, sampah yang disetorkan akan dipilah dan dikonversikan dalam bentuk tabungan yang dapat dicairkan oleh nasabah apabila dibutuhkan. Sebagaian sampah yang telah dipilah juga dimanfaatkan untuk dijadikan barang-barang bernilai ekonomis. Sepanjang tahun 2019, jumlah timbangan sampah yang telah disetorkan oleh nasabah dari kegiatan tersebut adalah sebanyak 3.913 atau sebesar 49% dari total serapan sampah yang diperoleh Bank Sampah Gusling secara keseluruhan sebanyak 7.925,20 kg.

Di awal tahun 2020 ini, dunia dilanda pandemi virus COVID-19 yang telah menyebar ke lebih dari 200 negara, dengan jumlah penyebaran dan kematian yang terus meningkat setiap harinya. Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19, pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan sejumlah kebijakan seperti physical distancing dan kewajiban menggunakan masker apabila harus berkegiatan dari luar rumah. Bersamaan dengan meningkatnya jumlah kasus positif akibat virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada penurunan aktivitas di hampir seluruh sektor bisnis, sehingga perekonomian ikut berjalan lamban.

Salah satu nasabah setia Bank Sampah Gusling, Bapak Koya, adalah seorang pemilik warung sembako sederhana di Kelurahan Guntur yang merasakan dampak dari situasi Pandemi Covid-19. Setiap bulannya Bapak Koya mengumpulkan dan memilah sampah hasil dari warung untuk kemudian disetorkan ke Bank Sampah Gusling. Hasilnya Pak Koya bisa mengambil uang tabungan sebesar Rp1.000.000 setiap tahunnya. Dengan adanya tabungan tersebut Pak Koya memiliki tambahan dana darurat di tengah kondisi saat ini yang membuat pendapatan warungnya menurun. Selain itu, Bapak Koya juga secara tidak langsung berperan dalam membantu bumi untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Di tengah keterbatasan saat ini, komunitas bank sampah Gusling tetap berupaya untuk membuktikan komitmen mereka dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan menjalankan aktivitas pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya serta melakukan daur ulang sampah dari rumah masing-masing, melalui program #GuslingDariRumah. Sampah plastik dan kertas didaur ulang untuk dijadikan barang yang memiliki nilai ekonomis dan dapat digunakan sebagai peralatan rumah tangga.

Dalam rangka peringatan Hari Bumi Sedunia, Allianz Indonesia juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dari rumah masing-masing dengan selalu menerapkan buang sampah pada tempatnya, menggunakan listrik dan air seefisien mungkin, mengurangi sampah plastik dan menggunakan barang reusable, menanam pohon disekitar lingkungan rumah serta memilah sampah sesuai dengan jenisnya.

Selamat Hari Bumi, Sayangi Lingkungan dan Cintai Bumi!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.