Ini Strategi Allianz Indonesia untuk Tingkatkan Kepercayaan Nasabah melalui Layanan dan Pengalaman yang Menyenangkan

Dalam suasana Hari Pelanggan Nasional, Allianz Indonesia senantiasa meningkatkan dan mempertahankan customer experience secara berkelanjutan.

8 September 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 8 September 2023 – Dalam suasana Hari Pelanggan Nasional, Allianz Indonesia senantiasa meningkatkan dan mempertahankan customer experience secara berkelanjutan. Allianz Indonesia juga menerapkan berbagai strategi yang saling terintegrasi untuk memberikan yang terbaik untuk seluruh pemangku kepentingan, melalui CX-DX-EX atau customer experience, distributor experience serta employee experience. Allianz percaya dengan kolaborasi dan keterlibatan yang baik dari berbagai pihak, akan berbanding lurus dengan berbagai pencapaian yang baik dan meningkatnya kepercayaan nasabah.

“Allianz Indonesia menyadari bahwa pengalaman dan pelayanan yang didapatkan nasabah adalah prioritas utama perusahaan. Sebagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia, Allianz mendorong dan mendukung penuh peningkatan kualitas hidup nasabah dan masyarakat, terutama dalam mempersiapkan rencana yang ingin dicapai di masa depan dengan perlindungan asuransi. Hal ini sejalan dengan misi Allianz Indonesia melindungi lebih banyak masyarakat dan keluarga Indonesia.” kata Bianto Surodjo, Business Director Allianz Indonesia.

Selain meningkatkan kualitas pelayanan demi mempertahankan kepuasan para nasabah, Allianz Indonesia selalu aktif memastikan agar setiap perubahan di tengah era yang diterpa dengan digitalisasi ini tidak menjadi sebuah hambatan bagi perusahaan dalam menjawab kebutuhan nasabah yang selalu dinamis. Sebagai perusahaan asuransi yang telah mendapatkan banyak kepercayaan dan dukungan, Allianz Indonesia selalu memberikan solusi yang terbaik bagi nasabah dan membangun kedekatan yang berkesan. Hingga kini, layanan-layanan yang diperuntukkan bagi nasabah tersedia melalui beberapa channel seperti melalui telepon, e-mail, layanan tatap muka (walk-in services), dan media sosial, guna mempermudah akses nasabah dalam memperoleh solusi dan layanan asuransi, serta dapat menjangkau lebih banyak keluarga Indonesia. 

Dukungan positif yang diberikan oleh nasabah Allianz secara masif atas konsistensi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan nasabah lewat pelayanannya, dibuktikan melalui berbagai  penghargaan, seperti Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2023, untuk kategori Call Center Life & Health Insurance (grade kategori “Exceptional” dan CARRE CC-CX Rating “Mostly Happier Customers”), dan kategori Email Center (grade kategori “Exceptional” dan CARRE CC-CX Rating “Mostly Happier Customers”). Award ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas upaya Allianz dalam menciptakan customer experience yang terbaik bagi nasabah dan masyarakat Indonesia, dengan memperhitungkan penelitian atas kinerja contact center (e-mail, Twitter, dan chat), selama satu tahun penuh terhitung dari Januari hingga Desember 2022. 

Selain itu, Allianz Indonesia juga berhasil menoreh kemenangan pada Customer Journey Experience Awards 2023, dengan CJXI Indeks 8,9396. Allianz memperoleh CARRE CJX Rating “Mostly Happier Customers”) dalam kategori Purchase Health & Life Insurance Policy at Authorized Office for Achieving in Creating Positive, Memorable Customer Experience. Penghargaan ini didasari hasil National Customer Journey Index 2023 dan Service Quality Award 2023, dengan SQI (Service Quality Index) 4,2837 (Diamond Total Service Quality Satisfaction Based on Customer Perception Survey SQ Index 2023) dalam kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan. 

Untuk mengapresiasi nasabah, Allianz juga mewujudkan inisiatif melalui rangkaian kegiatan bertajuk “Thank You For Giving The Best”, demi memberikan pengalaman yang terbaik bagi para nasabah Allianz. Allianz Indonesia secara konsisten mewujudkan komitmen perusahaan untuk mengembangkan pelayanan, memenuhi kepuasan, serta meningkatkan keterlibatan para nasabah lewat ragam inovasi kegiatan. Salah satu perwujudan komitmen tersebut adalah program Lucky Draw Kado FantAZtis yang akan berlangsung hingga bulan Oktober mendatang. Dimana nasabah yang melakukan pembelian polis baru dan pembayaran premi lanjutan yang disertai pembelian manfaat tambahan Hospital & Surgical Care Premier Plus, berhak mendapatkan kupon undian untuk memenangkan banyak hadiah menarik, melalui aplikasi Allianz Smart Point.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.