Jelang Hari Asuransi, Allianz Indonesia Tingkatkan Literasi Keuangan dan Asuransi untuk Pelaku UMKM dan Pelajar di Bandung

Dalam rangka menyambut Hari Asuransi pada 18 Oktober, Allianz Indonesia secara konsisten berkontribusi memberikan edukasi dan literasi asuransi ke berbagai lapisan masyarakat.

13 Oktober 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 13 Oktober 2023 – Dalam rangka menyambut Hari Asuransi yang jatuh setiap tanggal 18 Oktober, Allianz Indonesia secara konsisten berkontribusi memberikan edukasi dan literasi asuransi ke berbagai lapisan masyarakat. Tahun ini Allianz Indonesia kembali berpartisipasi dalam rangkaian acara Hari Asuransi 2023 yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Allianz Indonesia hadir memberikan literasi keuangan dan asuransi dalam acara “Literasi Asuransi untuk Negeri”, yang digelar di Hotel Cemerlang Bandung pada tanggal 11 Oktober 2023 dan diikuti oleh sekitar 60 pelaku UMKM yang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya.

“Kami berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan pemahaman masyarakat Indonesia akan literasi keuangan dan asuransi. Dengan melakukan inisiatif-inisiatif berupa edukasi dan literasi, terutama pada momentum Hari Asuransi ini, kami berharap lebih banyak masyarakat dapat memahami dengan baik manfaat perlindungan asuransi, sehingga masyarakat dapat  menerapkan pengelolaan keuangan dan pencapaian tujuan masa depan yang lebih baik lagi,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Dilansir dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, saat ini terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia yang mempekerjakan 114,7 juta orang, atau sekitar 56% dari tenaga kerja di Indonesia . Sementara itu, laporan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, sampai dengan 2022 baru tercatat 9 juta unit usaha yang mendaftarkan diri, dimana Jawa Barat menduduki peringkat teratas dengan 1,49 juta unit usaha . Besarnya jumlah tersebut menandakan bahwa pengetahuan tentang mengelola keuangan, memahami risiko keuangan, dan memiliki perlindungan asuransi, penting bagi pelaku UMKM di wilayah Jawa Barat, karena risiko kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Diharapkan literasi mengenai pengolaan keuangan dan manfaat asuransi, dapat menunjang pengelolaan keuangan keluarga dan pengembangan bisnis kecil dan menengah yang dijalani oleh para pelaku UMKM. 

Tim Corporate Social Responsibility (CSR) Allianz Indonesia dan tim Allianz Indonesia dari kantor cabang Bandung hadir pada acara Literasi Asuransi untuk Negeri guna mengajak para pelaku UMKM memahami dan mencermati penerapan pengelolaan keuangan dengan cara yang menyenangkan, yaitu melalui permainan Allianz SmartPlan Board Game. Dengan menerapkan metode pembelajaran sambil bermain, diharapkan para peserta dapat menyerap dengan baik pengetahuan yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Simulasi Allianz SmartPlan Board Game dibuat menyerupai kondisi sehari-hari, dimana peserta diarahkan untuk memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan, risiko keuangan, pinjaman online, faktor eksternal yang mungkin dapat mempengaruhi kondisi keuangan, dan lain-lain. Peserta diberikan pembelajaran tentang mengelola arus kas, mengatur pengeluaran untuk berbelanja, pentingnya menabung, dan berasuransi sebagai perlindungan atau safety net ketika kondisi keuangan keluarga mengalami risiko.

Selain itu, Allianz SmartPlan Board Game juga memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada peserta tentang jenis-jenis aset yang produktif untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Di samping itu, peserta juga diajak untuk mengenal skenario yang dapat memengaruhi nilai aset yang dimiliki, seperti kondisi pasar yang fluktuatif. Peserta yang berhasil mengumpulkan aset terbanyak, berhak menjadi pemenang dalam permainan board game ini.

 

Literasi Asuransi untuk Pelajar – Mempersiapkan Pengelolaan Keuangan sejak Dini untuk Masa Depan Lebih Baik

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK tahun 2022, tingkat literasi keuangan di Jawa Barat tercatat sebesar 56,1%, di atas rata-rata tingkat literasi nasional sebesar 49,68% . Namun, tingkat literasi keuangan nasional untuk usia 15-17 tahun, masih di angka 41,15% . Artinya masih banyak generasi muda di jenjang sekolah menengah ke atas yang perlu mendapatkan edukasi mengenai keuangan. Di sisi lain, menurut data BPS 2022, pelajar sekolah menengah atas di kota Bandung tercatat sebanyak 59.814 orang . 

Untuk sebaran pelaksanaan inisiatif edukasi dan literasi yang lebih merata di berbagai wilayah, Allianz Indonesia juga berkesempatan untuk mengunjungi SMK Negeri 2 Bandung pada tanggal 12 Oktober 2023 dan mengajak para siswa bermain board game. Allianz Indonesia berkolaborasi dengan Solve Education! sebagai mitra pembelajaran, mengajak para siswa dari jenjang sekolah menengah atas untuk memahami konsep dasar pengelolaan keuangan dan aset pribadi secara bijak. Edukasi yang disampaikan termasuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan dalam pengeluaran, membuat perencanaan keuangan yang baik sejak dini, serta pentingnya menghindari hutang yang bersifat konsumtif dan berlebihan. Sesi ini diikuti oleh lebih dari 120 siswa SMK Negeri 2 Bandung. 

“Pendidikan adalah salah satu pilar yang menjadi dasar pemilihan program-program yang kami jalankan dalam Corporate Social Responsibility, dimana pengelolaan keuangan adalah topik yang penting untuk dipahami sejak dini. Oleh karena itu, kami secara berkelanjutan memberikan edukasi melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah di berbagai kota, sebagai wujud tanggung jawab kami dalam mendukung peningkatan literasi keuangan dan asuransi. Pemahaman dan pengetahuan yang baik ini merupakan bekal bagi generasi muda agar dapat mengatur keuangan dengan cermat dan stabil di masa depan.” tutup Ni Made.

Allianz Indonesia juga berkolaborasi dengan Solve Education! menjalankan Program Belajar Digital bertemakan Literasi Keuangan, yang melibatkan 250 siswa di dua SMA di Jakarta, yaitu SMAN 14 dan SMAN 61. Melalui kolaborasi ini, Allianz Indonesia memberikan pendidikan keuangan dasar yang inovatif dan menyenangkan, dengan mengajak siswa menggunakan platform belajar digital berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Solve Education!, untuk memahami pengelolaan keuangan. Program Belajar Digital ini berlangsung sejak bulan Agustus sampai Oktober 2023, dan akan dilengkapi juga dengan sesi belajar dan bermain Allianz SmartPlan Board Game sebagai pelengkap pembelajarannya.  

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.