Allianz Utama Indonesia Catat Profit dan Pertumbuhan Positif di Tahun 2022

Allianz Utama Indonesia mencatatkan hasil yang positif pada tahun 2022.

29 Mei 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 29 Mei 2023 – Industri asuransi umum mencatatkan kinerja yang positif pada 2022, berkat kondisi ekonomi nasional yang membaik dan tumbuh sebesar 5,31%. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum hingga kuartal empat tahun 2022 mencapai Rp90,1 triliun, atau tumbuh 15,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp78,1 triliun. 

Seiring dengan kinerja industri, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) juga mencatatkan hasil yang positif pada tahun 2022. Salah satunya dari Gross Written Premium (GWP) yang tercatat sebesar Rp665,30 miliar atau melampaui angka rencana bisnis, sebesar 36%. Lini asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) merupakan lini bisnis dengan kontribusi GWP tertinggi yaitu sebesar Rp217,47 miliar dan diikuti oleh lini asuransi properti sebesar Rp204,69 miliar. Adapun lini asuransi perjalanan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 293% dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan oleh dilonggarkannya PPKM serta digalakkannya vaksinasi booster Covid-19 oleh Pemerintah, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan perjalanan tanpa khawatir.

Peningkatan hasil ini merupakan refleksi keberhasilan Allianz Utama dalam menjaga momentum melalui strategi rebalancing di tahun sebelumnya. Perusahaan juga mampu membuktikan bahwa perubahan strategi tersebut mampu mewujudkan pertumbuhan positif. Allianz Utama juga berhasil mencatatkan profit sebesar Rp4,54 miliar pada tahun 2022.

Menjadi salah satu perusahaan yang paling terpercaya, Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp234,15 miliar sepanjang tahun 2022. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 437%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.  

“Tentu saja, hasil yang kami capai sepanjang tahun 2022 ini merupakan upaya bersama dan kerja keras dari seluruh karyawan kami. Sehingga kami mampu terus fokus untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis. Dari sisi inovasi bisnis, kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Foto acara

Di Allianz Utama Indonesia, kami terus berkomitmen menyediakan asuransi berkualitas dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah, karena kepercayaan merupakan DNA inti Allianz. Melalui penerapan good corporate governance yang baik, pengembangan dan inovasi produk, serta menyediakan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, Allianz Utama senantiasa menjalankan bisnis sejalan dengan tujuan global Allianz ‘We secure your future’ serta memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. 

Perusahaan juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, seperti one-click renewal pada motor policy untuk mempermudah proses perpanjangan polis nasabah, implementasi robotik pada proses back-office untuk meningkatkan produktivitas, sampai pada otomatisasi pada proses perpanjangan polis. Semua ini membuat Allianz Utama berhasil mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 11,7% dan juga jumlah policy issuance sebesar 8% pada tahun 2022. 

Allianz Utama juga meneruskan komitmennya untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan menerapkan kebijakan paperless sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami juga melakukan beberapa inisiatif untuk menanamkan pola pikir ramah lingkungan baik di kalangan karyawan, nasabah dan juga masyarakat. Sepanjang tahun 2022, Allianz Utama mencatat total efisiensi intensitas energi sebesar 35% serta mengurangi penggunaan kertas sebesar 78%. Allianz Utama juga secara konsisten mendukung OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dengan berhasil memberikan edukasi literasi keuangan kepada lebih dari 430 ribu orang.

“Kami percaya untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan maka semua pihak harus terus berperan aktif. Bersama dengan segenap karyawan dan mitra bisnis, kami akan terus mendukung pembangunan berkelanjutan untuk membantu masyarakat memiliki proteksi aset yang dibutuhkan. Kami tidak akan berhenti dan akan terus meningkatkan kualitas layanan agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan bersama Allianz,” tutup Sunadi.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.