Allianz Utama Indonesia Luncurkan Inisiatif Tag On, Perbanyak Akses ke Masyarakat untuk Miliki Asuransi

Tag On merupakan fitur baru di Allianz Discover yang dapat memudahkan penerbitan polis asuransi umum secara terintegrasi.

9 Juni 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 9 Juni 2023 – PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) bekerja sama dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) baru-baru ini meluncurkan inisiatif terbaru yaitu Tag On. Tag On merupakan fitur baru di Allianz Discover yang dapat memudahkan penerbitan polis asuransi umum secara terintegrasi. Melalui inisiatif Tag On, para agen Allianz Star Network (ASN), yang memiliki sertifikasi AAUI, dapat menawarkan langsung produk Allianz Utama ke calon nasabah setelah menyelesaikan pengajuan produk asuransi jiwa melalui Allianz Discover. Allianz Discover sendiri merupakan aplikasi penjualan digital yang pertama kali diluncurkan di tahun 2015, dan berfungsi sebagai aplikasi untuk mempermudah para tenaga pemasar untuk pengajuan asuransi calon nasabah secara online.

“Di tahun 2022, Allianz Utama mencatat pertumbuhan positif setelah melalui strategi rebalancing di tahun sebelumnya. Inisiatif Tag On sendiri merupakan bagian dari strategi Allianz Utama untuk menjaga momentum keberhasilan, sehingga ke depannya mampu menjadi perusahaan asuransi terpercaya yang dapat melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia dengan melakukan inovasi digital secara optimal,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Berdasarkan pencapaian tersebut dan guna mempermudah proses distribusi dalam memberikan perlindungan, inisiatif ini juga didukung oleh jaringan tenaga pemasar ASN yang selama 4 tahun terakhir konsisten membukukan kinerja cemerlang dan mencatatkan pertumbuhan sebesar 53%. ASN diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan serta akses ke lebih banyak masyarakat untuk memberikan perlindungan, sekaligus meraih pendapatan.

“Diproyeksikan, Tag On akan menjadi sarana untuk memberikan akses terhadap multiproduk dari berbagai macam kebutuhan nasabah seperti produk asuransi jiwa, umum dan syariah. Untuk saat ini Allianz Utama menambahkan Simple Home Protection sebagai produk yang dapat dipilih untuk memberikan extra protection kepada nasabah dan juga extra income untuk ASN,” kata Mariani Solihah, Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia.

Inisiatif Tag On memiliki banyak keunggulan, antara lain, tenaga pemasar hanya perlu sekali login untuk seluruh proses. Setelah pembelian satu polis asuransi jiwa, tenaga pemasar bisa mengarahkan kepada nasabah untuk melanjutkan pembelian produk selanjutnya yaitu produk asuransi umum. Selanjutnya, nasabah hanya perlu menyetujui penggunaan data pribadi yang telah diinput sebelumnya (pada proses pembelian Asuransi Jiwa) dan memilih paket produk yang dihendaki. Berikutnya nasabah akan mendapat nomor virtual account untuk pembayaran beserta opsi auto renewal dan akan mendapat email untuk mendapatkan Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA). Setelah itu proses selesai hanya dalam waktu 5-10 menit saja. 

Ke depannya, diharapkan akan semakin banyak produk unggulan lain dari Allianz Utama yang bisa nasabah pilih. Allianz TravelPRO – Annual Travel merupakan salah satu produk yang akan ditawarkan dalam inisiatif Tag On. Asuransi perjalanan ini menawarkan beragam manfaat perlindungan secara optimal berupa pembatalan dan perubahan perjalanan, dan pengobatan di luar negeri dengan limit yang memadai, serta dukungan jaringan Allianz Global Assistance yang memberikan kemudahan bagi nasabah.  

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.