Konsisten Tingkatkan Kualitas Layanan, AllianzCare Raih Contact Center Service Excellence Award untuk ketiga kalinya

 

PT Asuransi Allianz Life Indonesia, sebagai perusahaan asuransi yang secara konsisten memprioritaskan customer experience dalam memberikan perlindungan dan layanan terbaik untuk nasabah, meraih Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) dalam dua kategori, yakni Call Center Life and Health Insurance dengan nilai 97,65 dan email center dengan nilai 93,223. 

23 Februari 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 23 Februari 2023 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia, sebagai perusahaan asuransi yang secara konsisten memprioritaskan customer experience dalam memberikan perlindungan dan layanan terbaik untuk nasabah, meraih Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) dalam dua kategori, yakni Call Center Life and Health Insurance dengan nilai 97,65 dan email center dengan nilai 93,223. Penghargaan ini telah diperoleh AllianzCare selama tiga tahun berturut-turut, dan untuk tahun 2023 ini diterima oleh  Dian Ekawati, Head of Customer Relationship Management Allianz Life Indonesia. 

Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing berkolaborasi dengan Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL), lembaga konsultan riset kepuasan dan loyalitas konsumen yang telah memantau kinerja contact center untuk berbagai industri di Indonesia. Penghargaan ini dinilai berdasarkan penelitian selama periode Januari hingga Desember 2022 terhadap kinerja contact center dengan melakukan audit pengalaman konsumen ke call center, email, twitter, dan chat

Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia Lasmintono mengatakan, “Hasil penilaian ini membuktikan bahwa Allianz Indonesia dapat memberikan pengalaman berasuransi yang menyenangkan kepada nasabah, masyarakat Indonesia, maupun mitra bisnis, baik secara online maupun offline. Untuk mendukung kualitas layanan yang baik, kami senantiasa melakukan penyesuaian dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, serta transformasi digitalisasi, sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan.”

Foto acara

Hingga saat ini, Allianz Indonesia memberikan layanan kepada nasabah melalui empat touch points, terdiri dari telepon, ¬e-mail, walk-in services, dan media sosial. Demi mendukung updaya pengalaman berasuransi yang menyenangkan kepada nasabah, Allianz juga telah menerapkan survei 5 stars rating yang secara otomatis dikirimkan kepada nasabah setelah berinteraksi dengan layanan AllianzCare Contact Center dan Walk-In Services. Bagi nasabah yang memberikan peringkat di bawah 3, Allianz akan menindaklanjuti kepada nasabah serta perbaikan yang dibutuhkan berdasarkan masukan yang disampaikan oleh nasabah. Rata-rata skor kepuasan nasabah pada periode Januari – Desember 2022 terhadap layanan Contact Center adalah 4.2 dan Walk-In Services adalah 4.5 dari 5, dimana 5 merupakan skala skor terbaik.

Di samping itu, perbaikan kualitas untuk AllianzCare Contact Center dan Walk-In Services juga dilakukan secara berkelanjutan, melalui serangkaian kegiatan training dan pengukuran kualitas yang dilakukan secara berkala. Penghargaan diberikan kepada staff berdasarkan hasil pengukuran kualitas untuk terus memotivasi staff dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah.

“Demi mewujudkan komitmen Allianz dalam memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi nasabah, masyarakat Indonesia serta mitra bisnis, Allianz fokus pada optimalisasi ekosistem digital untuk pembelian produk dan pengajuan transaksi Polis yang dapat memberikan kemudahan dan mempercepat layanan serta literasi finansial yang mendukung upaya peningkatan inklusi dan penetrasi asuransi di Indonesia,” tambah Lasmintono. 

Foto acara

Pencapaian dan pertumbuhan bisnis ini juga didukung oleh kedua kanal distribusi yang merupakan mitra bisnis Allianz Indonesia, yaitu keagenan dan bancassurance. Oleh karena itu, Allianz juga memberikan apresiasi atas komitmen mitra bisnis dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah melalui penyelenggaran acara ASN Kick Off 2023 “Seize the Opportunity” di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Makassar dan Bancassurance Kick Off 2023 pada Januari 2023 lalu. 

Penggunaan ekosistem digital juga terus meningkat dan dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga pemasar untuk memberikan layanan kepada nasabah. Sampai akhir tahun 2022, penggunaan sales digital tool Allianz Discover untuk pengajuan Polis asuransi mencapai 99% dari keseluruhan submission. Selain itu, Agency Connect sebagai portal online khusus mitra bisnis juga berhasil mendukung mitra bisnis memantau kinerja dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Sedangkan, penggunaan ekosistem digital yang disediakan Allianz untuk para tenaga pemasar bancassurance juga mengalami peningkatan signifikan, dimana hampir 100% pengajuan Polis asuransi dilakukan secara digital, dan penerbitan Polis digital mencapai 73% dari keseluruhan Polis baru.

“Melalui penghargaan ini, Allianz Indonesia memastikan untuk terus memperkuat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi seluruh tim demi meningkatkan kualitas layananan sebagai bagian dari misi perusahaan untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia,” tutup Lasmintono.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.