Allianz Syariah Luncurkan AlliSya HANDAL untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Leads Generation Program 

Allianz Syariah  kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan asuransi syariah di Indonesia melalui peluncuran Leads Generation Program bersamaan dengan produk AlliSya HANDAL.

3 April 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 3 April 2023 – Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (“Allianz Syariah”) kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan asuransi syariah di Indonesia, sekaligus membantu pemberdayaan ekonomi keluarga dan masyarakat Indonesia melalui peluncuran Leads Generation Program AZ Force bersamaan dengan produk asuransi jiwa tradisional syariah yang terjangkau, yaitu AlliSya HANDAL.

Peluncuran ini diilhami oleh semangat Allianz Syariah untuk memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia. Allianz Syariah melihat kesempatan kontribusi ini mengingat jumlah populasi muslim di Indonesia sangat besar yakni mencapai 237 juta jiwa, atau sekitar 86% dari total populasi (Kemendagri, Des 2022). Di sisi lain, menurut data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada tahun 2021 baru mencapai 3,18%. Sedangkan untuk penetrasi asuransi syariah sendiri pada 2021 hanya sebesar 0,14% (Milliman, 2022).

Kombinasi antara Lead Generation Program, AZ Force, dan produk yang mudah dipahami serta terjangkau Allisya Handal, akan membantu membongkar mitos bahwa produk asuransi dianggap terlalu rumit atau mahal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini akan mendorong asuransi untuk mempenetrasi di luar masyarakat kelas menengah atas yang selama ini lebih teredukasi mengenai produk asuransi, padahal jumlah masyarakat yang memerlukan proteksi sangatlah besar, yakni sekitar 214 juta orang (World Bank Data, 2020). 

Foto acara

“Allianz Syariah melihat bahwa ada kebutuhan proteksi bagi masyarakat yang masih sangat besar, terutama bagi kelas menengah bawah yang masih belum terproteksi. Kondisi finansial masih sering menjadi hambatan utama. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami mengembangkan produk AlliSya HANDAL yang sangat terjangkau serta dikombinasikan dengan konsep Leads Generation Program untuk mendukung misi kami untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” tutur Achmad K. Permana, Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia.

Produk asuransi jiwa tradisional AlliSya HANDAL dirancang berdasarkan konsep tolong menolong sesuai dengan prinsip asuransi syariah di mana kontribusi yang terkumpul digunakan sebagai santunan bagi sesama peserta yang tertimpa musibah. Selain memberikan santunan apabila peserta meninggal dunia atau menderita cacat tetap total, AlliSya HANDAL juga memiliki frekuensi pembayaran dan periode perlindungan yang fleksibel. Usia masuk Pihak yang Diasuransikan dimulai dari umur 1 bulan - 60 tahun dan dapat menikmati perlindungan hingga 20 tahun serta bisa diperpanjang kembali per 20 tahun hingga berusia 80 tahun.

Peluncuran AlliSya HANDAL dikombinasikan pula dengan AZ Force, Leads Generation Program, platform Sociopreneurship (Kewirausahaan Sosial). Melalui program ini, peserta AZ Force dapat mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan produk AlliSya HANDAL melalui tenaga pemasar Allianz Life Indonesia serta mendapatkan tambahan penghasilan yang dananya dapat digunakan untuk pembayaran sebagian atau seluruh kontribusi sampai dengan asuransi 2 tahun pertama sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

Foto acara

“AZ Force, Leads Generation Program merupakan suatu platform yang diharapkan dapat membantu Allianz Syariah dalam berbagi kebaikan dan pada saat yang sama juga membantu menguatkan ekonomi keluarga Indonesia. Kami percaya bahwa produk serta program yang dijalankan bukan hanya dapat membantu seluruh masyarakat termasuk keluarga menengah bawah Indonesia untuk memiliki perlindungan asuransi, tetapi mampu untuk mendukung pemberdayaan ekonomi serta mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dan industri asuransi Indonesia secara keseluruhan.” kata Permana.

AlliSya HANDAL dan AZ Force, Leads Generation Program, diluncurkan dalam acara yang diselenggarakan pada 1 April 2023 di Jakarta. Dalam acara peluncuran ini, tenaga pemasar diberikan informasi mengenai keunggulan dari AlliSya HANDAL dan AZ Force, Leads Generation Program yang dapat digunakan masyarakat untuk melindungi keluarga tercinta sekaligus membangun jaring pengaman keuangan keluarga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.