Dukung Keluarga Indonesia Siapkan Masa Depan, Allianz Indonesia Perkenalkan LegacyPro untuk Manfaat Warisan Pasti

Allianz Indonesia meluncurkan LegacyPro untuk melengkapi berbagai produk asuransi jiwa, kesehatan, dan umum yang sudah dimiliki oleh Allianz sebelumnya.

8 Agustus 2023 | Allianz Indonesia

Jakarta, 8 Agustus 2023 – Setiap orang pasti memiliki impian dan harapan, serta keinginan untuk mewujudkan masa depan yang terbaik bagi anak dan keluarganya tercinta. Persiapan yang baik tentunya perlu dilakukan untuk mewujudkan semua itu, baik meliputi persiapan non finansial seperti menurunkan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun persiapan finansial berupa perencanaan keuangan yang tepat, agar bisa meninggalkan warisan yang pasti agar kehidupan anak dan keluarga tercinta bisa tetap terjamin saat ditinggalkan.

Dari survei yang dilakukan Allianz Indonesia kepada lebih dari 2.700 nasabah dengan SES kelas menengah, menyebutkan bahwa kekhawatiran terbesar yang dimiliki selain permasalahan kesehatan adalah tidak dapat memberikan warisan bagi anak atau pasangan. Sebanyak 83% responden sudah menyadari dan menganggap bahwa mempersiapkan warisan atau legacy merupakan hal yang penting bagi mereka dan 81% responden sudah mulai mempersiapkan perencanaan legacy. Kemudian 96% responden memahami bahwa asuransi merupakan salah satu alternatif produk untuk tujuan perencanaan legacy atau warisan. 

Hasil riset lain yang dilakukan oleh Allianz Indonesia dan Kadence, menyebutkan bahwa mayoritas masyarakat di usia produktif sudah menyadari pentingnya mempersiapkan warisan untuk keluarga. Namun mereka belum menempatkan perencanaan warisan sebagai prioritas, karena masih ada kebutuhan untuk biaya pendidikan anak dan kepemilikan aset yang lebih menyerap besarnya alokasi pengeluaran. 

“Sebagai perusahaan asuransi yang selalu menyediakan berbagai solusi lengkap yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan perlindungan asuransi yang berbeda-beda satu sama lain, kami meluncurkan LegacyPro untuk melengkapi berbagai produk asuransi jiwa, kesehatan, dan umum yang sudah dimiliki oleh Allianz sebelumnya. Dengan menyediakan ragam produk yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabah, Allianz terus berkomitmen untuk melindungi masa depan nasabah,” kata Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia.

Pada peluncuran produk LegacyPro di Jakarta, 8 Agustus 2023, Allianz Life Indonesia turut menghadirkan Susy Susanti, Juara Dunia Bulu Tangkis, Peraih Medali Emas Indonesia Pertama di Olimpiade 1992, Entrepreneur, dan Orang tua dari 3 putra-putri, yang menceritakan perjuangan dan pengalamannya hingga bisa memberikan legacy bagi Bangsa Indonesia dan atlet muda di dunia olahraga Bulu Tangkis maupun perannya kini sebagai mentor, pengusaha dan orangtua dari tiga orang putra putri untuk mewariskan nilai kehidupan seperti semangat pantang menyerah, konsistensi dan disiplin diri, pola hidup sehat maupun pola pikir positif yang merupakan warisan non finansial dan bisa dijadikan bekal di masa depan.

“Untuk generasi penerus, tentu kita harapkan mereka dapat meraih yang terbaik. Apapun mimpi mereka, arahan dan dukungan dari orang tua akan menjadi penyemangat nomor satu. Nilai-nilai positif yang kita turunkan untuk mendukung mimpi tersebut juga akan menjadi legacy yang akan diturunkan lagi ke generasi selanjutnya,” kata Susy.

Melengkapi penjelasan mengenai mimpi dan harapan untuk generasi penerus, Prita Ghozie, Certified Financial Planner, menjelaskan pentingnya dukungan lain dari sisi perencanaan keuangan, agar mimpi dan harapan masa depan dapat terwujud meskipun ada risiko-risiko dalam kehidupan yang mungkin terjadi. 

“Banyak orang menganggap bahwa dengan menyiapkan tabungan dan investasi melalui aset-aset seperti emas, tanah maupun rumah sudah cukup dan lengkap sebagai bagian dari perencanaan warisan untuk keluarga. Namun terkadang orang terlewat bahwa penting juga memikirkan kemudahan ahli waris mencairkan aset menjadi tunai, pembayaran pajak waris serta bea balik nama maupun berbagai risiko yang mungkin terjadi sehingga saldo aset warisan bisa terganggu,” ungkap Prita.

“Dengan asuransi jiwa, manfaat uang pertanggungan yang sudah disepakati sejak awal dapat membantu anak dan keluarga penerima manfaat untuk melanjutkan hidup dan mewujudkan rencana masa depan yang ingin dicapai,” tambah Prita.

Menjawab adanya kebutuhan masyarakat untuk memilih produk keuangan yang tepat untuk perencanaan dan warisan pasti bagi anak dan keluarga tercinta, Himawan Purnama, Chief Product Officer Allianz Life Indonesia memberikan pemaparan mengenai LegacyPro, asuransi jiwa tradisional yang akan memberikan perlindungan hingga usia 100 tahun.

LegacyPro memberikan manfaat booster untuk meningkatkan uang pertanggungan hingga sebesar 150%, pada saat tertanggung mencapai usia 75 tahun. Keunggulan lainnya adalah produk ini menyediakan manfaat pembebasan premi asuransi dasar (waiver) jika tertanggung terdiagnosa salah satu dari 77 kondisi penyakit kritis. Nasabah dapat memilih opsi masa pembayaran premi 5, 10, dan 15 tahun sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanannya.

“Produk asuransi jiwa tradisional adalah produk yang simple dan sesuai untuk nasabah yang memprioritaskan proteksi untuk diri dan keluarga. Dengan LegacyPro, nasabah tidak perlu khawatir karena anak dan keluarga tercinta yang ditinggalkan akan menerima manfaat warisan pasti yang bisa digunakan untuk mewujudkan mimpi dan rencana di masa depan. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia.” tutup Himawan.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.