Tekankan Pentingnya Asuransi bagi Kelangsungan Bisnis UMKM, Allianz Indonesia Gelar Literasi untuk UMKM di Medan

 

Mengangkat tema “Kenali, Pahami, dan Miliki”, Allianz Indonesia memberikan literasi pentingnya perlindungan untuk kelangsungan bisnis kepada UMKM.

26 September 2022 | Allianz Indonesia 

Jakarta, 26 September 2022 – Allianz Life Indonesia terus membuktikan komitmennya dalam mendukung upaya peningkatan literasi keuangan dan asuransi masyarakat Indonesia. Kembali berpartisipasi dalam rangkaian acara Hari Asuransi 2022 yang diselenggarakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Allianz Life Indonesia menggelar literasi keuangan dan asuransi dengan tema “Kenali, Pahami, dan Miliki”. Acara yang digelar di Hotel Miyana Medan pada tanggal 23 September 2022 ini, diikuti oleh sekitar 70 pelaku UMKM dan koperasi yang berdomisili di kota Medan dan sekitarnya.

Hadir sebagai pemateri, Danis Samagan, Head of Digital, Credit Life & Emerging Consumer Allianz Life Indonesia, memaparkan literasi keuangan dan asuransi untuk para pelaku UMKM agar dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat, baik itu keuangan pribadi maupun bisnis.

Dian Ekawati, Head of Customer Relationship Management Allianz Life Indonesia

“Di Allianz, kami selalu mendukung upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perlindungan asuransi, terutama di masa pandemi ketika kesadaran akan pentingnya kesehatan telah meningkat dengan signifikan. Sebagai salah satu produk keuangan, pemahaman mengenai perlindungan asuransi selalu menjadi bagian dari literasi keuangan yang penting untuk diberikan secara masif ke masyarakat. Kami yakin masyarakat Indonesia dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan, dengan memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan pentingnya memiliki produk asuransi,” kata Danis.

Menurut data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, dan penyerapan tenaga kerja sebesar 117 juta orang. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kontribusi sebesar 60% dari total Produk Domestik Bruto/PDB. Namun ada juga data yang dikeluarkan Kementerian Keuangan RI bahwa 88% usaha mikro tidak memiliki kas, tabungan, bahkan kehabisan uang selama pandemi.

Berangkat dari data-data ini, penting bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan literasi keuangan dan asuransi. Kondisi kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Pada kesempatan ini, Allianz Life Indonesia menyampaikan literasi keuangan dan asuransi, yang dibuka dengan memahami piramida pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) dan persiapan dana darurat, keamanan keuangan dengan mengenal instrumen diversifikasi risiko keuangan, akumulasi dan distribusi kekayaan, serta pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan. Selain itu, Allianz life Indonesia juga mengingatkan kembali mengenai pentingnya pemisahan antara keuangan pribadi atau keluarga, dengan keuangan untuk bisnis.

“Perlindungan asuransi itu penting, khususnya terkait kelangsungan bisnis yang dirintis oleh para pelaku UMKM di saat pandemi seperti saat ini, agar jika terjadi risiko pada para pelaku UMKM, diharapkan keluarga yang ditinggalkan dapat meneruskan bisnis UMKM yang dijalankan. Sebagai penyedia beragam solusi dan layanan asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah, Allianz juga menyediakan beberapa produk yang sesuai dengan profil para pelaku UMKM. Dimana produk-produk ini tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, proses administrasi yang mudah dipahami dan dibeli, serta proses pembayaran klaim yang cepat.” tutup Danis.

Dengan mengikuti sesi literasi keuangan dan asuransi ini, harapannya para pelaku UMKM Indonesia, khususnya di Medan, dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, dan menjadi pelaku UMKM yang semakin sukses mengembangkan bisnis.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.