Kemitraan Strategis Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia Hasilkan Pertumbuhan dan Kinerja yang Positif

 

Kemitraan strategis antara Allianz dan HSBC yang terjalin selama ini telah membuahkan berbagai pencapaian positif dan bertujuan untuk senantiasa memberikan manfaat bagi nasabah HSBC Indonesia

06 September 2021 | Allianz Indonesia 

Jakarta, 6 September 2022 – Kerja sama yang terjalin antara Allianz dan HSBC di Asia mencatatkan pencapaian bisnis dan pertumbuhan pasar yang baik. Indonesia, sebagai salah satu pasar untuk distribusi bancassurance dalam kerja sama ini, telah memberikan kontribusi pertumbuhan bisnis dan kemitraan yang kuat bagi kedua belah pihak. Pada bulan Juli 2022, Allianz dan HSBC mengumumkan keberlanjutan perjanjian kemitraan strategis di Asia untuk 15 tahun ke depan. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) hari ini berkesempatan untuk memaparkan milestone kinerja positif dalam kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2013.

Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia telah bermitra dalam menyediakan produk asuransi jiwa, baik tradisional maupun unit link untuk seluruh segmen nasabah HSBC Indonesia. Dalam waktu tiga tahun terakhir, kerja sama Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia telah membukukan berbagai pencapaian positif. Dari sisi Gross Written Premium (GWP), produk asuransi Allianz Life Indonesia yang dipasarkan melalui HSBC Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 141,5%. Sedangkan dari sisi Annualized New Premium (ANP), tercatat pertumbuhan sebesar 73,3%. 

David Nolan, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, mengatakan: “Kemitraan strategis yang terjalin selama ini telah membuahkan berbagai pencapaian positif dan  bertujuan untuk senantiasa memberikan manfaat bagi nasabah HSBC Indonesia. Komitmen kami adalah untuk terus berinovasi dalam rangka menyediakan perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dengan fokus pada solusi dan layanan asuransi yang tepat, kami akan terus membantu dan melindungi lebih banyak orang.”

Berdasarkan Laporan AAJI tahun 2021, Allianz Life Indonesia berada pada peringkat pertama perusahaan untuk Annualized Premium Equivalent (APE)1, dan Bancassurance membukukan pertumbuhan APE sebesar 81,9% dari tahun 2018 ke tahun 2021 – dimana kemitraan dengan HSBC sangat berperan penting dalam pertumbuhan ini, di tengah kondisi pasar yang cenderung landai. Pada periode yang sama, pasar mengalami pertumbuhan hanya sebesar 9,9%. Selain itu, Allianz Life Indonesia terus mempertahankan kesehatan finansial, yang dapat dilihat dari rasio Risk-Based Capital (RBC). Allianz Life Indonesia mencatatkan RBC sebesar 405% pada tahun 2021, jauh di atas ketentuan pemerintah yaitu sebesar 120%.

Kemitraan Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia tumbuh semakin kuat dimana Allianz mulai menyediakan beragam solusi proteksi yang dapat membantu nasabah HSBC melindungi rencana masa depan yang dimiliki, mulai dari pendidikan anak, kesehatan keluarga, pensiun, hingga sebagai legacy. 

Pada tahun 2021, Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia menawarkan perlindungan asuransi jiwa bagi karyawan yang bekerja pada perusahaan yang mendaftarkan payroll karyawannya dengan payroll account HSBC Indonesia. Dalam waktu dekat, kedua perusahaan juga akan memperluas jenis solusi asuransi yang ditawarkan dengan memberikan perlindungan asuransi jiwa kredit bagi nasabah HSBC Indonesia yang mengambil produk pinjaman

Francois de Maricourt, Presiden Direktur, PT Bank HSBC Indonesia, berkomentar: “Kemitraan startegis dengan Allianz ini memperkuat posisi kami untuk menangkap prospek pertumbuhan baru di Indonesia, di seluruh spektrum wealth guna memenuhi kebutuhan perlindungan, pendidikan, pensiun, dan warisan yang kian berkembang di Indonesia. Lebih dari itu, juga untuk meningkatkan solusi kami yang dipersonafikasi sesuai kebutuhan yang beragam, melalui berbagai pilihan asuransi dan memperluas channel, guna menuju pendekatan yang lebih berpusat pada individu di setiap fase kehidupan yang berbeda. Di HSBC, kami berkomitmen untuk membantu nasabah kami memanfaatkan peluang wealth yang signifikan dan mencapai kemakmuran yang berkepanjangan.”

Ambisi HSBC adalah menjadi wealth manager terkemuka di Asia pada tahun 2025, membuka dunia peluang bagi nasabah kami di Asia, internasional, dan yang terhubung dengan HSBC, di mana pun kekayaan mereka diciptakan, diinvestasikan, dan dikelola. Pada tahun 2021, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC) dinobatkan sebagai Indonesia's Best Wealth Manager selama empat tahun berturut-turut oleh The Asset Triple A. Pengakuan global yang konsisten ini disumbangkan oleh solusi manajemen kekayaan holistik dan personal, serta investasi berkelanjutan untuk memperkuat kemampuan digitalnya.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.