Allianz Indonesia Terus Dukung Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Milenial

 

Asuransi Allianz Life Indonesia terus mendukung perkembangan industri keuangan dengan cara meningkatkan literasi keuangan terutama bagi generasi muda.

05 September  2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 5 September 2022 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus mendukung perkembangan industri keuangan dengan cara meningkatkan literasi keuangan, terutama bagi generasi muda. Dengan meningkatnya literasi finansial di kalangan generasi muda, tentunya akan berampak besar terhadap perekonomian negara. Untuk mewujudkan dukungan tersebut, Allianz Life berpartisipasi dalam Online Webinar yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi dengan tema “Make Money Skills for Millennial Choice.” Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan maryarakat terutama generasi milenial dapat melek finansial dan dapat mempertimbangkan beragam pilihan dalam mengelolah keuangan secara bijaksana.   

Hadir sebagai perwakilan Allianz Life Indonesia dan menjadi salah satu pembicara dalam Online Webinar ini, Ni Made Daryanti, Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia, yang menjelaskan mengenai pentingnya dan cara mengelola keuangan secara bijaksana bagi kaum milenial, contohnya melalui asuransi.

Dengan penduduk Indonesia didominasi oleh kaum milenial dan gen Z, yang secara persentase kedua kelompok ini mencapai lebih dari 50% dari populasi penduduk Indonesia, sangatlah penting bagi kelompok produktif ini untuk dapat mengatur keuangan dengan perencanaan keuangan yang cerdas. Hal ini dikarenakan ada banyak hal dalam hidup yang tidak dapat dikontrol, seperti PHK atau pemotongan gaji, terserang penyakit dengan biaya pengobatan yang besar, inflasi uang pendidikan, dan sentimen negatif karena geopolitik ataupun ekonomi yang mempengaruhi pasar investasi dan menyebabkan instrument investasi kita merugi.

“Mengatur keuangan dapat diibaratkan dengan membangun rumah, dimana terdapat dua pilar dalam rumah keuangan kita. Salah satu pilar tersebut adalah dana darurat untuk berjaga-jaga di saat kondisi darurat dengan jumlah tanggungan atau pekerjaan kita sebagai dasar penentuan berapa dana darurat yang perlu dipersiapkan. Idealnya, dana darurat dapat sebesar 3-6 bulan pengeluaran kita. Untuk pilar yang kedua, terdapat asuransi sebagai pilar untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko yang tidak terduga atau tidak dapat dikontrol. Jika kedua pilar tersebut sudah kokoh, barulah kita siap untuk berinvestasi,” sebut Ni Made dalam menjelaskan cara mengatur keuangan.

Dalam memilih asuransi, terdapat juga piramida asuransi dengan asuransi kesehatan menjadi prioritas utama. Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang paling berdampak dalam hidup kita dan dapat dimulai dari memiliki BPJS, asuransi kantor, ataupun asuransi swasta. Kedua, terdapat asuransi penyakit kritis yang tidak kalah penting, karena biaya pengobatan penyakit kritis sangatlah mahal, dan sebagai bentuk berjaga-jaga apabila tidak ditanggung oleh BPJS ataupun asuransi kesehatan kantor. Ketiga, terdapat asuransi jiwa yang wajib dimiliki bagi yang sudah memiliki tanggung jawab atau tanggungan.

Untuk membantu nasabah menilai kecukupan dan kesesuaian produk asuransi yang dipilih, Allianz Indonesia menyediakan Insurance Calculator, yang dapat diakses di website resmi Allianz: https://www.allianz.co.id/layanan/investasi0/kalkulator-allianz.html. Kalkulator ini bisa digunakan untuk menghitung nilai manfaat polis asuransi, dengan mengisi data diri dan tujuan keuangan yang dibutuhkan, seperti perlindungan jiwa, kesehatan, sampai dana pensiun. Kalkulator ini akan menghitung secara otomatis perkiraan uang pertanggungan, serta manfaat lainnya yang dibutuhkan oleh nasabah, sebagai gambaran awal yang dapat dijadikan referensi nasabah sebelum memutuskan untuk mencari informasi lebih lanjut dan membeli produk asuransi.

“Sangatlah penting bagi kita memperhatikan beberapa hal sebelum membeli asuransi. Bisa dimulai dengan cek reputasi perusahaan, dengan memastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK dan memiliki kondisi keuangan perusahaan yang baik. Selain itu, memiliki asuransi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan. Dan ketiga, pertimbangkan berapa premi yang harus dibayarkan, metode dan periode pembayaran premi, dengan perhitungan idealnya, premi asuransi sebesar 10%-15% dari total income kita. Dengan begitu, kita dapat lebih bijak dalam memilih asuransi,” papar Ni Made. 

Mengingat pentingnya kaum milenial untuk turut berperan dalam membangun negara, Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya meningkatkan literasi finansial di Indonesia, memberikan layanan terbaik kepada nasabah, dan optimalisasi digital sebagai bagian dari misi perusahaan untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.