Ini Strategi yang Dilakukan Hasinah Jusuf – Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia untuk Memastikan Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik

 

Sebagai Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia, Hasinah Jusuf menjalani peran yang besar dalam mengimplementasikan good corporate governance dalam perusahaan. Selain memastikan proses yang berlangsung di Allianz Indonesia telah sesuai dengan peraturan, melakukan mitigasi  atas permasalahan terkait juga merupakan hal penting.

17 Mei 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 17 Mei 2022 – Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia Hasinah Jusuf menjalani peran dan tanggung jawab untuk penerapan good corporate governance dalam perusahaan, dimana Ia memastikan seluruh proses yang berlangsung di Allianz Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta melakukan mitigasi apabila terdapat permasalahan termasuk permasalahan hukum, terkait dengan kapasitasnya untuk menjaga seluruh stakeholder perusahaan dari sisi hukum dan kepatuhan.

Menurut Hasinah, good corporate governance adalah sebuah fondasi dari suatu perusahaan agar tetap berkelanjutan, dimana semua elemen harus terpenuhi, baik itu fungsi pengendalian (control), pengkajian (review), komite independen yang berfungsi sebagai pembuat keputusan dengan objektif, monitoring, pelaporan, sampai dengan perbaikan apa yang diperlukan. Semua proses dijalankan dengan tepat serta sesuai dengan prosedur. 

  1. “Penerapan good corporate governance di Allianz Indonesia dapat dipertahankan dari waktu ke waktu, meskipun beberapa perubahan signifikan terjadi dalam dua tahun terakhir karena pandemi. Allianz Indonesia berhasil melakukan adaptasi dan memastikan fungsi kepatuhan di masa menantang ini dengan senantiasa mengedepankan perilaku kepatuhan beretika,” kata Hasinah.
  2.  
  3. Dalam Konferensi Global ke-4 Alliance for Integrity tahun lalu, Hasinah mewakili Allianz Indonesia sebagai salah satu pembicara, menyampaikan beberapa hal yang dilakukan perusahaan untuk bertahan dengan integritas yang berkelanjutan. “Fungsi kepatuhan tidak dapat bekerja sendiri untuk memastikan kepatuhan, karena itu semua bagian dari perusahaan termasuk karyawan adalah merupakan bagian dari petugas kepatuhan. Untuk memastikan tetap diterapkannya perilaku etis di masa yang penuh tantangan dengan banyaknya perubahan cara bekerja, tugas kami di Divisi Legal & Compliance adalah terus mengingatkan dan meningkatkan kesadaran terkait pelaksanaan kode etik perusahaan, serta standar kepatuhan yang harus diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Banyak sekali inisiatif internal yang telah dilakukan untuk membantu karyawan Allianz Indonesia tetap termotivasi dan fokus melakukan pekerjaan dengan integritas tinggi, walaupun sebagian waktu bekerja dilakukan dari rumah. Kerja sama internal yang baik dapat menciptakan kinerja prima dari masing-masing individu, yang pada akhirnya memberikan dampak baik juga bagi kinerja perusahaan.”
  1. Beberapa waktu yang lalu, Allianz Indonesia juga mendapatkan penghargaan Excellence Good Corporate Governance Awards 2022: Implementing a Continuous Process dari Warta Ekonomi, yang diberikan kepada Allanz Indonesia sebagai perusahaan yang secara konsisten menerapkan tata kelola perusaahaan yang baik, dengan menetapkan kebijakan dan protokol anti-fraud, serta mengoptimalkan layanan bagi nasabah untuk produk asuransi jiwa dan kesehatan yang dimiliki.
  2.  
  3. Sebagai seorang leader, Hasinah sangat menghargai kejujuran dan keterbukaan dari timnya. Ia percaya bahwa dalam sebuah perusahaan, semua karyawan memiliki tujuan yang sama untuk membantu perusahaan mencapai visi dan misinya. “Seorang leader yang baik adalah leader yang dapat menciptakan leader-leader selanjutnya. Oleh karena itu dalam memimpin tim, saya memberikan arahan serta delegasi yang cukup untuk masing-masing tim menjalankan program, dan melakukan monitoring untuk memastikan pekerjaan tim terlaksana dengan baik,”
  4.  
  5. Pencapaian Hasinah Jusuf menerapkan kinerja yang baik sebagai Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia mendapatkan apresiasi dari Majalah Women’s Obsession sebagai salah satu Srikandi Tangguh 2022, kemudian Ia juga termasuk dalam Top 100 Most Outstanding Women 2022 in Financial Sector dari Majalah Infobank, serta mendapatkan penghargaan pada ajang Indonesia Inspiring Women Awards 2022 dari The Iconomics. Penghargaan-penghargaan ini diraih Hasinah atas prestasinya sebagai Direktur Legal & Compliance di Allianz Indonesia, yang senantiasa menerapkan good corporate governance bersama timnya dan seluruh karyawan perusahaan, serta memberikan inspirasi untuk profesionalitasnya.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.