Allianz Memperbarui Kemitraan Strategis Bancassurance dengan HSBC di Asia

 

Kemitraan antara Allianz dan HSBC di Asia yang kini tengah berjalan diperbaharui sampai dengan tahun 2016. Sejak 2012, bisnis bancassurance terbukti kuat dan tangguh pada pasar Asia.

08 Juli  2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 8 Juli 2022Allianz Asia Pacific (Allianz) dan The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC) mengumumkan perpanjangan eksklusif perjanjian distribusi bancassurance selama 15 tahun, yang mencakup pasar-pasar utama di Asia.

Anusha Thavarajah, Regional CEO, Allianz Asia Pacific, mengatakan: “Di Allianz, kami merasa terhormat untuk memperluas dan lebih memperkuat kemitraan kami dengan HSBC. Dalam dekade terakhir, kami telah mengembangkan kemitraan bancassurance global yang sukses yang telah mencapai pertumbuhan eksponensial dalam volume dan nilai. Memperpanjang kemitraan selama 15 tahun lagi menegaskan kembali keberhasilan kemitraan dan komitmen HSBC dan Allianz, pemimpin global dalam perbankan dan asuransi untuk memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan di Asia. Kami percaya bahwa kemitraan ini akan memberi manfaat bagi nasabah melalui hal-hal yang telah familiar, stabil, dan berkesinambungan, berfokus pada wealth management, perlindungan, dan kesehatan. Bersama-sama kami akan terus berinvestasi dan berinovasi dalam teknologi dan produk untuk memberikan layanan dan solusi terbaik melalui salah satu platform perbankan paling kuat di kawasan ini.”

David Nolan, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia, mengatakan: “HSBC adalah yang terdepan dalam wealth management di Indonesia, dan kami sangat senang dapat melanjutkan kemitraan kami sehingga kami dapat melindungi masa depan lebih banyak orang Indonesia. Jalur bancassurance Allianz Life Indonesia telah berkembang pesat selama 20 tahun terakhir dengan menyediakan berbagai solusi asuransi.”

Sejak 2012, kemitraan strategis antara Allianz dan HSBC di Asia Pasifik telah membentuk bisnis bancassurance yang kuat dan tangguh di seluruh kawasan. Rekam jejak yang terbukti dalam memberikan pertumbuhan dan hubungan yang mengakar kuat di tingkat regional dan lokal akan menjadi fondasi kemitraan yang diperbarui, yang kini diperpanjang hingga 2036. 

HSBC akan terus mendistribusikan produk asuransi Allianz di bidang perlindungan, pendidikan, pensiun, aset, dan kebutuhan warisan di wilayah tersebut.

Greg Hingston, CEO, HSBC Global Insurance and Partnerships, berkomentar: “Bisnis manufaktur dan kemitraan asuransi kami berada pada lintasan pertumbuhan yang dipercepat. Kami mengakuisisi AXA Singapore tahun lalu, kemudian menerima persetujuan regulator untuk mengambil kepemilikan penuh atas JV asuransi China daratan kami, HSBC Life China. Sekarang, kami telah memperbarui kemitraan kami dengan Allianz untuk mendukung enam pasar utama di Asia, mewakili peluang lebih dari US$450 miliar2 dalam premi asuransi. Kemitraan penting ini memperkuat posisi kami sebagai bancassurer global terkemuka dan mendukung ambisi Grup HSBC yang lebih luas untuk menjadi wealth manager terkemuka di Asia.”

Francois de Maricourt, President Director, PT Bank HSBC Indonesia, berkomentar, “Kami senang dapat melanjutkan dan memperluas kemitraan yang sukses dengan Allianz di Asia, termasuk Indonesia. Kemitraan ini akan memperluas pengembangan bisnis perencanaan aset dan kesehatan kami yang khas dan holistik. Kami juga akan dapat menawarkan rangkaian produk dan layanan yang lebih komprehensif, memanfaatkan saluran dan alat baru – mulai dari digital, data & analitik, hingga inisiatif kesehatan dan kebugaran dan pemasaran langsung untuk melayani kebutuhan perlindungan, aset, dan kesehatan yang terus berkembang dari nasabah kami di Indonesia."

Ambisi HSBC adalah menjadi wealth manager terkemuka di Asia pada tahun 2025, menyediakan beragam peluang bagi klien kami di Asia, internasional, dan yang terhubung dengan HSBC, di mana pun wealth mereka dibuat, diinvestasikan, dan dikelola. Pada tahun 2021, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC) dinobatkan sebagai Indonesia's Best Wealth Manager selama empat tahun berturut-turut oleh The Asset Triple A. Pengakuan global yang konsisten ini merupakan hasil dari solusi wealth management yang holistik dan personal, serta investasi berkelanjutan untuk memperkuat kemampuan digitalnya.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.