Optimis Lanjutkan Pencapaian di Tahun 2021, Allianz Life Indonesia Gelar ASN Kick Off dan Bancassurance Kick Off 2022

    Allianz Life Indonesia membuka tahun 2022 dengan optimisme melalui acara ASN Kick Off dan Bancasurance Kick Off 2022. Prioritas Allianz adalah memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini berusaha diwujudkan oleh seluruh komponen Allianz Indonesia termasuk tenaga pemasar.

    20 Januari 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 20 Januari 2022 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menyongsong tahun 2022 dengan penuh optimisme dan semangat untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia. Untuk terus menjalin komunikasi, memberikan apresiasi, serta berbagi inspirasi dengan para tenaga pemasar, Allianz Life Indonesia menggelar acara kick off untuk masing-masing kanal distribusi keagenan dan bancassurance secara virtual.

“Prioritas kami adalah memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Untuk mewujudkan tujuan ini, kami didukung penuh oleh para tenaga pemasar yang memiliki semangat dan misi yang sama dengan Allianz. Kami senantiasa menyediakan berbagai inovasi dan solusi, yang dapat mendukung tenaga pemasar dalam membantu masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan asuransi. Digitalisasi akan memberikan kemudahan bagi para tenaga pemasar dalam memperoleh pelatihan dan informasi produk, serta mendukung proses penjualan yang efektif dan aman,” kata David Nolan, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Foto acara

Fokus Pengembangan Bisnis Kanal Distribusi Keagenan

Allianz Star Network (ASN) merupakan kanal distribusi keagenan Allianz Life Indonesia yang telah hadir selama 11 tahun dan membukukan pertumbuhan kinerja yang baik dari tahun ke tahun. Sampai akhir tahun 2021, tercatat ada lebih dari 30.000 Business Partner/mitra bisnis. Sejak tahun 2018, Allianz Life Indonesia konsisten dengan strategi mengantisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar dengan program rekrutmen I’m A Life Changer. Saat ini, lebih dari 60% dari keseluruhan jumlah mitra bisnis merupakan generasi milenial yang siap menghadapi perkembangan bisnis entrepreneurship.

Mitra bisnis ASN telah berkontribusi meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan asuransi di Indonesia dan membantu nasabah memahami perlindungan asuransi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Allianz Life Indonesia senantiasa mengutamakan kebutuhan nasabah, sehingga nasabah diundang untuk memberikan 5-star rating terhadap pelayanan mitra bisnis agar dapat kualitas pelayanan dapat terus ditingkatkan.

Pencapaian yang baik dari ASN juga didukung oleh digitalisasi yang telah dibangun Allianz untuk kemudahan mitra bisnis dan nasabah, antara lain digital sales tool Allianz Discover yang mendukung para mitra bisnis memberikan informasi produk dan perlindungan yang sesuai kebutuhan nasabah. Penggunaan Allianz Discover untuk mengajukan polis asuransi secara digital telah mencapai 96%. Begitu pula portal online khusus untuk mitra bisnis untuk memonitor performa bisnis, Agency Connect, yang semakin meningkat penggunaannya. Hal ini akan terus ditingkatkan sebagai upaya memaksimalkan ekosistem digital yang telah disediakan Allianz Life Indonesia, guna mendukung mitra bisnis dan membuat proses pembelian polis oleh nasabah menjadi efektif. 

Foto acara

Pencapaian Bancassurance yang Terus Bertumbuh

Meskipun pandemi memberikan berbagai tantangan, Allianz Life Indonesia berhasil untuk terus mengembangkan bisnis bancassurance yang tumbuh 67% dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Allianz Life Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan market share yang sangat baik, dimana pada tahun 2018 Allianz memperoleh 7% market share, kemudian di tahun 2021 meningkat menjadi 11%.

Pencapaian yang baik ini juga dapat dilihat dari pertumbuhan mitra perbankan dan pengembangan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak orang Indonesia. Hingga akhir tahun 2021, Allianz Life Indonesia tercatat menjalin kerja sama dengan 10 mitra perbankan. Penambahan partner ini menunjukkan kepercayaan lebih besar pada Allianz sebagai penyedia perlindungan asuransi untuk nasabah mitra perbankan.

 

Foto acara

Untuk jalur distribusi melalui mitra perbankan, Allianz Life Indonesia juga memaksimalkan ekosistem digital untuk mendukung para tenaga pemasar dalam proses berbisnis, serta memberikan kemudahan kepada nasabah dalam proses pembelian. Ke depannya, seluruh produk yang disediakan Allianz untuk para nasabah mitra perbankan bisa diajukan secara digital menggunakan e-submission.

“Jalur distribusi keagenan dan bancassurance merupakan dua channel yang sangat penting bagi perkembangan bisnis Allianz Life Indonesia. Bagi kami, sangat penting untuk para tenaga pemasar memahami informasi produk dan layanan dengan menyeluruh. Peran tenaga penjual adalah lini terdepan yang akan memberikan edukasi kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi dan membantu nasabah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sistem pelatihan untuk tenaga pemasar disediakan melalui Allianz Sales Academy yang bersifat berkelanjutan dan efisien melalui media digital. Dengan demikian, harapannya seluruh tenaga pemasar kami memiliki pengetahuan produk dan layanan yang baik, sehingga menjadi sumber informasi yang kredibel bagi para nasabah.” kata Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia.

 

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.