Memasuki Tahun ke-33, Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia 

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

16 Desember 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 16 Desember 2022 – Memasuki kuartal ke-empat tahun 2022, Kementerian Keuangan Republik Indonesia mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi dan kinerja perekonomian domestik Indonesia menguat, namun tetap perlu langkah antisipasi dan mitigasi. Inflasi dalam tren meningkat, tetapi tetap terkendali. Meskipun demikian, pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun membuat beberapa perusahaan asuransi harus menyusun langkah dan strategi untuk survive tanpa harus mengorbankan kualitas, tak terkecuali PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama).

“Kontraksi ekonomi yang sempat terjadi akibat pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi Allianz Utama. Namun, kami dengan cepat menyusun strategi agar tetap mampu memberikan yang terbaik bagi karyawan dan juga nasabah. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

Pada bulan November 2022, Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage. Anchor garage adalah bengkel rekanan yang menjadi pilihan prioritas dari Allianz Utama untuk semua nasabah. Yang membedakan anchor garage dibandingkan bengkel rekanan pada umumnya adalah keunggulan pelayanan yang sangat menguntungkan nasabah. Nasabah dapat mengajukan klaim dengan cara datang ke bengkel atau menggunakan layanan antar jemput gratis se-Jabodetabek; antrian prioritas untuk nasabah Allianz Utama; serta pengawasan ketat pelayanan proses klaim, SLA, dan kualitas pengerjaan atas klaim yang diajukan oleh nasabah Allianz Utama.

Dari sisi inovasi produk, di tahun 2022 ini Allianz Utama juga meluncurkan asuransi properti Simple Home Protection. Asuransi terbaru dari Allianz ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk rumah tinggal yang bisa dibeli oleh semua nasabah yang memiliki rumah, baik yang sudah mempunyai polis asuransi rumah tinggal maupun yang belum; karena menawarkan manfaat lebih selain dari pergantian nilai kerugian, melalui santunan ketidaknyamanan. Selain Simple Home Protection, Allianz Utama juga memiliki rangkaian produk unggulan seperti asuransi perjalanan Allianz TravelPRO yang menawarkan mantaat perlindungan secara optimal berupa pembatalan dan perubahan perjalanan, dan pengobatan di luar negeri dengan limit yang memadai, serta dukungan jaringan Allianz Global Assistance dan juga memberikan fasilitas cashless untuk jaminan rawat inap yang memberikan kemudahan bagi nasabah; Allianz RumahKu Plus menyediakan berbagai jenis perlindungan terhadap risiko-risiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan harta benda, dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, dan tsunami; Allianz UsahaKu yang mampu memberikan perlindungan bisnis dari berbagai risiko; serta Allianz MobilKu untuk perlindungan risiko kendaraan dengan manfaat bantuan darurat Emergency Road Assistance selama 24 jam dan jaringan bengkel dan call center Allianz Care (24 jam).

Dari sisi pencapaian, sampai dengan bulan November 2022, Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp628,71 miliar. Dua lini bisnis memberikan kontribusi yang cukup tinggi, yaitu asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp210,82 miliar dan asuransi properti sebesar Rp195,07 miliar. Menjadi salah satu perusahaan yang paling terpercaya, Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp207,25 miliar sampai dengan November 2022. Selain itu, sampai saat ini Allianz Utama memiliki lebih dari 5.800 agen tersertifikasi AAUI yang tersebar di seluruh Indonesia, yang membantu kami terhubung ke nasabah dan masyarakat.

Rangkaian inovasi yang dilakukan Allianz Utama diganjar The Most Innovative General Insurance for The Development a Digital Based Insurance Service, kategori Asuransi Umum pada Indonesia Digital Innovation Awards 2022 (Warta Ekonomi); Best Insurance 2022 with Top Financial Performance and Formidable Insurance Business Development kategori General Insurance dengan total asset 1-5T pada Indonesia Best Insurance Award 2022 (Warta Ekonomi); serta Best Brand Image kategori General Insurance <10T, pada Indonesia Best Financial Brands Award 2022 (Iconomics).

“Hasil yang kami capai sepanjang tahun ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan kami. Meskipun tantangan pasca pandemi belum usai, kami tetap resilient untuk mencapai tujuan kami, yaitu memberikan perlindungan asuransi ke lebih banyak orang di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan cara mengembangkan portfolio produk, memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam beragam pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta terus melakukan inovasi yang berkesinambungan,” tutup Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.