Allianz Indonesia Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

Sejalan dengan salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh Allianz Indonesia yaitu pilar Lingkungan dan Penanggulangan Bencana, Allianz Indonesia melalui Allianz Peduli telah bekerja sama dengan Jawa Barat Bergerak (Jabar Bergerak) dan mengirimkan donasi pada tanggal 23 November 2022 sebesar Rp 400 juta. 

2 Desember 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 2 Desember 2022 – Bencana gempa yang melanda Cianjur, Jawa Barat dan daerah sekitarnya pada tanggal 21 November 2022 lalu telah menyebabkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pos Komando (posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur per 1 Desember 2022, tercatat korban meninggal sebanyak 328 jiwa dan 12 lainnya yang masih dinyatakan hilang dan masuk Daftar Pencarian (DP). Untuk menyelesaikan DP ini, Posko memutuskan untuk memperpanjang masa pencarian korban hilang selama tiga hari, terhitung pada 1 hingga 3 Desember 2022.

Sejalan dengan salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh Allianz Indonesia yaitu pilar Lingkungan dan Penanggulangan Bencana, Allianz Indonesia melalui Allianz Peduli telah bekerja sama dengan Jawa Barat Bergerak (Jabar Bergerak) dan mengirimkan donasi pada tanggal 23 November 2022 sebesar Rp 400 juta. Selanjutnya dana ini disalurkan untuk membantu para korban bencana di lokasi. Kebutuhan mendesak yang sampai saat ini masih sangat diperlukan oleh warga yang harus mengungsi diantaranya adalah tenda, alas tidur, selimut, obat2an, terpal, penerangan, peralatan dapur umum, toilet portable, air mineral, kain kafan, alat Kesehatan, makanan siap saji, sembako dapur umum, hingga popok bayi & dewasa.

“Kami menyampaikan dukacita yang mendalam serta turut prihatin atas kejadian Gempa Bumi yang dialami oleh masyarakat Cianjur. Pengiriman donasi melalui Jabar Bergerak ini merupakan wujud kepedulian kami dengan sesama. Kami memastikan untuk turut serta berkontribusi dalam membantu masyarakat yang saat ini masih dalam pengungsian, dan masih harus berjuang menghadapi banyaknya gempa susulan,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Penyerahan donasi dana bantuan secara simbolis untuk korban gempa Cianjur dari Allianz Indonesia melalui Jabar Bergerak telah dilakukan pada hari Kamis 1 Desember 2022, bertempat di Gedung Pakuan Bandung. Hadir dalam acara tersebut Pendiri sekaligus Ketua Umum Jabar Bergerak, Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan juga dr.Siska Gerfianti, M.H.Kes. Sp.DLP selaku Wakil Ketua Umum Kerjasama, Kemitraan dan Hubungan Antar Lembaga Jabar Bergerak. 

Disampaikan oleh dr. Siska dalam acara tersebut, pelaksanaan penyaluran bantuan yang dilakukan oleh Jabar Bergerak saat ini mengikuti fokus arahan pemerintah dan meliputi tiga tahapan atau kategori, yaitu bantuan jangka pendek untuk penanganan awal bencana, bantuan jangka menengah untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan para pengungsi korban gempa, serta bantuan jangka panjang meliputi rekonstruksi dan renovasi dari rumah, bangunan dan fasilitas umum yang terdampak.

Dijelaskan juga hingga tanggal 1 Desember 2022, telah terkumpul dana dari 4.745 donatur baik perorangan maupun perusahaan dengan total bantuan yang terkumpul senilai lebih dari Rp 3,6 miliar. Selain bantuan berupa dana juga terkumpul bantuan barang seperti vitamin, alat mandi, makanan siap saji, pakaian, dll., yang berasal dari 35 donatur perorangan 25 donatur perusahaan/komunitas.

“Sebagai ibu dari warga Jawa Barat, khususnya warga Cianjur, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas begitu besar dan banyaknya perhatian dan bantuan dari masyarakat luas atas terjadinya bencana ini. Begitu banyak masyarakat luas yang berbondong-bondong mengunjungi lokasi bencana untuk memberikan bantuan dan menjadi relawan. Namun demikian hal ini menjadi tantangan baru karena menyebabkan kemacetan dan kepadatan yang luar biasa sehingga banyak bantuan yang tidak bisa tersalurkan dengan cepat,” ungkap Atalia. 

“Sesuai arahan dari Gubernur Jawa Barat melalui unggahan media sosialnya baru-baru ini, kami menghimbau agar masyarakat luas bisa menyalurkan bantuannya melalui organisasi atau mitra yang terpercaya. Sejak terjadinya Pandemi, Jabar Bergerak telah dipercaya sebagai salah satu organisasi untuk menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan. Semua bantuan tersebut selanjutnya dikelola dan disalurkan secara Amanah oleh Jabar Bergerak yang merupakan relawan murni sehingga keseluruhan dana yang dititipkan akan disampaikan kepada masyarakat korban bencana,” tambah Atalia.

Terkait dengan hal tersebut, Made menambahkan, “Kami percaya Jabar Bergerak adalah mitra yang tepat dan bisa menjadi perpanjangan tangan bagi Allianz untuk membantu dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat sasaran. Kami menyadari pentingnya membantu dan memberikan perlindungan rasa aman kepada masyarakat, khususnya di masa pasca bencana seperti ini."

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Jabar Bergerak serta seluruh rekan-rekan lembaga sosial dan kemanusiaan, yang selalu sigap untuk menolong dan meneruskan bantuan kepada korban bencana alam. Kami harap donasi yang diberikan dapat meringankan beban dan mendukung saudara-saudara kita untuk bisa bangkit dan pulih kembali,” tutup Made. 

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.