Dukung AAJI Kembangkan UMKM di Bali, Allianz Indonesia Gelar Literasi Keuangan untuk Keluarga Muda

 

Allianz Life Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli menyampaikan edukasi dan literasi keuangan, serta pentingnya perlindungan asuransi, kepada para keluarga muda yang berasal dari delapan banjar di wilayah Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar, Bali.

18 Agustus 2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 18 Agustus 2022 – Allianz Life Indonesia secara konsisten mendukung upaya peningkatan literasi keuangan dan asuransi masyarakat Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Allianz Life Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, berpartisipasi dalam kegiatan Industry Social Responsibility atau ISR, yang merupakan salah satu dari rangkaian acara Top Agent Award 2022 yang diselenggarakan oleh AAJI di Bali. Menjadi bagian dari kegiatan ISR yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM di Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar, Bali, Allianz Life Indonesia berkesempatan untuk menyampaikan literasi keuangan dan asuransi kepada keluarga muda.

“Literasi keuangan dan asuransi adalah pengetahuan yang penting untuk dimiliki masyarakat Indonesia. Kami di Allianz, melakukan literasi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, generasi milenial, sampai ke usia dewasa. Dengan memiliki pemahaman dasar sampai tingkat lanjut mengenai cara mengelola keuangan, kami percaya masyarakat Indonesia dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, dari sisi keuangan keluarga maupun untuk berbisnis,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Sebuah survey dan analisa yang diselenggarakan UNICEF, UNDP, Prospera, dan SMERU tahun 2021, bertajuk Analysis of the Social and Economic Impacts of COVID-19 on Households and Strategic Policy Recommendations for Indonesia*, menyebutkan bahwa akibat pandemi, 75,3% rumah tangga yang memiliki anak mengalami penurunan pendapatan. Fakta lain menyebutkan bahwa 51,5% responden tidak memiliki tabungan yang cukup. Untuk bertahan hidup, 27,3% responden menggadaikan harta benda, dan 25,3% responden meminjam uang secara informal dari keluarga atau teman-teman.
Data ini menunjukkan pentingnya edukasi dan literasi keuangan bagi masyarakat. Kondisi kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Oleh karena itu, Allianz Life Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli menyampaikan edukasi pengelolaan keuangan sederhana untuk keluarga muda, yang dibuka dengan mengingatkan kembali pentingnya menabung, membuat pengeluaran berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) sederhana, mempersiapkan dana darurat dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan.
Diikuti oleh para peserta keluarga muda dari delapan banjar di wilayah Desa Wisata Taro, sesi literasi keuangan dan asuransi yang difasilitasi oleh Allianz Life Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli juga menyampaikan pentingnya pemisahan antara keuangan pribadi atau keluarga, dengan keuangan untuk bisnis. Harapannya setelah mengikuti sesi literasi keuangan ini, keluarga muda di wilayah Desa Wisata Taro dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dengan lebih baik lagi, dan menjadi pelaku UMKM yang semakin sukses mengembangkan bisnis.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.