Allianz Indonesia Salurkan Bantuan Paket Kebersihan Bagi Warga Terdampak Siklon Tropis Seroja di Malaka, Nusa Tenggara Timur

 

Distribusi bantuan 950 paket kebersihan diri dan lingkungan dari Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) disalurkan dengan kerjasama bersama Humanitarian Forum Indonesia (HFI) dan diimplementasikan oleh Caritas Indonesia bersama dengan Caritas Keuskupan Atambua.

01 Juli  2021 | Allianz Indonesia

Jakarta, 1 Juli 2021 – Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP), bekerja sama dengan Humanitarian Forum Indonesia (HFI) mendonasikan paket kebersihan diri dan lingkungan. Paket bantuan ini terdiri dari alat mandi dan alat kebersihan lingkungan. Bantuan ini ditujukan bagi warga yang tinggal di Desa Lawalu dan Desa Bereliku, Kecamatan Malaka Tengah dan Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, yang terdampak siklon tropis Seroja. Proses distribusi dilakukan pada rentang waktu Mei – Juli 2021.

Paket bantuan ini ditujukan bagi 950 kepala keluarga yang akan memberikan manfaat bagi kurang lebih 3.800 jiwa. Sejumlah sapu, kain pel, dan deterjen pembersih lantai juga dibagikan untuk mendukung masa pemulihan pasca bencana. “Selain peralatan mandi bagi warga, kami juga memberikan alat kebersihan yang dapat digunakan untuk membersihkan lingkungan rumahnya dari residu banjir bandang yang melanda. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk meringankan beban masyarakat dalam menanggulangi bencana. Kami berharap penyampaian donasi dari kami bisa meringankan beban saudara-saudara kita di sana,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli

Pemberian bantuan ini telah melalui kajian sesuai dengan standar respon kemanusiaan. “Salah satu anggota kami, Caritas Indonesia, telah melakukan kajian kebutuhan di wilayah Kabupaten Malaka bersama dengan jaringannya yaitu Caritas Keuskupan Atambua. Dari kajian ini, dihasilkan wilayah dan penerima manfaat dari bantuan yang didonasikan oleh YAP. Pemberian bantuan diarahkan dengan menggunakan sistem voucher yang mengakomodir penyerahan bantu terdata dengan baik serta lebih tertib, apalagi mengingat kondisi pandemi yang kita hadapi bersama sekarang ini.” tambah Surya Rahman Muhammad, Direktur Eksekutif HFI.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 30.000 warga terdampak melalui rilis infografis yang disiarkan oleh BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur per 28 April 2021. Sinergisitas antar lembaga kemanusiaan dan donor sangat diperlukan agar bantuan yang disalurkan tidak tumpang tindih, melainkan tepat guna dan tepat sasaran. Bantuan yang didonasikan ini nantinya akan dilaporkan kepada BPBD Provinsi NTT agar tercatat dan menjadi database dalam pemenuhan kebutuhan warga ke depannya. 

“Sejalan dengan salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) kami, yaitu Lingkungan dan Penanggulanan Bencana, sangat penting bagi Allianz untuk terus berperan aktif dalam membantu sesama, karena kami yakin kita bisa melalui semua ini bersama. Melalui kegiatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan lembaga sosial dan kemanusiaan, yang selalu siap dan sigap dalam menyampaikan bantuan kepada korban bencana alam,” tutup Ni Made Daryanti.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.