Allianz Indonesia Gelar Diskusi Survival Asuransi & Media di Tengah Pandemi serta Outlook 2022

 

Menutup tahun 2021, Allianz Life Indonesia juga mengumumkan para pemenang Allianz Journalist Writing Competition, guna apresiasi para jurnalis serta media dalam membantu Allianz meningkatkan literasi asuransi sepanjang tahun.  

22 Desember  2021 | Allianz Indonesia

Jakarta, 22 Desember 2021 – Upaya pemulihan ekonomi saat ini sudah menunjukkan banyak perkembangan, walaupun masih diwarnai ketidakpastian karena masa pandemi belum berakhir. Upaya yang dilakukan berbagai pihak, terutama pemerintah dalam menyusun strategi kebijakan fiskal, bersinergi untuk mengembalikan keadaan ekonomi yang stabil. Hal ini bersifat inklusif seiring pandemi Covid-19 yang sudah lebih terkendali. Kemampuan adaptasi dan kebiasaan masyarakat yang berdisiplin menjalani protokol kesehatan, akan menjadi faktor penting dalam melanjutkan pemulihan yang semakin solid. Termasuk di dalamnya kecepatan adaptasi digital yang memungkinkan masyarakat tetap beraktivitas dan bertransaksi sambil menjaga jarak.

Industri asuransi menjadi salah satu bagian yang senantiasa mendukung pemulihan ekonomi nasional. Para pelaku di industri asuransi dan media terbukti juga memegang peranan penting, karena secara konsisten mendorong masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi mengenai literasi keuangan dan asuransi secara masif. Oleh karena itu, Allianz Indonesia selalu menggandeng media dalam setiap strategi komunikasinya. Allianz Indonesia senantiasa mengapresiasi setiap bentuk sinergi yang ada dalam proses penyaluran informasi tepat guna pada masyarakat. 

Pembicara Webinar

Berdasarkan data OJK, industri asuransi membukukan pertumbuhan premi sebesar 18,35 persen per Juni 2021. Pertumbuhan ini mendorong Allianz untuk terus menciptakan inisiatif yang senantiasa mengutamakan customer experience, distributor experience, serta employee experience. Allianz Indonesia telah menghadirkan berbagai inisiatif untuk menciptakan pengalaman berasuransi yang terdigitalisasi dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang unik dan mengutamakan kemudahan.

“Walau masih banyak pembatasan aktivitas, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Allianz Indonesia untuk tetap menghadirkan inisiatif inovatif dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Di sepanjang tahun 2021, kami tetap mengadakan literasi finansial dan edukasi asuransi secara rutin secara virtual, tidak hanya untuk nasabah namun juga masyarakat luas. Kami terus memantau perkembangan pasar dan selalu konsisten dengan strategi bisnis yang kami miliki, agar dapat terus memenuhi kebutuhan nasabah yang berbeda-beda dan memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang mengedepankan sustainability, kami senantiasa memperhatikan segi lingkungan, sosial dan governance dalam menjalankan bisnis. Allianz akan tetap fokus untuk bertumbuh dan terus mengembangkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan asuransi yang mengedepankan kemudahan serta keamanan data,” terang Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.

Foto webinar

Dari sisi media, Tri Agung Kristanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas turut menyampaikan bahwa sekarang adalah momen krusial bagi media untuk terus bertahan dan menjadi sumber informasi bagi masyarakat. “2021 juga tidak mudah bagi pelaku industri media, namun tidak mengurangi semangat idealisme kebanyakan pelaku industri untuk tetap menyajikan berita yang terpercaya ditengah ketidakpastian krisis ekonomi. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi menjadi tulang punggung penerapan teknologi digital dalam setiap aspek kehidupan manusia. Memahami itu industri media pun berakselerasi guna dorong tumbuhnya kemampuan literasi keuangan dan asuransi yang dipadukan dengan kemampuan literasi digital, yang menjadi modal penting masyarakat dalam menghadapi digitalisasi sektor jasa keuangan dan asuransi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Allianz Indonesia menggelar puncak acara Allianz Journalist Writing Competition 2021, ajang kompetisi bagi insan jurnalis Indonesia, yaitu pengumuman para pemenang penulisan artikel terbaik. Kompetisi telah berjalan sepanjang tahun 2021 hingga ditutup pada November 2021. Ketiga dewan juri yang juga merupakan pembicara dalam webinar, mengumumkan sembilan rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik versi digital dan cetak, serta berita foto terbaik. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Allianz Indonesia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan media yang telah berkolaborasi dalam menghadirkan pemberitaan dan informasi yang akurat mengenai perlindungan dan layanan asuransi di Indonesia sepanjang 2021. Ajang ini diharapkan dapat membawa dampak baik dengan meningkatnya literasi dan penetrasi asuransi masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya program Allianz Journalist Writing Competition setiap tahunnya, kami senantiasa berkolaborasi dengan rekan media sebagai corong informasi dan sosialisasi program asuransi yang lengkap dan akurat bagi masyarakat. Menurut data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih di angka 3,1% per Juni 2021. Padahal asuransi adalah salah salah satu proteksi dasar yang bisa menyelamatkan individu maupun keluarga dari krisis keuangan sebagai dampak dari risiko-risiko kehidupan. Itulah sebabnya sepanjang tahun Allianz konsisten menjalankan beragam inisiatif yang bersifat edukatif tentang bagaimana asuransi memegang peranan penting untuk kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih berkualitas.” tutup Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.