Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Allianz Indonesia Mendukung dan Melindungi Mimpi Millennials

 

16.000 millennials memperkuat kanal distribusi keagenan Allianz Life Indonesia serta Allianz Indonesia terus berinovasi untuk melampaui ekspektasi millennials.


3 Maret 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 3 Maret 2020 – Populasi anak muda di Indonesia, lazim disebut millennials, kini mencapai 89 juta jiwa atau 34% dari total penduduk di Indonesia. Riset dari Alvara Strategic Research (2019) mengatakan bahwa segmen pasar di Indonesia saat ini dan di masa depan akan didominasi oleh millennials. Hasil riset lainnya, Accenture (2017) menyebutkan bahwa millennials diproyeksikan akan berkontribusi terhadap lebih dari 20% pendapatan premi bruto industri asuransi jiwa di Indonesia pada tahun 2020. Melihat potensi ini, Allianz Indonesia terus berkomitmen untuk mengoptimalkan pertumbuhan pasar di masa depan, dalam hal ini mendukung kesuksesan millennials dan melindungi mereka dalam mencapai mimpi-mimpinya.  

Sejak 2018, Allianz Indonesia telah fokus untuk mendorong semangat wirausaha (entrepreneurship) millennials melalui program “Life Changer”. Melalui program ini, millennials berkesempatan untuk mengembangkan diri menjadi pebisnis muda yang sukses dalam bidang asuransi – individu mandiri dan teladan bagi masyarakat Indonesia yang dengan keunikan model bisnisnya mampu mewariskan kesuksesan bisnis tersebut kepada generasi selanjutnya. Upaya ini digagas oleh Allianz berdasarkan temuan riset Accenture bahwa 38% masyarakat Indonesia yang berusia 18-29 tahun memiliki aspirasi untuk memulai bisnis sendiri.

“Allianz sepenuhnya mendukung aspirasi anak muda Indonesia yang ingin mengembangkan kemampuan entrepreneurship, terutama dalam bidang asuransi. Karakteristik dan skillset khusus yang dimiliki millennials tentunya akan berpengaruh besar dalam perkembangan industri asuransi di masa depan, sehingga kami tergerak untuk tumbuh bersama mereka dan senantiasa menyukseskan cita-cita mereka,” ujar Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia di sela-sela acara peresmian kantor pusat PT BUSS, salah satu business partner dari Allianz Star Network (ASN), yang berlokasi di Neo Soho Capital, Jakarta, 29 Februari 2020 lalu.

Sejak program “Life Changer” diluncurkan, tenaga pemasar Allianz Life Indonesia (selanjutnya disebut sebagai agen – red) dari segmen millennials kini mencapai 16 ribu orang atau 54% dari total jumlah tenaga pemasar, dimana hampir dari separuh total pencapaian premi Allianz Life Indonesia dari kanal distribusi keagenan adalah kontribusi agen millennials. Prestasi ini membuktikan bahwa bisnis asuransi dapat menjadi bidang yang menjanjikan kesuksesan bagi millennials yang ingin menjadi entrepreneur.

Konsisten Berinovasi untuk Meningkatkan Kualitas Agen Millennials dan Memberikan Pengalaman Terbaik bagi Nasabah Millennials

“Allianz berkomitmen untuk selalu mendukung kesuksesan seluruh mitra bisnisnya. Mereka menginginkan fleksibilitas dan kecepatan dalam pelayanan. Oleh karena itu, kami memberikan dukungan melalui ekosistem digital yang dapat mempermudah mereka dalam melakukan bisnis, mulai dari proses pengajuan asuransi, sampai dengan pengajuan klaim. Kami berinvestasi besar dalam bidang teknologi demi memberikan pengalaman berasuransi yang menyenangkan bagi para mitra bisnis dan nasabah,” ungkap Joos.

Sejalan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi, mitra bisnis dan nasabah pun kian menunjukkan minatnya untuk mengakses berbagai informasi secara elektronik. Hal tersebut dapat dilihat dari tren positif dari mitra bisnis dan nasabah yang menggunakan layanan digital Allianz. Hingga akhir 2019, sebanyak 46% pemegang polis baru lebih memilih e-policy daripada polis cetak. Dari sisi mitra bisnis, 92% dari seluruh aplikasi asuransi yang diajukan oleh tenaga pemasar dari kanal distribusi keagenan diproses melalui Allianz Discover – sebuah aplikasi digital (digital sales tool) yang memungkinkan calon nasabah memilih perlindungan jiwa dan kesehatan yang dibutuhkan, dimana dalam waktu kurang dari lima menit mereka dapat langsung dilindungi oleh Allianz (untuk pengajuan aplikasi asuransi yang diklasifikasikan sebagai clean cases). Selain itu, Allianz juga menyediakan fasilitas eAZy Claim untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim asuransi kesehatan, dimana nasabah hanya perlu mengunggah kelengkapan dokumen pendukung klaim melalui aplikasi untuk kemudian klaimnya akan dibayarkan oleh Allianz dalam waktu kurang dari 48 jam.

Lebih jauh lagi, para agen dapat memanfaatkan e-learning platform berbasis aplikasi digital dan web, Allianz Learn, sehingga mereka dapat mengakses modul pelatihan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, Allianz juga secara aktif berkolaborasi dengan komunitas millennials untuk bersama-sama mengembangan kualitas dan pengaruh positif dari generasi muda Indonesia. Kolaborasi ini dilakukan melalui berbagai konferensi dan aktivitas yang melibatkan ribuan millennials di sembilan kota besar Indonesia.  

“Peningkatan produktivitas dan kualitas hidup dari para calon nasabah, nasabah, dan mitra bisnis adalah alasan Allianz Indonesia untuk selalu menjadi pelopor terbaik dalam memberikan pengalaman berasuransi yang istimewa. Kami meyakini bahwa pengalaman yang menyenangkan tersebut mampu mendorong kesadaran lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk berasuransi,” tutup Joos. 

  1.